Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tingkatkan Penjualan dengan Kursus Bisnis dan Manajemen

2 comments
Kursus Bisnis dan Manajemen
Saat ini ada banyak orang yang memiliki bisnis online dan offline. Karyawan, ibu rumah tangga, bahkan mahasiswa berusaha memanfaatkan peluang dengan memulai bisnis mereka dari skala kecil. Semakin banyaknya orang berlomba-lomba membuat bisnis, membuat persaingan semakin ketat.

Namun, sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana mengaplikasikan strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka. Nah, untuk kamu yang memiliki bisnis, cobalah tips meningkatkan penjualan di bawah ini supaya bisnismu semakin berkembang

1. Manfaatkan Media Sosial

manfaat media sosial
Dilansir dari Katadata, menurut BPS pada tahun 2022 prosentase pengguna ponsel di Indoensia adalah 67,88%. Jumlah ini menunjukkan peningkatan dari dekade sebelumnya. Dengan semakin banyaknya pengguna ponsel inilah banyak orang membuat akun media sosial. 

Peluang ini dapat kamu gunakan untuk memperluas jangkauan audiensmu. Gunakanlah strategi digital marketing yang tepat supaya kamu bisa memaksimalkan potensi bisnis milikmu.

Strategi bisnis melalui media sosial yang dapat kamu gunakan adalah live TikTok dan Instagram, iklan di Instagram dan Facebook, dan sebagainya. 

Selain meningkatkan penjualan, media sosial juga dapat kamu manfaatkan untuk memperkenalkan produkmu. Media sosial dapat diatur untuk menemukan target market yang tepat sesuai dengan buyer persona bisnismu.

2. Maksimalkan E-commerce

manfaat E-commerce
Selain media sosial, kamu juga bisa memaksimalkan kehadiran e-commerce. Meski kamu berjualan secara offline, tidak ada salahnya membuat toko online untuk memperluas jangkauan pembeli dan meningkatkan penjualan produk.

Gunakanlah fitur iklan agar produkmu dapat ditemukan oleh pelanggan yang tepat. Kamu bisa mencoba beriklan dengan biaya yang paling rendah mulai dari Rp50.000. 

Di e-commerce kamu juga bisa melakukan live shopping. Manfaatkan fitur ini untuk memberikan harga spesial di momen tertentu. Menariknya, toko yang melakukan live shopping dapat meningkatkan penjualan lebih besar daripada yang jarang melakukannya.

3. Bangun Interaksi dengan Konsumen

Kursus Bisnis dan Manajemen
Untuk beriklan kamu memang membutuhkan biaya. Tetapi, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan selain beriklan, yaitu bangun interaksi dua arah dengan pelanggan. Adanya media sosial bisa kamu manfaatkan untuk mendengarkan pendapat mereka dan memperkenalkan produk.

Cobalah mengadakan undian berhadiah, giveaway, promo bundling, dan program lainnya. Selain mencari pelanggan baru, jangan lupakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan lama. Untuk itu penting memiliki database pelanggan. Kamu bisa menghubungi mereka saat ada promo khusus.

4. Lakukan Riset Berkala

platform edukasi
Saat bisnismu sudah meningkat, jangan lupa untuk tetap melakukan riset secara berkala. Ini penting dilakukan untuk mengetahui adanya perubahan tren di masyarakat. Bisnis yang sudah berkembang dapat menurun secara drastis jika tidak menyesuaikan dengan tren.

Atau kalau kamu merasa produkmu tidak mengalami penjualan yang baik, bukan berarti produkmu yang tidak bagus. Melainkan, produk yang kamu jual tidak lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Untuk mengetahui tren, kamu bisa menggunakan social listening tools yang banyak tersedia.

5. Inovasi Produk

kursus online manajemen bisnis
Setelah melakukan riset pada poin sebelumnya, kamu dapat membuat inovasi pada produkmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Inovasi di sini tidak harus melakukan perubahan total pada produk. 

Tetapi, kamu bisa melakukan sedikit modifikasi yang membuat pelanggan kembali tertarik dengan produkmu. Cobalah amati apa yang dilakukan oleh kompetitor dalam inovasi produk mereka.

