Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

22 comments
service motor matic di planet ban
Ada yang ingat kapan terakhir kali service motor? Hayooo?

Saya sepertinya sudah beberapa bulan yang lalu hahaha. Dasar cewek maunya pakai aja ya hihi. Maklum kalau motor dipake barengan itu jadi seringkali lupa kapan terakhir service (pembelaan ajee lu!🤣)

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Biasanya bagian yang dicek adalah saluran bahan bakar, rem, kondisi mesin, oli mesin, gas tangan, oli gardan, ban dan sebagainya.

Biar lebih paham, terutama buat ciwi-ciwi nih coba deh baca 8 bagian motor yang wajib dicek saat service motor di bawah ini.

1. Oli Mesin

Bagian pertama yang wajib dicek saat service motor adalah oli mesin. Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pelindung mesin, dan pendingin. Oleh karenanya, kamu perlu mengganti oli dengan rutin sesuai jarak tempuh yang tercapai. 

Umumnya rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di 2500 Km. untuk biaya yang perlu kamu siapkan meliputi biaya pembelian oli dan biaya jasa ganti oli.
ganti oli motor matic
Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. 

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Karena ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Sebagai pengguna motor matic, kamu wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya adalah saat kamu sudah 2x ganti oli mesin kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Agar mesin dapat menyala, busi meruapakan bagian di motor yang penting untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Saat busi tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itulah saat service motor, kamu perlu mengecek busi motormu. Apakah perlu diganti atau tidak.

4. Kampas Rem

Kampas rem merupakan salah satu faktor keamanan dan keselamatan berkendara. Saat kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, sehingga dapat menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Pada motor terdapat bagian yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran. Bagian ini adalah filter udara. Saat ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi serta karburator, motormu akan mengalami masalah. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Saat tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan lebih detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman dan aman.

7. Ban

ganti ban matic di planet ban
Pemeriksaan ban juga penting dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, ban adalah bagian pertama yang harus dicek sebelum menggunakan motor. Namun, pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Biasanya tune up bisa dibarengi dengan ganti oli gardan, ganti oli mesin, atau penggantian sparepart lainnya. Tapi, kamu nggak perlu khawatir, mekanik biasanya akan menginformasikannya terlebih dahulu kebutuhan dari motormu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik di Semua Kota

Sebagai perempuan yang nggak begitu paham motor, saya selalu mencari tempat service motor yang bisa diandalkan, seperti Planet Ban. Di bengkel motor ini, kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Servis mesin rasa baru atau sistem servis terpadu bertujuan melakukan jenis service motor untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa serta ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Pada jenis service motor ini, mekanik akan berfokus memeriksa dan memperbaiki bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis. Termasuk bagian yang jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

  • Dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin karena menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Sehingga mesin jadi lebih awet.
  • Motor akan terasa nyaman, mesin dingin, dengan tarikan enteng serta tahan lama saat dipadukan dengan penggunaan sparepart asli.
  • Nggak perlu sering ke bengkel karena ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Nah, jadi lebih hemat kan?

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Servis motor di tempat lain, cenderung meninggalkan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, nggak jarang kamu bakalan menemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sedangkan dengan melakukan service motor rutin di Planet Ban, kamu nggak perlu khawatir akan adanya debu yang tertinggal. Karena mekanik akan membersihkan seluruh bagian atau part mesin hingga seperti baru.

Termasuk kepala silinder, klep mesin, blok CVT, throttle body, piston, dan semua bagian akan bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.
promo service motor planet ban
Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, lebih hemat BBM, emisi turun lebih dari 70%, dan mesin jadi bersih.

Dengan pelayanan terbaik, harga service motor di Planet Ban yang lengkap ini tetap terjangkau. Untuk service motor injeksi kamu hanya perlu membayar Rp20.000. Sedangkan untuk service CVT sekaligus rantainya Rp19.500. Bahkan, untuk biaya service throttle body hanya Rp20.000. Murah banget kan?

Nah, setelah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Hayo, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu service motor? Jangan-jangan sudah dari beberapa bulan lalu.

Yuk, service motor ganti oli motor matic ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

