Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Demam? Tenang, Coba 5 Cara Turunkan Demam Secara Alami Ini

25 comments
Demam Tenang, Coba 5 Cara Turunkan Demam Secara Alami Ini
Teman-teman ada yang nggak suka konsumsi obat?

Kalau iya berarti kita sama hehe. Dari kecil nenek saya selalu mengingatkan untuk nggak terlalu bergantung pada obat. Maksudnya tuh kalau sakit dikit nggak langsung minum obat gitu tapi lebih ke herbal dulu. Kecuali memang sakit yang harus minum obat. Nenek saya sendiri punya kebun tanaman herbal dan jago banget bikin jamu.

Bisa dibilang, dari kecil saya lebih banyak mengonsumsi herbal dibandingkan obat. Dan kebiasaan ini masih terbawa hingga saat ini. Kalau saya merasa nggak enak badan, saya pasti langsung konsumsi herbal seperti jahe, kunyit, kencur, sirih, dan lainnya dibandingkan obat. Termasuk saat demam.

Nah, kalau juga sama seperti saya yang nggak suka obat, coba deh cara menurunkan demam secara alami tanpa obat di bawah ini.

1. Menjaga Cairan Tubuh

Demam Tenang, Coba 5 Cara Turunkan Demam Secara Alami Ini
Saat demam, tubuh cenderung mengalami kenaikan suhu akibat dari infeksi atau peradangan. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan dapat meencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Air dapat membantu menghilangkan panas melalui keringat, dengan konsumsi air yang cukup tubuh dapat memproduksi keringat lebih banyak supaya suhu tubuh menurun. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat melawan infeksi lebih baik. Bukan hanya air, kamu juga bis amengonsumsi minuman seperti jus dan minuman elektrolit yang membeirkan energi.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat adalah cara terbaik untuk menurunkan demam secara alami. Aktivitas yang berlebihan dapat meningkatkan suhu tubuh. Demam terjadi akibat peningkatan metabolisme di dalam tubuh yang menandakan bahwa tubuh membutuhkan oksigen dan cairan lebih banyak.

Dengan mengistirahatkan tubuh sejenak, tubuh akan lebih rileks dan suhu tubuh akan menurun. Istirahat tidak selalu harus tidur, meski tidur adalah hal yang terbaik, kamu juga bisa sekadar duduk atau berbaring santai.

3. Konsumsi Asupan yang Bergizi

Demam Tenang, Coba 5 Cara Turunkan Demam Secara Alami Ini
Cara menurunkan demam secara alami tanpa obat selanjutnya adlaah mengonsumsi asupan yang bergizi. Saat demam beberapa orang akan kehilangan nafsu makan hingga merasa mual.

Meski tidak enak untuk makan, kamu justru harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk meningkatkan kekebalann tubuh. 

Tidak harus banyak, kamu bisa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, seperti sup ayam. Jangan lupa juga hindari makanan yang tidak boleh dimakan saat demam.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Beberapa orang beranggapan menggunakan selimut yang tebal akan membantu menurunkan demam. Namun, nyatanya hal itu akan membuat suhu panas terperangkap dan menyebabkan tubuh tidak nyaman.


Saat demam, sebaiknya gunakan pakaian nyaman yang dapat menyerap keringat dengan baik. Serta pilih jenis kain yang membuat suhu tidak terperangkap dalam pakaian.

5. Dinginkan Tubuh

cara menurunkan demam tanpa obat
Menurunkan demam secara alami juga bisa kamu lakukan dengan mengompres dahi menggunakan air dengan suhu normal. Selain itu kamu juga bisa mendinginkan tubuh dengan mandi air hangat. Mengelap bagian tubuh degan waslap juga bisa kamu lakukan pada area yang panas seperti ketiak, leher, dan dahi.

Cara menurunkan demam secara alami di atas bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Kalau demammu tidak kunjung turun, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter ya. Semoga memabntu!

