Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tips Memilih Baju Lebaran Sesuai Bentuk Tubuh

42 comments
Tips Memilih Baju Lebaran Sesuai Bentuk Tubuh
Momen Lebaran adalah waktu yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan kemenangan setelah menjalani bulan Ramadhan, Lebaran juga seringkali diidentikkan dengan semaraknya tradisi menggunakan baju baru. Sebagai simbol dari lahirnya pribadi baru yang lebih baik.

Tapi, seringkali dalam memilih baju Lebaran, kita lupa untuk mempertimbangkan bentuk tubuh kita sendiri. Karena setiap tubuh memiliki bentuk yang unik. 

Dengan memilih busana yang sesuai dengan bentuk tubuh dapat membuat penampilan kita lebih menarik dan percaya diri. Jangan sampai kamu salah memilih baju karena nggak mengenali bentuk tubuhmu dan berujung justru merusak momen lebaranmu!

Berikut adalah beberapa tips memilih model baju Lebaran terbaru yang sesuai dengan bentuk tubuh.

1. Tubuh Berbentuk Pear

memilih baju lebaran
Kalau kamu memiliki bentuk tubuh pear, yaitu dengan pinggul yang lebih lebar daripada bahu, pilihlah baju yang dapat menciptakan keseimbangan antara bagian atas dan bawah tubuh. Hindari menggunakan pakaian dengan banyak kerutan pada bagian pinggul karena akan membuat pinggul tampak semakin lebar.

Memilih baju lebaran yang sesuai dengan tubuh berbentuk pear bisa dilakukan dengan memilih atasan dengan detail-detail yang menarik di bagian bahu atau dada untuk menarik perhatian ke bagian atas tubuh. Padukan dengan rok atau celana yang lebih longgar di bagian bawah untuk menciptakan keseimbangan yang sempurna.

2. Tubuh Berbentuk Apple

model baju lebaran terbaru
Cara memilih baju bagi yang memiliki bentuk tubuh apple, yaitu dengan bagian tengah tubuh yang lebih besar daripada bagian bawah, pilihlah busana yang dapat memberikan kesan tampilan lebih ramping di bagian pinggang.

Kamu bisa memilih dress atau blouse dengan potongan A-line yang longgar di bagian tengah namun lebih ketat di bagian pinggul. Hindari memilih busana yang terlalu ketat di bagian perut untuk menghindari penonjolan yang tidak diinginkan.

3. Tubuh Berbentuk Hourglass

tren baju lebaran
Bagi pemilih bentuk tubuh hourglass, yaitu dengan pinggul dan bahu yang seimbang dan pinggang yang lebih ramping, kamu beruntung karena hampir semua jenis busana akan cocok untumu.

Namun, untuk menonjolkan bentuk tubuh yang proporsional ini, pilihlah busana yang dapat menekankan garis pinggang, seperti dress atau blouse dengan potongan empire waist atau belt di bagian pinggang.

Gunakan juga warna-warna yang sesuai dengan kulitmu. Atau kamu bisa memilih menggunakan pakaian dengan warna netral. Misalnya pashmina silk coksu yang bisa kamu gunakan untuk mix and match berbagai model baju lebaran terbaru dan memberikan kesan mewah.

4. Tubuh Berbentuk Rectangle

rekomendasi baju lebaran
Bagi yang memiliki bentuk tubuh rectangle, yaitu dengan pinggang yang kurang terdefinisi dan bahu serta pinggul yang seimbang, pilihlah busana yang dapat memberikan ilusi pinggang yang lebih ramping.

Untuk menciptakan ilusi pinggang yang lebih ramping, pilihlah baju yang memiliki detail atau potongan di bagian pinggang. Dress atau blouse dengan potongan empire waist atau belt di bagian pinggang akan membantu memberikan penampilan pinggang yang lebih terdefinisi. Detail seperti lipatan, pita, atau ruching di bagian pinggang juga dapat membantu menciptakan ilusi pinggang yang lebih kecil.

Tips memilih baju untuk tubuh rectangle adalah meskipun baju longgar dapat menjadi pilihan yang nyaman, hindari memilih baju yang terlalu longgar di semua bagian tubuh. Ini dapat membuat tubuhmu terlihat lebih datar dan kurang bervolume.

Sebaliknya, pilihlah baju dengan potongan yang pas di bagian bahu dan pinggul namun longgar di bagian perut untuk memberikan sedikit volume pada bagian tubuh yang kurang terdefinisi.

