Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

sooltanPay, Solusi QRIS untuk UMKM Naik Kelas

21 comments
sooltanPay, Solusi QRIS untuk UMKM Naik Kelas
“Bisa bayar pakai debit nggak, Mas?”
Pertanyaan di atas adalah hal yang sering terjadi ketika saya berbelanja. Gegara sering lupa menulis pengeluaran, saya memutuskan untuk selalu mengandalkan kartu debit untuk berbelanja.

Tapi, sayangnya selalu ada tarif minimum pembelian untuk bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit. Yang awalnya mau berbelanja secukupnya, eh, jadi bengkak gegara harus memenuhi minimum transaksi.

Tapiii, itu sih dulu….

Hehe. Sekarang mah, sudah ada QRIS yang tinggal scan, tanpa biaya admin, dan tanpa minimum transaksi. Jadi, bisa sat-set bayar menggunakan e-wallet atau mobile banking. Belanja jadi tetap terkontrol sesuai kebutuhan.

Sejak kemunculannya di tahun 2019 lalu, saya rasanya pengen banget sungkem sama orang yang sudah punya ide dan bikin QRIS. Karena berkat alat transaksi yang satu ini, beban hidup rasanya terangkat sebagian. Betul nggak?

Apa Itu QRIS?

sooltanPay, Solusi QRIS untuk UMKM Naik Kelas
Sumber: Bank Indonesia
QRIS atau Quick Response Code Indoensia Standard adalah standar kode untuk melakukan pembayaran yang bisa digunakan berbagai jenis QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Kode ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 untuk memudahkan segala transaksi digital. Dengan menggunakan QRIS semua transaksi jadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Siapa yang Harus Menggunakan QRIS?

Siapa yang Harus Menggunakan QRIS
Berkat kemudahan dan keamanannya, QRIS dapat digunakan oleh semua pihak, seperti pedagang, toko, tempat wisata, parkir, warung, bahkan untuk menyalurkan donasi. Yang paling wajib menggunakan QRIS bagi saya sih para pelaku usaha online dan offline. Termasuk kamu yang memiliki bisnis rumahan

Maklum yak, sebagai pembeli saya bakalan happy banget kalau berbelanja di toko yang praktis tanpa bikin saya repot harus mengambil uang cash terlebih dulu hihi. 

Nggak ada lagi deh kata-kata, “Mbak, uang saya kurang. Boleh ambil uang dulu nggak?” Karena kalau sudah kayak gini pembeli bisa nggak jadi beli deh.

Kenapa Harus Menggunakan QRIS?

Kalau ditanya kenapa menggunakan QRIS, sebagai pembeli sih tentu jawaban saya adalah karena kemudahan yang ditawarkan. Tapi, kalau sebagai pelaku usaha atau UMKM, apa iya harus menggunakan QRIS juga?

Eits, coba deh simak beberapa alasan kenapa kamu sebagai pemilik usaha wajib menggunakan QRIS di bawah ini.

1. Memudahkan Proses Transaksi

Seperti yang sering saya sebutkan di atas, saat ini udah nggak zamannya lagi transaksi jual beli diribetkan dengan hal-hal, seperti nggak ada kembalian atau pembeli lupa belum tarik tunai. 

Coba deh bayangin kalau kamu sebagai penjual, ternyata kamu lupa belum menukarkan uang kecil untuk kembalian. Apa nggak kelabakan? Nggak mungkin kan kembalian diganti permen?

Dengan menggunakan QRIS, kamu juga nggak perlu menyediakan berbagai kode pembayaran e-wallet di dekat kasir. Kan ribet yak harus memajang satu per satu QR Code. Kalau bisa cukup dengan 1 QRIS yang bisa menerima semua transaksi bank dan nonbank, kenapa nggak?

2. Mencegah Peredaran Uang Palsu

manfaat menggunakan qris
Manfaat QRIS bagi pemilik usaha selanjutnya adalah mencegah peredaran uang palsu. Hingga saat ini masih banyak penipuan yang dilakukan kepada penjual, yaitu dengan bertransaksi menggunakan uang palsu.