6. Perbanyak Pilihan Pembayaran

cara meningkatkan penjualan
Adanya jenis pilihan pembayaran juga memiliki pengaruh pada peningkatan penjualan bisnis. Kamu bisa melakukan kerja sama dengan platform pembayaran untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi. Saat ini ada banyak pilihan pembayaran yang menjadi pilihan pelanggan, seperti QR, virtual account, transfer bank tanpa biaya admin, dan lainnya.

7. Gunakan Testimoni Pelanggan

kursus online

Inilah yang menjadi kelebihan berinteraksi dengan konsumen, yaitu untuk mendapatkan testimoni pelanggan. Kamu bisa meminta pelanggan yang telah mencoba produkmu untuk memberikan testimoni. Adanya testimoni ini bisa menjadi bahan evaluasi bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan testimoni pelanggan untuk memberikan kepercayaan pada pelanggan baru bahwa produkmu bagus.

Kursus Bisnis dan Manajemen di GreatNusa untuk Meningkatkan Penjualan

Meski ada banyak tips meningkatkan penjualan bisnis, tetapi rasanya selalu ada saja yang kurang. 
Pelaku usaha juga membutuhkan materi bisnis dan mentor yang dapat diajak untuk berdiskusi mengenai perkembangan bisnis mereka. Kalau belajar otodidak, sering bingung kan harus mulai dari mana? Belum lagi waktu yang dibutuhkan juga tentu lebih lama.
Lalu, apakah harus kuliah manajemen bisnis untuk mempelajari bisnis dan meningkatkan penjualan? Tentu tidak. Saat ini kamu bisa kursus manajemen bisnis atau kursus IT di berbagai portal pembelajaran online. Kursus online akan membantumu meningkatkan berbagai skill yang dibutuhkan. Salah satunya adalah GreatNusa.

portal pembelajaran online

Di GreatNusa kamu bisa mengikuti berbagai webinar dan kursus manajemen bisnis. Dengan mengikuti kursus kamu bisa mendapatkan ilmu bisnis yang dapat meningkatan penjualanmu. Bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar untuk menjadi pebisnis profesional.

Menjadi pebisnis profesional bukan berarti hanya mempelajari bisnis, tetapi juga pengemabangan diri, ekonomi, desain, dan lainnya. GreatNusa sebagai platform edukasi online menyediakan berbagai webinar dan kursus yang beragam, seperti business and management, data and technology, project management, finance, digital marketing, leadership, language, dan banyak lainnya.

Selain materi yang beragam, GreatNusa memiliki keunggulan yang tidak boleh kamu lewatkan:
  • Dapat kursus di mana saja dan kapan saja
  • Banyak pilihan webinar dan kursus
  • Harga terjangkau
  • Akses kursus 12 bulan
  • Video kursus dapat diulang
  • Adanya tugas untuk berlatih
  • Mitra pengajar profesional (Binus University)
  • Mendapat sertifikat
Meningkatkan penjualan serta membuat bisnis berkembang memanglah tidak mudah. Dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk dapat fokus dan menjadi pebisnis profesional. 

Tetapi, bukan berarti tidak mungkin dilakukan meski kamu tidak memiliki background pendidikan manajemen bisnis. Ada banyak kursus manajemen bisnis online yang bisa kamu ikuti di Great Nusa.

Nah, daripada stuck bisnis nggak berkembang, yuk, ikuti kursus di GreatNusa sekarang juga. Klik untuk informasi lebih lanjut ya! Selamat belajar!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

Ainun said…
menarik, ikutan kursus di GreatNusa juga merupakan modal awal untuk membuka usaha ya.
aku setuju sama semua pointnya, sebelum buka usaha minimal riset dulu kalau aku, meskipun banyak yang menjual produk sejenis, usahakan ada pembeda meskipun sedikit supaya produk kita terlihat unik
Indra DP said…
keren nih GreatNusa, sekarang kita bisa kursus manajemen bisnis dengan mudah secara online. jadi cocok untuk mendalami ilmu bisnis agar bisa lebih mudah mengembangkannya