22 comments

Maseko Sakazawa said…
aku kalo servis motor memang selalu minimal ganti oli mesin dan oli gardan. sisanya tergantung kebutuhan.
Mister Blangkon said…
Aku ngalamin sendiri gara-gara telat servis, akhirnya ban gundul ga ketahuan. Ban dalam jadi bocor terus, solusinya ganti ban luar. Beli di Planet Ban, terjangkau dan cepat layanannya.
Bambang Irwanto said…
Saya sekarang rutin servis motor matic di Planet Ban, Mbak. Kemarin adik saya juga isi cairan ban tubles di Planet ban. Dulu saya kira Planet Ban itu hanya menjual ban saja hahaha.
Dan memang kalau servis rutin, maka performa motor terus terjaga.
Zaman kuliah dulu, pernah punya pengalaman gak enak tentang motor gegara jarang diservis. Semenjak itu, aku kalau ngerasa motor udah gaberes pasti langsung cuzz servis. Aku blm pernah nyoba ke situ mbak?
Okti Li said…
Oli, rem, ban dan Accu itu emang hal paling utama ya yg harus dicek saat akan mengendarai kendaraan. Jangan sampai kejadian hal tidak diinginkan karena kita lalai cek dulu sebelumnya
lendyagassi said…
Kudu rajin dan jeli servis kendaraan bermotor ya..
Agar lebih awet dan tetap bandel di segala medan. Tantangan kendaraan yang aku rasa paling berat adalah ketika memasuki musim penghujan. Harus lebih-lebih memerhatikan kesehatan kendaraan yang digunakan. Minimal ganti oli dan servis di Planet Ban.
Fenni Bungsu said…
Buat jaga performa mesin kendaraan, memang jangan dilewatin deh service mesinnya. Kalau kelewat bisa berabe, karena kan bikin gak nyaman ketika kendaraan digunakan
Putu Felisia said…
Eh, kayak pernah dengar nama Planet Ban. Saya motornya manual, apa bisa ke sana ya?
HendraDigital said…
Urusan servis motor, ganti oli dan ganti spare part motor lainnya, apapun itu, selalu saya foto dan catat di Google Keep, biar enggak lupa. Jadi lebih mudah untuk memantau kondisi motor. Jadi tau juga kapan waktunya ganti oli atau servis motor.

Paling utama sih oli. Saya pernah punya pengalaman buruk soal oli ini. Gara-gara telat ganti oli, motor jadi rusak dan turun mesin deh ujung-ujungnya. Biayanya malah lebih mahhal lagi.

Saya pernah kok ganti oli dan servis injeksi lengkap di Planet Ban Cirendeu. Tarikan motor jadi lebih enteng. Tapi dia sistemnya beda ya. Ngebersihin mesin motor dari dalam, yakni dengan menuangkan cairan pembersih ke bahan bakar. Keren sih. Nice post
Kang Didno said…
Dari sekian banyak yang harus dicek saya sering lupa ganti oli motor
ANGGITA RAMANI said…
Akhirnyaaa cobain juga ya service di Planet Ban. Iya aku dulu yang suka ngga telaten kalo suruh service motor, sekarang dahlah diurusin suami. Planet Ban juga deket rumah banyak sekarang
Shinta Shyntako said…
punya kendaraan bermotor tuh memang harus rajin check up ya kondisinya biar awet dan tetap prima walaupun dipakai utk sehari-hari, harus apik intinya sih ya
Selama ini memang saya selalu mengganti ban di Planet Ban karena katalognya komplit, dekat dengan kediaman, serta pembayaran yang fleksibel. Untuk servisnya, juga bikin kantong nggak bolong karena bisa tiap 5000km.
Jadi belajar soal permotoran nih
Saya jadi nambah wawasan soal merawat motor dengan baik
Joko Yugiyanto said…
rajin servis jg lah ya biar motor enak dipakai tiap hari, g mau jg kan tiba2 ngadat trs bingung harus ke mana
Yonal Regen said…
Pengalaman servis motor dan ganti oli ke planet ban cukup memuaskan, cepat, dan harga yang reasonable yang akan membuat kita tidak ragu untuk datang lagi
Ternyata gak cuma ganti ban saja ya kak yang dilayani di planet ban. Bisa cek motor, servis, sampai ganti oli pun juga makin lengkap bisa dilakukan di planet ban.
Elvina Yanti said…
Sebagai orang yang mager serta ga ngerti perkara motor ini, kadang suka lalai sama kewajiban. Taunya pake doang, hiks. Tapi setelah Akai sempat mogok kemarin, Vina jadi makin aware sama kesehatan motor sendiri. Tapi rekomendasi servis ke Planet Ban ini bisa banget dicoba, nih..
Ernesthy said…
Nah akhirnya nemu juga artikelnya, kebetulan saya lagi nyari apa saja yang perlu diperhatikan saat service motor PCX, terus nemu artikel ini.

Bermanfaat banget ilmunya.
Nurul Sufitri said…
Aku termasuk orang yang rajin servis motor secara berkala loh 😁 Ganti oli, cek ban dll memang mesti deh, supaya motor awet. Asyiknya di Planet Ban ini mekaniknya selalu konsul dulu sama pelanggan, apakah sparpart mau diganti atau nggak.
Teman Ngopi said…
Hehehe bener ya mba, kadang cewek taunya cuma pake aja.. Tapi minimal kudu ngerti sih ya, kapan waktunya ganti oli.. Nah pas ganti oli itu sebaiknya sekalian ngecek kondisi motor
Bai Ruindra said…
Terima kasih kak sudah berbagi, komponen ini sangatlah penting terutama oli kalau nggak diganti bisa bahaya karena bisa aus dan kena piston