Sayangnya, nggak semua orang bisa membedakan uang palsu dengan yang asli. Menyediakan QRIS di tokomu tentu akan menghindari risiko jenis penipuan ini. Kamu juga nggak perlu menyediakan alat pengecek keaslian uang yang cukup mahal.

3. Memudahkan Memantau Bisnis

Transaksi digital umumnya akan dilengkapi dengan riwayat transaksi, termasuk QRIS. dengan menggunakan QRIS, kamu bisa memantau cashflow bisnismu. Menghitung pendapatan harian akan lebih cepat, sehingga memudahkan kamu untuk mengambil keputusan.

4. Meningkatkan Omset Penjualan

keuntungan daftar qris sooltanpay
Nggak semua orang selalu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Termasuk saya hehe. Saya bahkan biasanya hanya membawa uang cash maksimal 100 ribu di dompet. Kecuali saya berniat membeli sesuatu dan sudah tahu kisaran harganya. Saya pasti membawa uang tunai lebih.

Seperti beberapa waktu lalu saat saya sedang mencari kerudung plisket. Karena hanya bertujuan membeli kerudung, saya hanya membawa uang cash 100 ribu saja. 

Eh, waktu lihat-lihat, ternyata ada manset rajut dan inner kerudung yang pernah saya cari. Untungnya sih, toko tersebut menyediakan QRIS. Yang awalnya rencana belanja 50ribu, eh jadi keterusan jadi 200ribu hihi.

5. Menghindari Kecurangan Pembukuan

Beberapa waktu lalu saya ingat adik saya pernah cerita. Setiap kali dia menghitung uang di mesin kasir cafe, rasanya uangnya nggak sesuai dengan banyaknya customer yang datang. Setelah adik saya mengecek CCTV, ternyata staff kasir beberapa kali mengambil uang tersebut. Adik saya nggak nyangka karena orang tersebut sangat baik dan ramah.

Inilah salah satu manfaat menggunakan QRIS. Kamu bisa meminimalisir hal-hal yang nggak diinginkan seperti ini. Karena kita nggak pernah tahu bagaimana isi hati orang lain. QRIS bisa menjadi solusi untuk mencegah kecurangan. Apalagi kalau kamu nggak bekerja sendirian.

Keuntungan Menggunakan QRIS sooltanPay Kembangkan Bisnis UMKM

keuntungan menggunakan sooltanpay
sooltanPay adalah QRIS yang diluncurkan oleh Telkom Indonesia untuk para pelaku usaha UMKM. Bukan hanya memudahkan transaksi, dengan sooltanPay kamu akan mendapatkan fitur khusus bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnismu.

1. Semua Transaksi Tercatat di Riwayat Saldo

Sebagai pelaku usaha, memantau perkembangan bisnis adalah hal yang penting. Di sooltanPay, kamu bisa melihat keseluruhan transaksi pada riwayat saldo. Kamu juga bisa mendapatkan laporan digital harian, mingguan, hingga bulanan. Pembukuan pun dapat dilakukan dengan lebih praktis dan cepat.

2. Fitur Produk Toko

Selain sebagai alat pembayaran, sooltanPay juga menawarkan fitur Produk Toko di mana kamu bisa menampilkan produk tokomu secara digital. Dengan adanya fitur ini kamu bisa melakukan pencatatan lebih rapi.

Fitur ini juga sekaligus bisa mencetak struk digital dan fisik. Kamu bisa mengirimkan struk digital melalui Whatsapp. Sedangkan struk fisik bisa kamu cetak menyambungkan ke mesin struk.

3. Membuka Peluang Usaha Bayar Tagihan

Menariknya, di sooltanPay kamu juga bisa lho membuka peluang usaha menjual pulsa, token listrik, paket data, internet, dan pengisian saldo dompet digital. Harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah. Lumayan kan bisa menambah penghasilan?




4. Merchant Discount Rate 0%

Merchant Discount Rate (MDR) adalah biaya yang dibebankan kepada merchant oleh Bank Indonesia. Karena pada saat transaksi pembeli tidak dikenakan biaya, merchant dikenakan biaya wajib kepada bank.