5. Tubuh Berbentuk Inverted Triangle

memilih baju lebaran sesuai bentuk tubuh
Sedangkan tips memilih baju lebaran untuk pemilik bentuk tubuh inverted triangle, yaitu dengan bahu yang lebih lebar daripada pinggul, pilihlah busana yang dapat menciptakan keseimbangan antara bagian atas dan bawah tubuh.

Kamu bisa memilih atasan dengan potongan yang lebih sederhana namun memperhatikan detail-detail di bagian bawah, seperti rok atau celana dengan motif atau detail yang menarik untuk menarik perhatian ke bagian bawah tubuh.

Bagi pemilih bentuk tubuh ini dan berencana menggunakan kaftan, kamu harus menghindari memakai kaftan yang memiliki potongan mengecil pada bagian bawah. Karena kaftan model ini dapat membuat bahu lebarmu tampak lebih menonjol. Kamu dapat memilih model kaftan viscose dengan garis lurus atau a-line.

Belanja Baju Lebaran Terbaru di Tokopedia

Sejujurnya sebagai orang yang paling malas untuk berdesakan saat belanja, apalagi momen bulan Ramadhan yang pasti ramai sekali, saya lebih memilih berbelanja baju lebaran terbaru di e-commerce.

Tokopedia jadi e-commerce andalan buat saya belanja online yang serba sat-set. Yang bikin saya suka belanja di Tokopedia adalah karena kemudahan navigasi dan penggunaan platformnya yang membuat saya dengan mudah menemukan produk yang saya cari.

Nggak hanya itu, produk di Tokopedia juga bermacam-macam dari kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga, hingga produk-produk elektronik, fashion, dan kecantikan. Proses belanja rasanya menjadi lebih efisien dan nyaman dengan satu kali klik.

Nyaman banget kan? Nggak perlu berdesakan, hemat waktu, harga sama, bahkan bisa lebih murah karena ada banyak promo haha.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan bentuk tubuhmu dan memilih busana yang sesuai, kamu bisa membuat penampilanmu lebih menarik dan percaya diri di Hari Raya Idul Fitri. Ingatlah bahwa kepercayaan diri adalah kunci utama untuk tampil memukau dalam apa pun yang kamu kenakan. Selamat berbelanja dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

42 comments

Ria said…
Nah ini yang kadang suka lupa kelewat kalau pilih baju, yang diperhatiin cuma model bajunya. Sukak lupa merhatiin cocok apa enggak ama bentuk tubuh
Bambang Irwanto said…
Saya baru tau kalau bentuk tubuh wanita ada seperti buah pear dan apel. Tapi memang, saat memilih baju, biar nyaman dan enak dilihat, sesuaikan dengan bentuk tubuh. Makanya perlu sekali saat membeli baju, harus dicoba dulu.
Nurul Sufitri said…
Masya Allah, cantik2 banget sih baju lebarannya :D Berarti kita harus pandai memilih outfit sesuai dengan bentuk tubuh ya. Jangan sembarangan gituuu :D Jadi main percaya diri deh. Ow, belanjanya online aja di Tokopedia. Praktis ga pake capek ya. Gaskeun!
Elvina Yanti said…
Hal yang selalu bikin bingung tiap beli baju online, nih. Galau cocok apa nggaknya. Kadang terlihat cocok, tapi pada saat bajunya nyampe ternyata ga cocok, hiks. Terima kasih tipsnya, Kak :)
Arief Riyanto said…
Bagi perempuan penampilan penting, namun jangan cuma liat modelnya yang bagus namun harus disesuaikan dengan badannya sendiri untuk membuat penampilan lebih menarik dan percaya diri di Hari Raya Idul Fitri.
hani said…
Desain bajunya bagus-bagus semua deh. Aku tergolong bentuk tubuh buah pear nih...Rada ragu memang memilih baju. Takut terlalu pas bagian panggulnya, malah engga pe-de deh...Paling pas sih pakai kulot deh...
Bunda Saladin said…
Nomor 1 ini aku banget. Emang biasanya beli gamis yg bawahnya melebar/umbrella gituu buat menyamarkan. Atau beli baju kaftan aja kan longgar jadi aman dipakenya.
Kang Sugianto said…
EH ternyata ada bentuk tubuh macam-macam ya, Kak. Baru ngeh setelah baca artikel ini selama ini paling sesuai dengan postur dan ukuran badan aja kalau cari baju buat istri. Ternyata ad abentuk apel, dan lain-lain
Laily M Octavia said…
Bener banget deh model baju yang pas itu tergantung sama bentuk tubuh kita. Jadi emang nggak semua model bisa cocok sama semua orang
HendraDigital said…
Sekilas memang sulit banget menentukan tipe tubuh saya sendiri. Bentuk tubuhnya enggak jelas, wkwkwkwkwk.... Tapi menurut saya kalo cowok jauh lebih simpel sih, yang penting ukurannya pas di badan, ya . Wah Tokopedia lagi jor-joran promo baju lebaran nih ya.
Dyah Kusuma said…
Terima kasih remindernya, saya nih kadang ga memperhatikan bentuk tubuh saat belanja baju, sebetulnya bisa ya pilihan model baju menutupi bentuk bandan yang kurang ideal
Didik Purwanto said…
Ternyata ga bs sembarangan ya kak utk beli baju apalagi buat baju lebaran. Ntr salah beli malah diketawain sodara/tetangga krn ga pantas dipandang mata.

