Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Nggak Hanya Kesehatan Fisik, Organ Ini Juga Perlu Dijaga Lho

Post a Comment
https://www.emc.id/storage/13660/responsive-images/Jaga-Kesehatan-Reproduksi-Perempuan-dengan-Cara-Berikut___big_800_450.jpg
Dalam era yang dipenuhi dengan kesibukan dan tekanan seperti saat ini, kesehatan seringkali terabaikan. Termasuk saya yang masih sering malas olahraga padahal kerjaan menuntut duduk seharian huhu.

Sejak pandemi saya baru ngeh, kalau ternyata kesehatan begitu penting. Karena pada saat harus di rumah dalam waktu lama itulah tubuh saya baru merasakan ketidaknyamanan. Seperti punggung bagian bawah yang mulai sakit, kaki yang mudah bengkak, nafas yang kadag terasa sesak, dan lainnya.

Selain kesehatan fisik yang umum, organ reproduksi seringkali kurang menjadi prioritas bagi banyak orang. Namun, menjaga organ reproduksi dalam kondisi optimal sangatlah penting untuk kesejahteraan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan sebagai cara menjaga organ reproduksi sekaligus tubuh secara menyeluruh.

1. Pola Makan Sehat

menjaga kesehatan reproduksi
Pola makan yang seimbang dan bergizi adalah kunci bagi kesehatan organ reproduksi yang optimal. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Perbanyak konsumsi sayuran hijau karena dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina dan mencegah vagina kering. Hindarilah konsumsi makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi.

2. Berolahraga Secara Teratur

menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita
Olahraga teratur tidak hanya baik untuk jantung dan kesehatan fisik secara umum, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan organ reproduksi. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, meningkatkan kadar hormon, dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Beberapa olahraga atau gerakan khusus juga dapat menguatkan otot dasar panggul seperti senam kegel.

3. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

cara menjaga kesehatan reproduksi wanita
Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan telah terbukti dapat merusak kesehatan organ reproduksi baik pada pria maupun wanita. Merokok dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma pada pria dan masalah kesuburan pada wanita. Sedangkan alkohol berlebihan dapat mengganggu siklus menstruasi dan mengurangi kesuburan.

4. Kelola Stres dengan Baik

pemeriksaan kesehatan reproduksi
Stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan organ reproduksi. Temukan teknik-teknik manajemen stres yang cocok untukmu, seperti meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang menyenangkan. Mengelola stres dengan baik dapat membantu menjaga keseimbangan hormon reproduksi. Pada wanita stes juga dapat berdampak pada siklus haid yang tidak lancar.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

spesialis kebidanan dan kandungan
Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, lakukan pemeriksaan kesehatan rutin bersama dokter atau spesialis kebidanan dan kandungan. Pemeriksaan rutin  dapat membantu mendeteksi dini masalah kesehatan reproduksi dan memberikan perawatan yang diperlukan dengan cepat.

Medical check up yang disarankan untuk menjaga reproduksi wanita:
  • Pemeriksaan Kanker Payudara
  • Pemeriksaan Pap Smear
  • Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual
  • Vaksin HPV
  • Pemeriksaan TORCH
  • Pemeriksaan Kepadatan Tulang (BMD)
  • Pemeriksaan Tiroid
  • USG Perut

Medical check up yang disarankan untuk menjaga reproduksi pria:
  • Analisa sperma
  • USG skrotum
  • USG transrektal
  • Tes hormon
  • Urinalisis pasca ejakulasi
  • Biopsi testis
  • Tes genetik
  • Tes fungsi sperma khusus
Dengan menerapkan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan sehat, olahraga teratur, menghindari kebiasaan buruk, mengelola stres, dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, kamu dapat menjaga kesehatan organ reproduksi dalam kondisi optimal. RS EMC bisa menjadi salah satu rekomendasi rumah sakit kalau kamu ingin melakukan pemeriksaan rutin. 

Selain itu, adanya edukasi tentang kesehatan reproduksi, terutama bagi remaja, harus terus digalakkan untuk membangun generasi yang sehat dan bertanggung jawab.

Yuk, penduli dan sayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh~
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

Post a Comment