Tapiii, dengan daftar QRIS sooltanPay, kamu nggak perlu membayar biaya tambahan, alias gratis MDR 0%. Nah, kamu nggak perlu khawatir keuntunganmu akan terpotong biaya bank.

5. Penarikan Saldo Real Time

Beberapa alat transaksi biasanya akan memakan waktu untuk melakukan penarikan saldo. Dengan daftar QRIS sooltanPay, kamu bisa melakukan penarikan saldo secara real time. Nggak perlu lagi menunggu saldo ke rekening berhari-hari.

Cara Membuat QRIS di sooltanPay

cara daftar qris sooltanpay
Setelah membaca keuntungan daftar QRIS di atas, sayang banget nggak sih kalau nggak daftar sooltanPay? Nah, kalau kamu tertarik, kamu bisa mengikuti cara membuat akun sooltanPay di bawah ini.
  1. Buka website sooltanPay di https://www.sooltanpay.id/
  2. Klik 'Daftar Gratis' dan isi formulir registrasinya. Jangan lupa masukkan kode referral "DEAMERINA" untuk mendapatkan bonus saldo Rp15.000.
  3. Masukkan kode OTP
  4. Buat password dan PIN
  5. Baca semua syarat dan ketentuan dengan teliti, lalu klik 'SETUJU'.
Voila! Akun sooltanPay milikmu sudah jadi dan bisa langsung digunakan. Nah, untuk menikmati berbagai fitur lengkap lainnya termasuk QRIS, kamu bisa upgrade ke akun premium. Kamu bisa mengikuti cara upgrade akun premium sooltanPay di bawah ini.
  1. Klik ‘Upgrade Akun’
  2. Isi data yang diperlukan berupa nama sesuai KTP dan nomor KTP
  3. Unggah foto KTP dan selfie memegang KTP
  4. Masukkan alamat lengkap
  5. Masukkan data rekening bank untuk menerima pembayaran. Data rekening ini nantinya tidak akan bisa diubah. Jadi, usahakan masukkan data yang sesuai dan masih aktif
  6. Masukkan data tokomu secara lengkap, seperti alamat toko, foto produk, katalog, media sosial, dan website
  7. Klik ‘Simpan’ dan tunggu verifikasi


Ketentuan yang Ada di QRIS

Dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh QRIS, ada beberapa ketentuan yang wajib kamu ikuti. Seperti tidak menjual barang yang dilarang berupa barang curian, organ manusia, barang bajakan, dan ketentuan QRIS lainnya. Kamu bisa membaca ketentuan QRIS sooltanPay di website. Jangan sampai kamu melanggar salah satu ketentuan dan berakibat buruk pada usahamu ya.

Kesimpulan

QRIS menjadi saah satu pembayaran digital yang banyak digunakan dan sangat memudahkan. Untuk itu pelaku bisnis UMKM harus banget memanfaatkan kehadiran QRIS sooltanPay. Apalagi, adanya fitur-fitur unggulan milik sooltanPay yang membuat bisnis milikmu jadi makin berkembang.

Yuk, manfaatkan kemudahan transaksi digital dengan menggunakan QRIS melaui sooltanPay untuk mengembangkan bisnismu! Jadi, tunggu apalagi. Daftar QRIS sooltanPay sekarang juga dan jangan lupa masukkan kode referal ‘DEAMERINA’ untuk menikmati tambahan saldo Rp15.000 sekarang juga!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