Aku tipe apa ya? Tp ini sptnya buat cwek aja ya. Cwok beda kyknya. Hehe. Tp mayan nih informasinya. Bgs bgt buat rekomendasi jelang Lebaran.
Aku nggak tahu gimana bentuk tubuhku. Sulit banget memilih baju yang cocok dan bagus buatku. Mungkin lebih ke bentuk pear kali ya. Tapi pear yang gendut.
Pentingnya memahami tubuh sendiri lebih dulu ya kak, jadinya tahu deh cara mensiasati pemilihan baju yang tepat. Dengan begitu gak salah beli
Putu Felisia said…
Saya pernah belanja baju batik di Tokopedia dan barangnya sesuai foto. Jadi senang belanjanya.
Anonymous said…
Wah nice sharing banget, membantu aku yang sering bingung milih dress. Anw, aku baru tahu ada perempuan dengan bentuk tubuh inverted triangle. Biasanya kan pundak perempuan cenderung lebih kecil ya..
Harus pilih yang nyaman dibadan, artinya tidak terlalu kekecilan atau kebesaran. Kita juga sang pemilik badan juga harus tahu bentuk tubuh dan jenais pakaian yang tepat untuk dipakai
Siti Mustiani said…
Kalau dipikir-pikir kayaknya aku masuk bagian tipe bentuk tubuh rectangle deh, hehehe. Iyaa, yaa jangan sampai salah malah kesannya jadi aneh, terima kasih yaahh tips nya.
ANGGITA RAMANI said…
Kalo aku cenderung kek pear kayaknya wkwkwk, cuma bagian atas sama bawah lumayan proporsional. Sukanya pake midi dress atau gamis yang ngga nunjukin lekuk tubuh sih sekarang
lendyagassi said…
Jadi ilmu baru buatku nih..
Ternyata bentuk tubuh wanita itu unik dan bisa mencocokkan dengan model baju yang sesuai agar tetap cantik sesuai dengan proporsinya. Risetnya mashaAllaa, ka.. keren!
Han said…
Waduuh (((sesuai bentuk tubuh))) wkwkwk agak sus yaah >.< jadi keinget sama baju2 lamaku yang sekarang jadi sesek kalo dipake, ngga kerasa kalo udah menggendat. penting emang perhatiin model baju biar ngga keliatan over
GE MAULANI said…
Oke berarti saya masuk ke bentuk tubuh yang Pier karena pinggu lebih gede dibandingkan badan dan bahu. Berarti kuncinya di atasan yang punya desain menarik terus dipadukan sama rok atau celana yang longgar ya kak
Kyndaerim said…
Aku kok salfok sama dres no. 3, tapi bentuk tubuhku Apple, xixixi..Kepoin di Tokopedia ah..
Sabrina said…
wah tipsnya bermanfaat banget mba, bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh karena ga smeua ornag hapal dengan bentuk tubuhnya juga dan dengan baca artikel ini jadi sedikit ada gambaran ya
Eka FL said…
tambahin juga kak untuk tubuh pendek atau tinggi dan berat badan. karena bentuk tubuh dan tinggi tubuh juga ngaruh nih ke jenis baju yang harus dipilih. aku kan type yang pear ya, emang harus nyari baju yang gak banyak detail di pinggang dan agak banyak rempelan diatasan. tapi karena aku pendek (153cm) dan BB under 70kg tapi up 60 kg jadi kalo pake model begini malah jadi keliatan buntet, hiks! hihihi. jadi belum nemu yang pas juga sih bagusnya pake model kayak gimana. apalagi kalo pake jaket jeans, udah keliatan big banget deh.
areacewecom said…
Makasih yah sharenya, jadi tahu ada banyak bentuk tubuh perempuan. Aku juga baru tahu ada bentuk tubuh inverted triangle, jadi bahunya lebih lebar ya, padahal biasanya bahu perempuan itu sempit.
Aku bingung dengan definisi bentuk tubuhku sendiri, Kak.

