Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Jamu Herbal Anak Sehat, Solusi Anak Susah Makan Jadi Lahap

1 comment
anak susah makan
Anak susah makan merupakan masalah makan anak yang sering terjadi dan membuat orang tua kebingungan. Mengatasi anak susah makan yang menjadi picky eater membutuhkan kesabaran dan strategi khusus.

Berbagai cara mengatasi anak susah makan dilakukan oleh orang tua. Termasuk memberikan jamu anak sehat sidomuncul untuk menambah nafsu makan anak. Mengingat makanan jadi sumber energi utama untuk menjaga kesehatan. Terutama di usia 1-5 tahun yang membutuhkan asupan gizi yang baik untuk membantu tumbuh kembang anak.

Anak-anak memiliki kebutuhan kalori yang berbeda sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari. Pada anak usia 2-3 tahun mereka membutuhkan 1.000 kalori per harinya. Untuk anak usia 4-8 tahun mereka membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari. Sedangkan anak usia 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

cara menambah nafsu makan anak
Berbagai faktor dapat menyebabkan anak hilang nafsu makan, seperti hanya mau makan makanan tertentu, merasa kelelahan, pemberian camilan saat waktu makan, gangguan pencernaan, atau suasana makan yang kurang mendukung.

Untuk mengatasi anak susah makan, bisa dilakukan dengan cara menambah nafsu makan anak berikut ini.

1. Buat Makanan Terlihat Menarik

Cara mengatasi anak susah makan dapat dilakukan dengan membuat makanan terlihat menarik. Sama halnya dengan orang dewasa yang tertarik mencoba makanan saat melihat foto yang menggiurkan pada menu.

Buatlah hidangan yang memiliki bentuk lucu atau penuh warna sehingga menambah nafsu makan anak. Cobalah untuk menggabungkan berbagai jenis sayuran dengan warna yang beragam, kemudian sajikan bersama-sama dengan sumber karbohidrat, protein, dan lemak dalam porsi yang seimbang, memastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Meski menu makanan yang biasa, anak akan memiliki pengalaman makan yang menyenangkan.

2. Libatkan Anak dalam Membuat Makanan

anak tidak mau makan
Berdasarkan sebuah penelitian, melibatkan anak-anak dalam proses memasak memiliki dampak pada perilaku dan kebiasaan makan mereka. Temuan ini diperkuat oleh sebuah riset dari Universitas Alberta yang diungkapkan dalam Journal Public Health Nutrition. 
Penelitian ini menemukan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan memasak bersama orang tua cenderung lebih terbuka terhadap mencoba makanan baru.
Selain itu, melibatkan anak dalam proses memasak dapat memberikan orang tua peluang untuk memahami preferensi makanan anak, sambil memberikan penjelasan tentang nilai gizi yang penting.Sehingga anak akan lebih antusias ketika menyantap makanan.

3. Buat Porsi Lebih Kecil

Saat melihat porsi makan yang terlalu besar, anak-anak cenderung kurang tertarik karena akan merasa jenuh. Untuk mengatasi anak susah makan dapat dilakukan dengan membagi makanan menjadi porsi-porsi yang lebih kecil untuk disajikan secara bertahap. Selain itu, menyajikan porsi kecil juga mempermudah proses persiapan makanan.

4. Hindari Memaksa

Meski anak susah makan, hindari untuk memaksa mereka makan pada saat itu juga. Apalagi dengan memarahi atau mengancam anak yang justru akan membuat suasana hati anak tidak baik sehingga nafsu makan juga akan menurun. Selain itu, anak juga dapat mengalami trauma untuk makan. Hal ini akan mengakibatkan anak menolak semua makanan yang diberikan.

Obat Herbal Penambah Nafsu Makan Anak

Obat Herbal Penambah Nafsu Makan Anak
Memberikan obat herbal penambah nafsu makan juga salah satu cara mengatasi anak susah makan di usia 2 tahun. Obat herbal umumnya dipercaya karena terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi anak-anak.

Berikut obat herbal penambah nafsu makan yang bisa menjadi alternatif.

1. Temulawak

Obat herbal penambah nafsu makan yang populer adalah temulawak. Menurut para ahli, temulawak dapat mengaktifkan enzim yang memicu sensasi lapar pada anak. Stimulasi rasa lapar ini akan diteruskan ke otak dan memunculkan keinginan untuk makan.

Temulawak memiliki khasiat membantu memastikan kebutuhan nutrisi tetap tercukupi. Selain menambah nafsu makan, temulawak juga dapat meredakan gejala perut kembung dan memberikan kontribusi positif pada proses penyembuhan bagi individu yang mengalami peradangan usus.

2. Kunyit

Setelah temulawak, kunyit adalah obat herbal penambah nafsu makan yang aman dikonsumsi. Kunyit dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan seperti sayuran, nasi kuning, atau sebagai penyedap pada masakan lainnya. Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yang juga hadir dalam temulawak.

Kurkumin dalam kunyit memiliki peran penting dalam merangsang nafsu makan anak. Selain itu, kurkumin pada kunyit juga memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Campuran kunyit juga dapat membantu meredakan demam, mengurangi nyeri perut, dan bersifat antiseptik, bermanfaat untuk anak yang mengalami sariawan.

3. Kencur

obat anak susah makan
Memiliki rasa yang pedas, biasanya kencur diolah menjadi jamu beras kencur. Ramuan ini sesuai untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang mengalami masalah nafsu makan. Jamu ini terbuat dari campuran kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Mengkonsumsi jamu beras kencur secara teratur dapat meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh.

4. Jahe

Jahe merupakan obat herbal penambah nafsu makan anak sebagai stimulan nafsu makan yang paling umum digunakan. Memiliki rasa pedas dan hangat yang khas, jahe memberikan manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan dan memperbaiki fungsi pencernaan.

Meskipun jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan, rempah ini juga memiliki kemampuan mengatur berat badan. Jahe dapat mengontrol tingkat gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme untuk membantu tubuh secara lebih efektif membakar lemak. Jahe juga dapat digunakan sebagai bumbu makanan untuk menambahkan cita rasa dan kenikmatan pada hidangan.

Sidomuncul, Jamu Herbal Solusi Anak Susah Makan

jamu herbal penambah nafsu makan
Jamu anak sehat Sidomuncul dapat menjadi solusi untuk anak susah makan. Produk Anak Sehat dari Sidomuncul ini terbuat dari 7 bahan alami, yaitu jahe, temulawak, kayu legi, wortel, madu, alang-alang, dan temu ireng.

Tidak hanya dapat menambah nafsu makan anak, jamu Anak Sehat Sidomuncul ini juga berkhasiat untuk masa pertumbuhan anak-anak dan dapat digunakan pada penderita cacingan.

Menariknya, minuman sehat ini dibuat dalam bentuk sachet sehingga mudah dibawa saat bepergian. Ibu pun nggak perlu lagi repot membeli jahe dan membuatnya di dapur. Cukup tuangkan jamu Anak Sehat Sidomuncul dengan air dan bisa langsung diminum.

Jamu penambah nafsu makan anak ini tersedia dalam berbagai varian rasa yang enak sesuai dengan favorit anak, yaitu strawberry, jeruk, anggur, coklat, dan jambu merah. Yuk, berikan jamu Anak Sehat Sidomuncul supaya anak lebih semangat makan!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

Ainun said…
jadi inget waktu aku SD dulu, paling seneng kalau konsumsi vitamin anak-anak yang rasa buah, jadi kayak nggak niat minum vitamin ,malah dianggap kayak permen