Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah

37 comments
Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah
Setiap kali ngomongin masa depan, sering membuat saya menghela napas dalam dan puanjaaaang sekali. Di usia yang nggak lagi muda, sejujurnya saya sempat merasa menyesal dalam beberapa hal. Terutama perihal persiapan karir yang nggak saya lakukan dengan matang sejak kuliah.

Maklum yak, karena kuliah salah jurusan akhirnya saya justru terlalu fokus ingin cepat lulus aja. Sampai tanpa sadar, kuliah selesai dan menimbulkan kegalauan baru mengenai karir di waktu yang cukup lama. Hingga saya mengikuti online learning melalui bootcamp untuk mendapatkan skill yang menunjang karir idaman saya.

Mengapa Perencanaan Karir yang Tepat untuk Masa Depan Penting?

Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah

Kalau ada yang bilang, kuliah mah dinikmati aja karena fasenya bersenang-senang menapaki dunia dewasa. Eits, tapi bukan berarti terlalu bersenang-senang tanpa membuat rencana juga ya, bestie.
Persiapan karir justru penting banget dilakukan sedini mungkin. Bahkan, menurut saya sejak SMP. Supaya bisa menentukan saat SMA mengambil jurusan IPA, IPS, atau bahasa. Atau bahkan SMK karena lebih relevan dengan tujuan karir.

Manfaat perencanaan karir sejak kuliah ini bisa membantu kamu meminimalisir kegalauan mengenai informasi pekerjaan yang kamu inginkan. Selain itu, merencanakan karir yang tepat bisa membuatmu lebih yakin mengenai karir yang sebenarnya kamu inginkan. Supaya nggak ada lagi tuh ceritanya kamu career switch di tengah jalan.

Bukannya nggak boleh pindah profesi, karena yang namanya hidup mah pasti kita bereksplorasi dan menemukan ketertarikan baru setiap waktu. Tetapi, manfaat perencanaan karir sejak kuliah ini bisa kamu rasakan supaya kamu nggak salah pilih karir dan membuang waktu (seperti saya hehe). Tentunya, kamu nggak ingin menyesal bukan?

Tips Persiapan Karir Sejak Masih Kuliah

Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah
Menurut saya, memiliki status anak kuliahan atau mahasiswa adalah posisi yang paling aman hehe. Pada saat itu kamu masih dimaklumi kalau belum bekerja. Bahkan, beberapa orang tua hanya meminta anaknya untuk fokus belajar.

Di fase aman ini, sebaiknya kamu manfaatkan semaksimal mungkin. Waktu empat tahun adalah waktu yang sangat singkat untuk dapat melakukan persiapan karir sebelum terjun ke dunia kerja. Saat ini bahkan pemerintah telah membuat lembaga pelatihan Prakerja untuk membantu mahasiswa mendapatkan skill yang sesuai kebutuhan industri.

Nah, berikut ini adalah tips persiapan karir yang bisa kamu lakukan sejak kuliah supaya nggak salah memilih karir dan membuang-buang waktu. Yuk, simak!

1. Ketahui Minat dan Bakat

Mengenal diri adalah hal yang paling utama perlu kamu lakukan. Mengetahui minat dan bakat bisa kamu lakukan dengan lebih banyak mencoba berbagai hal yang membuatmu tertarik. Atau, kamu juga bisa melakukan tes minat dan bakat pada lembaga profesional.

Cobalah untuk lebih memperhatikan setiap hal kecil yang kamu lakukan. Karena biasanya kita nggak sadar bahwa kita menyukai atau berbakat pada suatu bidang karena menganggapnya hanyalah sebagai hobi atau hiburan untuk menghabiskan waktu.

Kalau kamu masih kebingungan, kamu juga bisa bertanya dengan teman atau keluargamu. Karena terkadang saking kita kurang mengenal diri sendiri, justru orang lain yang bisa memberitahu keahlian kita.

2. Bangun Relasi di Luar Kampus

Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah
Berteman dengan teman kampus memang penting. Tetapi, ada baiknya kamu juga menjalin relasi dengan banyak orang di luar jurusan dan kampusmu. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin banyak cerita pengalaman dan informasi yang bisa kamu dapatkan. Apalagi kalau relasi yang kamu jalin tidak melulu sesama mahasiswa seumuran.

