Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Pengalaman Pakai PayPal: Email Tiba-tiba Berubah, Apa yang Harus Dilakukan?

6 comments
download akun paypal
Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami hal yang nggak menyenangkan dengan akun PayPal. Sebenarnya hal ini lumayan sering terjadi pada saya sejak saya membuat akun PayPal pertama kali beberapa tahun lalu. 

Entah kenapa saya sering sekali mengalami hal nggak menyenangkan dengan PayPal. Karena saya merasa nggak aman inilah yang bikin saya sering ragu menerima pekerjaan dengan payment menggunakan PayPal. 

Tapi, yaa gimana lagi? 

Email Akun PayPal Berubah Sendiri

menambah email akun paypal
Saya bolak-balik mengecek akun PayPal beberapa hari belakangan. Karena ada payment kerja sama blog yang ternyata sedang di hold. Yang ini, saya sendiri nggak begitu paham alasannya kenapa saldo PayPal di hold. Tapi, kata teman saya ini karena saya sudah lama nggak pakai PayPal. Mungkin juga ya. 
Sebenarnya saya agak was-was saldo saya tiba-tiba hilang seperti yang sebelumnya. Yes. Sebelumnya saya pernah kehilangan saldo di PayPal. Untungnya sih nggak banyak. Karena pengalaman itulah saya jadi enggan berhubungan dengan PayPal. 
Untuk lebih mudah, saya akhirnya download aplikasi PayPal. Karena selama ini saya mengakses via website

Kemarin, tiba-tiba saya nggak bisa log in akun PayPal di aplikasi. Katanya, email saya nggak terdaftar. Lhaaa??? Lalu, saya pun coba membuka via website di laptop. Ternyata masih bisa. Alhamdulillah aman, jadi lega. 

Besoknya, saya buka lagi via website tiba-tiba nggak bisa. Waktu saya coba melalui aplikasi juga ternyata nggak bisa. Setelah sekian lama browsing solusi yang bisa saya lakukan, saya pun memutuskan untuk menekan tombol 'Forget Password' di aplikasi. 

Kenapa nggak dari awal tekan tombol 'Lupa Password'? 

Sejujurnya, menekan tombol ini juga jadi pilihan yang agak berisiko buat saya. Karena bisa jadi akun saya di hack dan dengan menekan tombol ini, saya jadi memberikan akses pada hacker. 

Dannn, ternyata benar pemirsa. 
Waktu saya menekan tombol 'Forget Password' di aplikasi, tiba-tiba muncul email nggak jelas. Nah, lhooo???
Beruntung meski panik saya nggak gegabah pencet-pencet. Untuk berjaga-jaga, ketika email tersebut muncul saya copy paste di notes. Karena waktu saya mengetikkan email saya nggak bisa, saya pakailah email ini. DAN TERNYATA BISA MASUK!

Segera setelah berhasil log in, saya cek profile dan mengganti email absurd yang tertera pada menu 'Personal Information'. Email absurd yang ternyata jadi primary email akun saya, langsung saya ganti dengan email saya. Lalu, saya pun cepat-cepat mengubah password lagi. 

Akun PayPal saya pun aman dan saya bisa log in normal menggunakan aplikasi dan website. 

TAPIIII, 

Anehnya, setelah saya perhatikan rasanya email absurd ini muncul hanya jika diakses menggunakan aplikasi PayPal via ponsel. Di website sama sekali nggak muncul. Karena itu, saya pun mengembalikan email akun PayPal saya melalui aplikasi. 

Daaan, you know what? Barusan waktu saya mengecek profile dan membuka menu 'Data and Privacy', saya tiba-tiba diminta password dan email yang tertera di layar berubah jadi email absurd lagi. Kecurigaan saya pun muncul. Tapi, beruntung saya sudah mendaftarkan sidik jari untuk memproses log in. Saya pun nggak menempelkan sidik jari dan segera membuka via website. 

Saya pun kembali dan mentransfer semua saldo ke bank melalui website. Karena ternyata waktu saya mau transfer melalui aplikasi, saya diminta memasukkan password DENGAN EMAIL ABSURD MUNCUL KEMBALI. Beruntung, saya tetap bisa mentransfer saldo melalui website

Dan, sampai sekarang konfirmasi password di aplikasi nggak saya lanjutkan. Duh, agak mengerikan ya memang orang-orang ini. 

Jangan Gegabah Saat Nggak Bisa Log In PayPal

cara daftar akun paypal
Nah, jadi buat teman-teman kalau mengalami hal yang sama seperti saya, akun PayPal tiba-tiba berubah dan tidak bisa log in PayPal, please jangan buru-buru masukkan email dan klik next
Perhatikan keanehan dari setiap step dan coba untuk mengeceknya via aplikasi dan website. 
Saya nggak tahu apakah saya beruntung donwload aplikasi PayPal sehingga saya bisa mendeteksi email absurd (yang nggak bisa dideteksi kalau dibuka via website), atau malahan dengan saya download aplikasi akun saya jadi rentan di hack? 

Selalu hati-hati ya, gengs. Zaman sekarang tuh makin mengerikan. Hacker pun makin canggih dan kreatif mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. 

Ada yang punya pengalaman nggak menyenangkan dengan PayPal juga? 



deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

6 comments

De Eka said…
Wah serem ya mba. Mana aku baru² ini pakai paypal. Instal aplikasinya juga biar gampang cek².
timduniamasak said…
aku belum pernah pake paypal, tapi pengen coba. terimakasih infonya ya kak
deamerina said…
iyaa. tetep waspada aja mbak. semoga aman2 aja ya
deamerina said…
sama-sama semoga bermanfaat
fanny_dcatqueen said…
Laah akhir nov kemarin cc suamiku terpaksa di block dulu. 4 hari berturut ada transaksi 150rb yg ditulis Paypal apaaa gitu.

Sementara suami mana ngerti paypal-an. Aku ga punya juga account PayPal. Akhirnya diblock mba utk investigasi. 150k x4 trx kan lumayan.

Makanya aku pun ga seneng kalo ada trx yg related ke Paypal ini.
Ainun said…
beberapa waktu lalu aku dapat email yang mengatasnamakan Paypall, aku kira cuman informasi biasa aja, dan nggak aku gubris juga karena pas lagi sibuk sibuknya hahaha.
Tapi was was, karna saldo di paypal belum aku pindah. Karena seringnya memang aku biarin di paypal mbak itu saldo.
Dan untungnya waktu mau transfer ke bank, nggak ada muncul yang aneh aneh. Kalau buka paypal, lebih sering lewat web soalnya