Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

[Review e-book] The Letters You Left Behind, Misteri Dibalik Sebuah Kematian

26 comments
[Review e-book] The Letters You Left Behind, Misteri DIbalik Sebuah Kematian

Judul        : The Letters You Left Behind
Penulis     : Niswahikmah
Genre       : Teenlit
Bab          : 27
Aplikasi     : Cabaca

Ada yang suka baca novel semi misteri atau teka-teki yang bikin kepo? Hiyak mari merapat!

Kemarin saya cobain aplikasi baca Cabaca dan nemu judul ini. Terus waktu baca sinopsisnya, saya makin tertarik sama alur ceritanya. Apalagi novel ini punya gaya bahasa yang unik kayak novel terjemahan. Saya sampai sempat lupa kalau novel ini ditulis orang Indonesia waktu baca hehe.

Menceritakan Tentang Apa Sih?

Steve Hood mendapati sahabatnya, Lily Hemming tak bernyawa di kamarnya. Padahal, kunjungannya pagi itu adalah ingin memberikan kado natal. Sayangnya, kado Natal tersebut tidak akan pernah dilihat Lily selamanya.
Pagi yang seharusnya menjadi suasana yang hangat, justru menjadi bencana bagi keluarga Hemming. Anak sulung mereka memutuskan mengakhiri hidupnya dengan menelan pil hingga mulutnya berbuih.

Sebagai sahabat terdekat Lily, Steve sangat terguncang dengan kematiannya. Orang tua Lily, Tuan Caleb dan Nyonya Claire, tidak ingin kematian Lily diketahui orang lain sebagai bunuh diri. Mereka tidak ingin orang lain berperasangka buruk pada keluarganya, terutama pada Lily.

Mereka menutupi fakta itu rapat-rapat dari orang luar. Hanya Steve satu-satunya orang luar yang mengetahuinya. Keluarga Hemming serta Steve berduka dan berjanji akan menguak penyebab kematian Lily. Mereka semua tahu, Lily tidak mungkin mengakhiri hidupnya tanpa alasan.

Mengapa kamu melakukannya, Lily?

Hinga perlahan, satu per satu fakta yang tak pernah terbayangkan oleh Steve kini mulai terungkap. Termasuk surat misterius yang selama dua tahun ini diterima olehnya. Dengan menggunakan semua petunjuk yang ditinggalkan Lily, Steve memulai penelusurannya.

Penokohan

Novel bergenre teenlit ini memiliki beberapa tokoh yang menarik dan agak bikin saya bertanya-tanya.

Lilly Hemming sebagai tokoh utama diceritakan melalui surat-suratnya pada Steve. Kepribadiannya yang pendiam menjadi asal mula persahabatan mereka pada masa junior school dan berlanjut ke secondary school.

Di novel ini Lily adalah sosok sahabat yang ceria, perhatian, dan sangat mendukung Steve untuk menekuni hobinya. Begitu pula sebaliknya, Steve juga selalu mendukung Lily dengan hobi menulisnya.

Bisa dibilang Lily dan Steve memiliki kepribadian yang sama dan itulah yang membuat mereka cocok bersahabat. Sebagai sahabat, banyak yan disembunyikan Lily dari Steve. Dan sepertinya ini juga terpaksa karena keadaan yang sulit bagi Lily.

Entah kenapa rasa-rasanya saya dibuat sebal dengan karakter Steve. Iya sih kadang emang kalau udah bersahabat kita banyak nggak sadar sama tindakan yang dilakukan.

Steve Hood di sini memiliki kepribadian yang pendiam dan sangat peduli pada Lily. Tapi, sayangnya Steve nggak begitu peka pada sahabatnya sendiri.

Tuan Caleb dan Nyonya Claire sebenarnya nggak jauh berbeda dengan orang tua lainnya. Ayah yang tegas dan ibu yang lembut penuh perhatian. Nggak lupa kehadiran Tasha, adik Lily, juga memiliki peran yang penting di cerita ini.

[Review e-book] The Letters You Left Behind, Misteri DIbalik Sebuah Kematian

Meski masih SD,Tasha memiliki pemikiran yang bisa dibilang dewasa. Karakternya yang ceria dan bawel membuat suasana lebih hidup dan berwarna. Dan tentu rasa penasarannya juga banyak membantu penelusuran Steve dalam menemukan penyebab kematian Lily.

Jane sebagai sahabat Lily sejak SD sebenarnya sempat membuat saya bingung. Di awal cerita Jane dideskripsikan seolah nggak bersahabat. Justru seperti orang asing yang cuek. Tapi di baliknya, Jane jadi satu-satunya sahabat perempuan Lily yang paling peduli dan mengerti keadaan Lily.

Alur Cerita

Novel ini menggunakan alur flashback terutama setelah Steve mulai membaca tulisan yang ditinggalkan Lily. Inilah membuat cerita semakin seru dan saya suka haha. Karena ceritanya jadi terkesan menarik dan membuat penasaran.

