Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Alami Writer's Block? Ini 5 Cara Mendapat Ide Menulis

1 comment
Alami Writer's Block Ini 5 Cara Mendapat Ide Menulis
Writer’s block adalah salah satu permasalah yang sering dihadapi oleh penulis pemula dan profesional. Termasuk saya dalam ngeblog juga hehe. Bagi sebagian orang writer’s block bisa sangat mengganggu kalau sedang dikejar deadline.

Wait, emang writer’s block itu apa?
Writer’s block adalah keadaan saat penulis mengalami kebuntuan atau stuck dalam membuat tulisan. Hal ini bisa terjadi sementara atau permanen bergantung pada keinginan penulis.
Lalu, apakah writer’s block bisa diatasi? Dan bagaimana cara mengatasi writer’s block?

Tenang, writer’s block ini bisa diatasi kok. Umumnya penyebab writer’s block adalah adanya perasaan takut, perfeksionis, atau adanya tekanan yang dirasakan penulis dari luar.

Nah, kalau kamu sedang mengalami writer’s block, cobalah untuk memahami penyebab writer’s block yang kamu rasakan. Setelahnya, kamu bisa mengikuti tips mendapatkan ide menulis di bawah ini.

1. Berbincang dengan Teman

cara mengatasi writer's block
Ngobrol buat saya adalah hal yang paling efektif untuk mendapatkan ide menulis. Berbincang dengan seseorang membuat kita mendapatkan berbagai informasi baru dari insight lawan bicara kita.

Maklum yak, kalau sedang menulis otak kita diperas mengeluarkan berbagai informasi yang dimiliki. Tanpa adanya informasi baru, kita jadi kehabisan kata-kata untuk ditulis. Kamu bisa berbincang dengan teman atau memutuskan bertemu orang baru dan membicarakan mengenai sesuatu yang menarik atau yang sedang viral.

2. Jalan-jalan

mencari ide menulis
Cara mengatasi writer’s block selanjutnya adalah dengan jalan-jalan. Jalan-jalan yang dimaksud di sini nggak harus traveling ke tempat wisata yang sedang viral kok. Kamu bisa sekadar jalan kaki keluar dari rumah atau berkendara selama beberapa menit.

Buat saya cara ini ampuh untuk mendapatkan ide menulis. Karena pada dasarkan otak kita membutuhkan suasana baru untuk memancing kreativitas. Dengan keluar sejenak mengalihkan pandangan dari layar atau buku tulis, kita bisa menemukan banyak hal baru yang menarik untuk dijadikan bahan tulisan.

3. Menonton Film

cara mendapat ide menulis
Buat kamu yang malas pergi keluar, kamu bisa mencoba menonton film untuk mendapatkan inspirasi menulis. Kamu bisa mencari rekomendasi film di internet atau mencoba bertanya teman yang memiliki selera yang sama dengan kamu. Atau, kamu mungkin mau mencoba keluar dari zona nyaman genre film yang biasa kamu tonton?

Belakangan saya sedang hobi menonton drama Korea hehe. Sejak pandemi saya jadi sadar kalau drama Korea punya cerita yang menarik dan unik. Selain itu, yang menarik lagi adalah setiap cerita memiliki pesan yang mendalam. Yang seringkali membuat saya berkaca mengenai diri sendiri.

4. Membaca Buku

penyebab writer's block
Kalau menonton film nggak berhasil mengatasi writer’s block, kamu bisa mencoba mendapatkan ide menulis dari membaca buku. Sebenarnya membaca buku ini nggak mengharuskan kamu membaca dari awal sampai akhir. Apalagi kalau kamu diburu waktu menyelesaikan tulisan.

Kamu bisa membaca sebuah buku yang menarik secara acak. Yang sering saya lakukan adalah pergi ke Gramedia dan mengambil beberapa buku lalu membuka halamannya secara sembarang. Rasanya cukup mengasyikan sewaktu saya membaca potongan halaman sebuah buku dan menyambungkannya dengan buku lainnya. Cara ini juga bisa memancing kreativitasmu.

5. Scroll Media Sosial

cara mendapat ide menulis
Cara mendapatkan ide menulis juga bisa dilakukan dengan scroll media sosial. Seperti yang kamu tahu, media sosial bisa jadi sumber inspirasi kalau dimanfaatkan dengan baik. Segala hal yang kamu butuhkan ada di media sosial, termasuk berita viral sekalipun.

Nggak ada yang salah dengan scrolling media sosial untuk mendapatkan ide menulis. Tapi, hati-hati juga ya malah keasyikan scrolling media sosial malah jadi lupa mau nulis ya.

Mengatasi writer’s block bisa kamu lakukan dengan mencoba cara di atas. Writer’s block setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana cara kamu berusaha mengatasinya. 

Ada yang hanya satu hari dan ada pula yang berkepanjangan hingga berbulan-bulan. Semoga artikel ini bisa membantumu kembali mencari ide menulis. Semangat berkarya!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

fanny_dcatqueen said…
Paling ampuh buatku jalan2. Kalo mood menulis udh terjun bebas, itu tanda aku hrs traveling. Yg jauh kalo bisa 😄. Itu kenapa aku memang rutin traveling tiap tahun demi menjaga mood juga mba. Udah kayak kebutuhan hidup sih.

Balik dari traveling, baru deh semangatnya muncul buat nulis lagi 😄