Bertemanlah dengan orang dari segala usia dan latar belakang. Apalagi di era digital seperti sekarang kamu bahkan bisa berteman dengan siapa saja di media sosial. Menemukan role model di Instagram atau LinkedIn adalah hal yang wajar dilakukan saat ini.

Sesekali bahkan kamu bisa mengajak mereka untuk belajar online bersama dengan sopan jika mereka nggak keberatan. Terkadang kamu justru bisa mendapatkan support system yang kamu butuhkan di luar dari lingkungan kampusmu, lho. Eits, tetapi tetap berteman di jalur yang benar ya.

3. Magang

Tips persiapan karir berikutnya dan nggak kalah penting adalah magang. Dengan magang kamu bisa mencoba karir yang kamu idam-idamkan. Gunakan kesempatan ini untuk menilai, apakah karir tersebut cocok denganmu atau tidak. Bahkan, kalau kamu merasa karir tersebut nggak cocok untukmu, kamu bisa mencoba magang di bidang yang lainnya tanpa perlu takut akan merusak CVmu lho.

Saat ini bahkan ada banyak magang yang dilakukan secara online. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk magang di perusahaan yang kamu inginkan meski di luar kota. Belajar online sangat membantu persiapan karirmu.

4. Gabung Komunitas di Luar Kampus

Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah
Selain magang, bergabung dengan komunitas atau organisasi di luar kampus akan membantumu mendapatkan pengalaman berorganisasi yang relevan dengan tujuan karir. 

Manfaat mengikuti organisasi atau komunitas adalah melatih kepemimpinan (leadership) dan kerjasama dengan tim. Beberapa perusahaan menjadikan pengalaman berorganisasi bahan pertimbangan rekrutmen

5. Upskill dan Reskill Melalui Webinar

Saat ini belajar bisa kamu lakukan dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Salah satunya dengan menggunakan platform pembelajaran online

Kemudahan ini perlu kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk persiapan pengembangan karir. Seperti yang telah disediakan QuBisa, kamu bisa mengikuti berbagai kelas webinar singkat dengan topik beragam hingga kelas bootcamp untuk materi yang lebih lengkap.

Online learning melalui bootcamp menjadi cara terbaik yang bisa kamu ikuti untuk memperdalam skill penunjang karir. Atau, kalau kamu masih merasa ragu, kamu bisa upskill dan reskill melalui webinar. 

Mengikuti beberapa kelas webinar berbeda nggak akan membuatmu rugi, justru kamu akan mendapatkan lebih banyak skill. QuBisa juga bekerjasama dengan lembaga pelatihan Prakerja.
Tips Rencanakan Persiapan Karir Sejak Kuliah
Tips persiapan karir mahasiswa di atas dapat kamu lakukan dengan penuh pertimbangan demi masa depanmu. Kelas bootcamp menjadi salah satu alternatif untuk memperdalam skill yang dibutuhkan karir yang kamu inginkan. Daripada kebanyakan nongkrong, belajar di QuBisa yuk. Kamu bisa download Aplikasi QuBisa untuk Andorid dan Aplikasi QuBisa untuk iOS.

Manfaatkan waktu luang yang kamu miliki dengan baik demi masa depan yang cerah yaaa. Jangan sampai nyesel, please! Soalnya nggak enak banget (curhat 🤭).
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