21 comments

Ainun said…
zaman sekarang bener bener beda sama zaman aku kecil dulu, teknologi udah "menguasai" kehidupan saat ini
aku sendiri termasuk jarang bawa cash, atau baca cash tapi dikit, kadang kalau mau masuk tempat makan, masih mikir "duit di dompet cukup ga ya", sering mikir ginian
sejak ada qRis membantu banget, tinggal scan aja, sukak
Aplikasi menjadi salah satu hal yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan UMKM terutama aplikasi kasir, apalagi mengakomodir cashless. Menunjang gaya hidup modern yang sangat memudahkan banget ya. sooltanPay emang jadi solusi banget
Penggunaan QRIS untuk berbagai transaksi memang membantu banget, karena tanpa biaya admin, dan tanpa minimum transaksi.
Semua transaksi jadi lebih praktis, juga gak perlu khawatir dengan keamanan uang kita, yaa..
Yonal Regen said…
Salah satu bentuk adaptasi kita di dunia usaha adalah dapat menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang dengan pesatnya, termasuk saat ini penggunaan Q-Ris yang membuat cara pembayaran lebih efisien dengan banyak keuntungan, maka UMKM memang kayanya harus juga menggunakannya untuk mendukung bisnis yang dijalankan
Farida Pane said…
Mantap deh namanya sooltanpay. Moga makin banyak UMKM yang naik kelas, ya
Sugianto said…
SooltanPay namanya seperti sudah menunjukkan tujuan besarnya, menjadikan pelaku UMKM memiliki semangat menjadi Sooltan dengan menggunakan aplikasi ini.
Kanianingsih said…
betul juga ya kalau menggunakan alat bantu transaksi seperti QRIS bisa menghindari adanya uang palsu
Aldhi Fajar said…
Lengkap sih ini sooltaPay fiturnya. Aku kemren dah nyoba juga, bikin QRIS jadi lebih simpel ga ribet.
Bundamami Devi said…
Memang QRIS ini membantu banget proses transaksi apapun ya. Gak bawa cash pun bisa tenang berbelanja. Sooltanpay ini ternyata punya banyak fitur seru yang menarik untuk dicoba.
Tria TR said…
Membantu banget pakai QRIS ini. Jadi nggak perlu lagi ada kejadian terpaksa nerima uang kembalian dalam bentuk permen atau mendonasikan yang entah ke mana.
Irra Octaviany said…
QRIS ini sangat membantu baik untuk penjual maupun pembeli. apalagi pembeli cashless kayak aku itu, cocok banget sama merchant yang emnyediakan pembayaran dengan QRIS
Didik Purwanto said…
Skrg aku jg lbh sering pake QRIS dibanding pake tunai. Kesel bgt kl pas belanja dikasih permen sbg ganti uang kembalian krn ga ada recehan. Yg lbh enak lg, bs minimalisasi bahkan ga akan terima uang palsu kl pake QRIS atau sistem pembayaran lainnya yg nontunai.
Fenni Bungsu said…
Biar gak was-was dengan uang palsu adanya metode bayar dengan QRIS jadi lebih praktis dan bikin tenang ya kak, yang penting tetap bijak
ANGGITA RAMANI said…
Sama mba sekaranh lebih suka bayar pakai QRIS. Lebih gampang juga. Cuma kadang ada beberapa toko yang ga siap kalau pake QRIS.
Diaz Bela said…
Untuk yang suka transaksi cashless kayak aku, QRIS membantu banget sih untuk bisa bertransaksi secara nyaman dan mudah!
Eri Udiyawati said…
Pakai sooltanpay ini memudahkan banget. Bayarnya tinggal tap aja. Beres. Paling suka sih karena kita gak perlu nyediain uang cash terlalu banyak/sering, sama menghindari kembalian dengan permen.
Emang pakai Q-RIS itu banyak banget keuntungannya, gak heran jika semakin banyak penggunanya.
Harapanku sih semoga bisa menggunaoan QRIS kalau belanja di desa, biar ga bingung ke ATM kalau mudik haha
Wahyuindah said…
Enak ya kalau punya qris. Gak perlu bawa uang cash kalau mau bayar ini itu. Bisa langsung online
Aku juga lebih suka bayar pakai Qris, enggak ribet, terus bayar bisa pas tanpa nungguin kembalian 😆
lendyagassi said…
Jadi makin terasa kemudahan dalam transaksi keuangan sejak ada QRIS sooltanPay ya.. karena cashless ini memungkinkan bertransaksi dimana aja, kapan aja.
MRENEYOO said…
Betul banget ya..ga perlu bawa dompet isi duit tebel..mau apa" tinggal scan aja..