Kepingan teka-teki diberikan rata pada setiap cerita membuat saya candu untuk scrolling ke halaman berikutnya. Ibaratnya seperti memungut permen yang ditnggalkan Sherina di film “Petualangan Sherina” sebagai petunjuk.

Hingga sampai pada satu titik yang menjadi kunci utama dari semua rahasia. Jawaban dari setiap teka-teki terbuka satu per satu seperti membuka lembaran buku. Diceritakan dengan runtun.

Gaya Bahasa


Novel ini memiliki gaya bahasa seperti novel terjemahan. Tapi, tenang tetap nyaman untuk dibaca kok. Bahasa yang digunakan juga ringan dan terkesan mengalir. Bukan tipikal pakai istilah yang berat dan susah dipahami.

[Review e-book] The Letters You Left Behind, Misteri DIbalik Sebuah Kematian
Membahas isu kesehatan mental, di dalam cerita juga ada beberapa istilah psikologi dan nama obat-obatan yang digunakan Lily. tapi, nggak banyak karena sepertinya memang fokusnya bukan untuk menjelaskan secara spesifik kesehatan mental Lily.

Yang Bikin Menarik

Baca novel ‘The Letters You Left Behind’ karya Niswahikmah di apliaksi Cabaca ini cukup seru buat yang suka cerita teka-teki. Meski nggak begitu gereget. Ceritanya juga mengalir dengan penulisan gaya bahasa yang ringan meski seperti buku terjemahan.

Ide cerita dan konfliknya menarik. Apalagi belakangan banyak banget isu kesehatan mental dan bullying. Karakter tokohnya cukup banyak dan saya paling suka dengan karakter Tasha yang lebih hidup dan entah kenapa terasa lebih solid daripada tokoh utamanya, Lily dan Steve.

Sayangnya,

Awal cerita sampai ke tengah buat saya alurnya menarik, tapi sayangnya menuju ending seperti ada plot hole dan ceritanya terkesan dipaksakan untuk segera berakhir.

Di akhir juga seperti terpaksa semuanya dijelaskan dan ini jadi bikin pembaca nggak fokus ke penyebab kematian Lily sebagai inti cerita. Seperti penjelasan sikap ibu Steve yang selama ini nggak akur dengannya.

[Review e-book] The Letters You Left Behind, Misteri DIbalik Sebuah Kematian
Tokohnya sendiri sejujurnya agak bingung dengan kepribadian Jake. Meski ini jadi plot twist sendiri, tapi penjelasan konfliknya di ending jadi seperti dibuat-buat dan agak nggak masuk akal.

Jujur saya pribadi suka dengan pembahasan isu kesehatan mental. Tapi sayang banget di novel ini nggak dilengkapi dengan penjelasan secara medis. Kayaknya kalau ditambahin bakalan keren banget sih hehe. Sekalian bisa jadi edukasi untuk pembaca.

Kesimpulan

Overall, saya suka dengan novel ini dan cukup terhibur. Apalagi ini ceritanya ringan jadi enak dibuat bacaan hiburan disela-sela aktivitas. Tapi, hati-hati lupa waktu yak karena alurnya bikin kepo haha. Salut banget sama penulis yang bikin cerita ini.

Btw, ini pengalaman pertama saya baca di aplikasi Cabaca. Ternyata seru juga ya baca di aplikasi gini. Maklum selama ini masih pewe pake buku soalnya hehe. Kayaknya setelah ini saya mau eksplor judul yang lain.

Ada rekomendasi judul yang seru lagi nggak, gengs?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

26 comments

  1. Sepertinya menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
  2. Untuk genre teenlit, topiknya lumayan gloomy, ya, Mba Dea.Terus pas baca nama karakternya, aku kira ini novel luar. Tapi pas liat nama penulisnya sepertinya lokal, ternyata memang gaya menulisnya seperti terjemahan.

    Aku juga baru tau ada aplikasi membaca Cabaca, ini tuh sejenis Wattpad ya, Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya Mbak Jane aku juga sempet lupa kmrn pas baca kalo ini tulisan orang Indonesia
      yeess. bener banget kayak Wattpad

      Delete
  3. Saya suka nih cerita yang penuh teka-teki dan plot twist. Kayak kisah Steve dan Lily yang meninggal secara misterius. Jadi penasaran dengan rentetan surat-surat si Lily. Baru tau juga kalo ada aplikasi Cabaca taiyee...

    Bakalan jadi nilai plus kalo di dalam suatu artikel atau bacaan ada penjelasan ilmiah, termasuk di sebuah novel sekalipun 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bener kak yang plot twist emang agak-agak bikin kepo 😁

      Delete
  4. Aku pernah baca novel yang mirip begini. Kadang bingung juga ya. Lily pendiam tapi kemudian dia bunuh diri. Padahal dia punya sahabat. Entah itu Steve atau pun Jane.