BTW klo soal pakaian ternyaman bagiku yaa pakai celana panjang jeans dan baju casual. Tapi gak cocok buat berlebaran ...
Bening Pertiwi said…
wah terima kasih sudah diingatkan. kadang kalau sudah mupeng lihat baju, suka lupa menyesuaikan dengan bentuk tubuh. padahal kan milih baju enggak hanya nyaman ya, tapi juga sebaiknya enak dilihat
kalau dipilijh yang pas ukurannya dengan model pakaian yang bahannya jatuh dan lemas, pasti kalau dipakai berjalan bakalan bagus banget apalagi aksesoris dan tas yang dipake tepat
Nurul Sufitri said…
Kalau tubuh berbentuk apel, ternyata pilihan model bajunya atau gamis tuh sebaiknya ada rumbai2 melambai ya :) Kayak foto di atas warna hijau tuh keren banget. Disesuaikan tas dan sepatunya, lebaran tampil maksimal deh.
Wahyu Suwarsi said…
Terima kasih tipsnya kak. Bentuk tubuh aku cenderung yang nomor 1, jadi harus menyesuaikan modelnya juga bila membeli baju.
Kyndaerim said…
Bales Mbak Jihan nih. Tim menggendats tos dulu kita, wkwk.. Setuju dong, kudu pilih baju yg sesuai dan nyaman, biar enak dipandang.
Satiti said…
Nah ini, kadang lupa dipertimbangkan. Kadang saat beli baju online, motif, ukuran, dan warnanya sudah cocok, waktu baju sampai dan dicoba ternya zonk, gak kaya modelnya, wkwk. Ternyata bisa jadi karena bentuk tubuh model dan tubuh kita beda yaa... di model cocok, eh di kita gak cocok
Yonal Regen said…
Dengan adanya e-commerse sekarang belanja kebutuhan baju untuk lebaran ga usah canggung-canggung lagi untuk memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh. Pastinya lebaran jadi momen silaturahmi yang berkesan dengan memakai outfit yang nyaman
Joko Yugiyanto said…
Baca artikel ini jadi makin tahu kalau ada banyak hal bisa dibedah untuk satu kata kunci, model baju lebaran 2024 kali ya
Elisa said…
Wah baru tau soal nama-nama bentuk tubuh ini.. pas banget sebentar lagi lebaran bisa menyesuaikan bajunya dengan tips dari Mbak Dea..
Nia K. Haryanto said…
Wah ini nih tips yang keren. Selama ini aku pake baju cuma lihat sisi nyamannya aja. Jarang banget menyesuaikan dengan bentuk badan. Aku bentuk badannya apa ya? Kayaknya apel deh. Oke nanti aku coba cari baju yang tipe badan apel.
Andri Marza said…
Jujur saja, dengan membaca artikel ini, saya jadi tahu bahwa bentuk tubuh itu beragam sebutannya. Ada yang pear, ada yang apel, rectangle, hourglass dan lain-lain.
April Hamsa said…
Wah badanku bentuknya apa yaaa hehe. Aku selama ini tu amannya lebaran pakai hitam atau putih soalnya.
jadi pengen buka Tokopedia deh, kali ada baju atau kerudung yang aku butuhkan lagi ada diskon juga.
Terima kasih infonya.
Ninin said…
Nah penting nih buat yang beli baju sekadar fomo doang, ikut2an tren tapi terkadang gak menyesuaikan bentuk tubuh. Pengen terlihat oke eh malah zonk, sedihkan...
Dewi Rieka said…
Bingung deh bagaimana bentuk tubuhku tapi habis Lebaran biasanya bakal melebar semuanya wkwkw tidaaak! Aku juga suka mengintip baju cantik di Tokopedia
Momtraveler said…
Nah tips yg oke nih kadang asal beli baju aja karena lagi trending padahal belum tentu cocok sama bentuk tubuh kita ya.jadi yg twepenting harus paham bentuk tubuh kita krk gimana baru deh cari baju yg swsuai. Makasih tipsnya