37 comments

Caca said…
Buat yang masih kuliah catet poin2 di atas penting banget utamanya re skill up skill dan juga nambah pengalaman di luar kampus biasanya kepake banget
penting banget emang untuk tahu karir apa yang diinginkan bahkan sebelum kuliah supaya tak salah pilih jurusan. Biar nanti bisa menunjang pekerjaan impian ya
Yonal Regen said…
Kuliah bagusnya memang jangan jadi tim penyimak saja, ya, datang ke kuliahan dan mengikuti kelas semata. Lebih dari itu, masa kuliah harus dijadikan masa untuk persiapan karir di masa depan setelah lulus
Triani Retno A said…
Sejujurnya aku pun agak nyesel sih, masa muda entah abis di mana. Tapi daripada nyesel melulu, lebih baik manfaatkan yang ada. Belajar-belajar online dari mana-mana, sambil menyiapkan anak-anak supaya jalan mereka lebih terarah.
Bambang Irwanto said…
Yang paling tahu diri dan potensi kita adalah diri sendiri. Jadi sebelum memasuki kuliah, memang bisa cek ricek diri, termasuk kita cenderung minatnya ke mana. Terus pastinya harus terus menambah skill. Karena semakin tahu, persaingan di dunia kerja semakin ketat.
Coba tahu ini sebelum lulus kuliah bahkan sebelum masuk kuliah, pasti tak praktekkan tipsnya. Kalau sekarang udah lama lulus kuliahnya dan sudah jadi emak2 pula, jadi ya udah beda haluan dan priorotas huhuhu...
Aldhi Fajar said…
Persiapan karir memang betul harus direncakan sejak kuliah. Kita bisa meningkatkan potensi diri yang kira kira bisa kita pelajari dan masuknya mudah. Karena bakal berguna banget di dunia kerja nanti
Bunda Saladin said…
Wah sayang sekali kuliahnya salah jurusan tapi gak disesali ya kak karena ilmunya juga bermanfaat. Bener banget, bangun relasi itu berguna buat nanti dapat informasi pekerjaan atau peluang bisnis baru.
ANGGITA RAMANI said…
Dulu pas ikutan prakerja aku juga pake pelatihan dari QuBisa. Kerasa banget kalo kuliah itu rugi kalo cuma ngejar ijazah, softskill nya juga kudu ada. Beruntung sekali di zaman ini sudah banyak pelatihan softskill yang bersertifikat
Fenni Bungsu said…
Dengan mengenali minat dan bakat bisa mempermudah ketika ingin bekerja dalam bidang apa dan perusahaannya juga. Terlebih lagi bila sesuai jurusan juga ya. Makin asik pstinya
Eri Udiyawati said…
Di masa kuliah ini memang tempat untuk menimba ilmu baik di dalam kampus, maupun meningkatkan skill melalui webinar atau kursus. Biar pas udah lulus, dapat kerja langsung bisa beradaptasi.
Dee_Arif said…
Dengan mengikuti pelatihan prakerja di QuBisa ini, fresh graduated bisa memiliki sklill yang mendukng karirnya nanti ya mbak
Han said…
Bener banget kak, harus tahu arahnya kalo dah jadi mahasiswa gini, jangan kayak aku dulu masih bingggung aja mau jadi apaan padahal dah terjun ke dunia kampus yang lebih spesifik lagi ilmunya
Sabrina said…
saya juga ambil beberapa kursus di QuBisa kak, banyak sekali ilmu yang bisa saya ambil, dan pastinya hardskill dan softskill jadi merasa nambah sih, apalagi persaingan kerja saat ini memang sangat ketat wajib banget improve knowledge kita
Nurhilmiyah said…
Bagus nih merencanakan persiapan karir sejak duduk di bangku kuliah, jadi saat lulus udah fokus mau menjajaki dunia kerja yang diminati ya. Keren.
lendyagassi said…
Menjadi mahasiswa yang aktif dan produktif akan mampu memberikan efek dan catatan perjalanan yang bagus ketika sudah lulus dan waktunya mencari pekerjaan. Rasanya memang kebantu banget belajar online di Qubisa.
Fatimah Aqila said…
Setuju banget untuk mempersiapkan karir selanjutnya saat kuliah itu ya sejak kuliah. Biar nantinya setelah lulus udah tau mau kemana arah kerjanya. Untungnya sekarang gampang banget ya mau upgrade skill tinggal ikut aja webinar secara online.
HendraDigital said…
Perlu banget ya, merencanakan karir sejak masih kuliah. Bahkan kalo bisa semenjak SMU, jadi biar mateng banget nantinya. Setuju sih, persiapan karir bisa dimulai dari minat dan bakat dulu. Bakatnya mau ke arah mana nih, nanti tinggal diasah dan diarahkan saja, agar bisa terealisasikan dengan baik.