    Tapi, kalau ada masalah terpendam emang rumit sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya Lily nggak enak ganggu Steve karena udah punya kehidupan baru
      dilemanya orang pendiam emang bgtu kayaknya mbak hehe

      Delete
  5. Aku belum pernah mencoba aplikasi Cabaca, mbak hehehe. Ternyata banyak cerita menarik di sana ya. Membaca novel ini misalnya, bisa sebagai me time di rumah. Kisah Lily yang bunuh diri, sahabat dan adiknya, serta keluarganya...ini kayaknya berseri ya kalau kita tonton di televisi :D Bisa anteng nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener banget. bakalan jadi series dan buat marathon seharian

      Delete
  6. Wah baru tau aplikasi baca cabaca, ini sistemnya kaya watpar atau cem ipusnas gitu yang musti dirent dalam 3 hari uda balik dan ga bisa dibaca?

    Gaya bahasanya macam novel klasik ya kak. Sekilas aku jadi inget sensasi baca novel harper lee, to kill a mockingbird hahaa

    Btw thanks for the review. Aku suka juga nih novel misteri cem gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Friska. sejenis Wattpad karena ada bab yang harus berbayar nggak full gratis kayak iPusnas
      iya kayaknya penulisnya sering baca novel barat buat jadi referensi

      Delete
    2. yaaah ga bisa baca gratisan sampe selesai dong ya huhuh sayang sekaleeeh

      Delete
  7. wah kok serem juga ya kayaknya.. mana kategorinya teenlit lagi ya ahaha.. saya udah lama ngga baca novel kayak gini genrenya kak. biasanya suka yang slice of life gitu

    ReplyDelete
  8. aku sukaaaa, novel-novel misteri dan teki-teki, macam detektif2an hehee. Bertolak belakang sama film, aku ga suka misteri2an, tp klo novel tuh terasa nagih klo genre ini! Waahh, menarik ya cabaca ini, aku langsung meluncur ke web nya sama apps nya ni

    ReplyDelete
  9. Suka banget sama novel yg memecahkan misteri kematian gini. Jadi kayak detektif gitu. Hahaha. Menarik juga ini novel, bisa bikin kita berjalan membayangkan gimana cara Steve perlahan menemukan penyebab kematian Lily. Dan lainnya.

    ReplyDelete
  10. Novel misteri dengan teka teki ini menarik dan seru untuk dibaca ya mbak
    Di cabaca ini cukup banyak novel menarik ya
    Aku pernah beberapa kali baca disini

    ReplyDelete
  11. Jadi inget kalau mengenai isu kesehatan mental yang akhir-akhir ini sering enjadi sorotan. Sebagai pembaca, semoga semakin memperkaya karakter dan latar belakang masing-masing karakternya, mungkin ini yang menyebabkan gak terlalu deep membahas masalah isu kesehatan mentalnya itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Udah lama gak baca novel nih. Jadi pengen baca novel lagi untuk hiburan weekend
    meski aku ga suka nonton film misteri, tapi baca novel misteri seru juga

    ReplyDelete
  13. Saya suka dengan novel yang genrenya teka-teki dan misteri seperti ini. Rasa penasaran yang dibangun lewat alur cerita yang dibuat sedemikian rupa memang sesuatu hal yang sangat menarik. Jadi pengen ikutan nyoba baca letters you left behind juga nih..

    ReplyDelete
  14. Dari judul dan nama tokoh-tokohnya memang terasa banget ya seperti novel terjemahan. Ala Inggris semua. Aku suka novel tema misteri tapi kurang suka dengan gaya tulisan terjemahan. Makasih reviewnya ya aku juga suka baca Cabaca.

    ReplyDelete
  15. Wahh kayaknyaa bakal jadi bacaan yang seru nihh.. pengenn ikutan bacaa hihi apalagi genre misteri nihh kayaknyaa bakal ngga bosenn

    ReplyDelete
  16. Wah seru ya ada aplikasinya untuk membaca, soalnya kalau baca lewat web kurang nyaman rasanya, penasaran dengan kisah Lily, salut untuk penulisnya karena mengangkat topik seperti ini butuh riset yang mendalam ya

    ReplyDelete
  17. Saya suka nih buku genre seperti ini meskipun bertanya2 apakah saya masih pantas untuk baca teenlit..hehehe

    ReplyDelete
  18. Sekarang enak yah banyak banget pilihan bacaan online yang menarik. Kirain nih novel terjemahan lho apalagi nama tokohnya 'luar' banget, jadi makin penasaran kalo cerita misteri gini hehehe.

    ReplyDelete
  19. Baru tahu ada aplikasi novel Cabaca, sepertinya bagus 2 tuh buku2 nya. Gak seperti aplikasi novel online kesukaan emak2 yang itu.. wah wajib download nih, terima kasih Infonya..

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen install app cabaca, tapi masih banyak buku fisik yang belum aku baca wkwkwk. Dari judul kelihatannya udah nampak sisi misterinya sih

    ReplyDelete

Post a Comment