Belajar pengembangan karir secara instan juga bisa lewat aplikasi QuBisa ya. Very nice inpoh
Sudah saatnya memang merintis karier sejak di bangku kuliah, kalau bisa sejak SMP dan SMA biar punya bekal, dan pengalaman yang bisa menjadi guru terbaik dalam perjalanan kehidupan.
Indra DP said…
sangat penting merintis karir sejak bangku kuliah, dengan begitu akan siap kerja saat sudah lulus nanti, dan sembari belajar di aplikasi Qubisa bisa untuk ningkatin skill juga
Ririn Wandes said…
Bangun relasi di luar kampus itu menjadi sangat penting sekali sih karena tidak hanya pertemanan di kampus saja yang dibutuhkan untuk bisa punya karir cemerlang di masa mendatang.
Yustrini said…
Memang benar, sebaiknya merencanakan karier harus sedini mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Tapi jika sudah terlanjur, masih bisa berusaha untuk jadi sukses dengan upgrade ilmu. Semangat!!!
Yonal Regen said…
Para guru di SMP dan SMA harus juga ya mengenalkan tentang ragam karir di masa depan anak-anak sekolah, agar mereka makin mantap ketika masuk kuliah dan lulusnya kelak
ANGGITA RAMANI said…
Sama mba pas deket2 lulus baru galaunya makin jadi. Ini nih pentingnya sudah punya arahan sejak SMA sih kalau bisa
Fenni Bungsu said…
Daku juga beda jurusan antara kuliah sama pekerjaan yang telah dilakoni hehe. Namun iya, biar makin gereget dengan skill, kudu ditambah dengan ikuta beragam pelatihan
Gusti yeni said…
Iyess banget setuju bagi yang masih kuliah maksimalkan waktu buat membangun jaringan relasi pertemanan yg luas.

Qubisa menjadi salah satu solusi untuk upgrade skill.
Damar Aisyah said…
Betul, ini saya tekankan pada keponakan2 saya yang sedang kuliah atau mau masuk universitas. Kaena pengalaman saya dulu kurang perencanaan, akhirnya pas lulus masih ngelamar sana-sini dan beberapa gak linier sama lulusan saya. Tapi ya sudahlah, semua jadi pengalaman.
Arai Amelya said…
Sebagai alumni Qubisa (nyoba sekitar yahun 2021), aku emang bisa bilang kalau platform ini luar biasa banget buat yang mau upskilling terutama para fresh graduate. Semoga makin semangat upgrade ilmu biar dapet karir yang cemerlang
Dee_Arif said…
Dengan mengikuti kursus di QuBisa ini, meski masih kuliah tetap bisa merencanakan kari sesuai skill yg dimiliki ya
Eko Prasetyo said…
Membangun relasi diluar kampus itu penting kak, jadi bisa menambah wawasan.
Tpi lebih dari itu kita juga wajib bisa Upskill dan Reskill sesuai passion.
Eko Prasetyo said…
Membangun relasi diluar kampus itu penting kak, jadi bisa menambah wawasan.
Tpi lebih dari itu kita juga wajib bisa Upskill dan Reskill sesuai passion.
Siti Mustiani said…
Setuju nih dengan semua tips-tips di artikel ini, pasti akan menyenangkan sekali ya menjalani masa kuliah dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat kayak gini, gak bakalan nyesel deh setelah lulus kuliah nanti, Insya Allah
R Palupi said…
Aku termasuk tim yang menyesal banget karena dulu waktu kuliah cuma kuliah pulang. Nyatanya berorganisasi dan memiliki banyak relasi sama pentingnya dengan keakademisan.
Happy said…
penting banget loh ini, biar paling nggak pas udah waktunya cari kerja ngga bengong.
lendyagassi said…
Dengan memilih circle pertemanan yang positif, kita akan semakin banyak mendapatkan informasi terkait segala macam pengalaman yang bisa memperkaya dan mungkin bermanfaat ketika memasuki dunia kerja. Termasuk mempersiapkan skills lain di bidang yang diminati dengan mengikuti kursus belajar online QuBisa.
Deny Ir said…
ada benarnya juga sih, sekalipun tidak punya planning spesifik harus ini dan itu, paling tidak, punya gambaran karir secara umum. Biar gk salah arah, wkwkw
SpaceNesia said…
Mantap Tipsnya, sukses selalu!