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

25 comments

Shinta Shyntako said…
saya juga termasuk yang mencoba cara alami dulu, yg plg mudah adalah dgn byk minum air putih dulu deh utk nurunin demam terutama pada anak2
Bambang Irwanto said…
Sebenarnya saat sakit, banyak cara alami yang bisa kita lakukan saat sakit ya, Mbak. termasuk saat demam.
Kalau saya saat demam, itu memang harus banyak istirahat. Terus dipaksakan harus makan. Termasuk makan buah.
Sabrina said…
sepertinya ini juga yang saya lakukan kak kalau pas badan lagi ga enak alias demam gitu dan bantu banget reda demamnya
hani said…
Iya setuju. Banyak minum, cara jitu menurunkan demam. Makan sup anget juga sih, jadi keringetan...
Yonal Regen said…
Dari tips-tips yang kak Dea paparkan, kalau saya selalu mengusahakan untuk istirahat dengan tidur yang cukup saat terasa sakit seperti demam. So far lumayan suka enakan pas bangun dengan istirahat ini
Asupan makanan bergizi dan tidur emang paling pas sih menurutku. Biasan menikmati comfort food seperti sup atau soto udah paling pas banget. Lalu tidur cukup
HendraDigital said…
Selama ini untuk mengatasi demam, biasanya saya tergantung dengan obat paracetamol. Ternyata bisa juga ya dicoba dengan cara alami. Saya juga baru tau kalo demam itu sebaiknya nggak perlu selimutan biar keringat keluar, ternyata cara ini salah!

Terima kasih info yang sangat bermanfaat sekali.
Hallowulandari said…
Paksu nihhh sering banget panas badannya, Dan sering banget dikompress akhirnya.
Yustrini said…
Aku juga kalo lagi demam juga tidak terburu-buru minum obat. Beristirahat dan minum air putih hangat. Bisa bikin tubuh lebih enakan.
April Hatni said…
Yang paling sering saya lakukan saat demam banyak minum air mineral dan mengkompres seluruh tubuh. Cara ini memang efektif ternyata.
Lita Lestianti said…
Sayaa juga nggak suka.. dulu waktu anak saya masih bayi saya lebih suka kasih parutan bawang merah dan minyak kayu putih, sekarang kalo demamnya panas banget baru kasih obat, kalau nggak, saya kasih herbal dulu termasuk mnyak MHS ke sekuruh tubuh hehe..
Fenni Bungsu said…
Banyak cara bisa diterapkan untuk atasi demam ya kak.
Yang penting penanganannya cepat dan tepat maka bisa mempercepat proses penyembuhan
ANGGITA RAMANI said…
Setuju sama banyak minum sama sesekali minum air hangat trus minum wedang rempah sama madu. Biasanya cukup jitu. Bisa juga kompres hangat di bagian ketiak sama dahi
Didik Purwanto said…
Minum air putih sih wajib. Tp kalo lg demam biasanya aku makan yang hangat2 dan agak pedas. Jd tubuh akan lbh hangat dan lebih enakan. Abis itu dipake tidur deh sambil selimutan. Kalo udh keringetan, baru tuh demam udah agak hilang.
Akarui Cha said…
Memperbanyak konsumsi air putih saat sedang demam itu berasa banget sih efeknya. Karena jadi sering rajin ke toilet untuk buang air udah gitu lama-kelamaan badan pun raanya sedikit mendingan dan bisa langsung diajak istirahat, ditambah sama pilih menu makanan yang gampang dicerna dan kalau bisa sih rebusan ya.
Bisa nih dipraktekkan klo lg demam. Soalnya selama ini klo demam ya paling cepet minum obat sih.
Gusti Yeni said…

Pakai parutan bawang merah di balurin di badan dan sisanya di letakkan di ruang kamar supaya aroma bawang merahnya keluar.
Resep orang tua jaman dulu dan ampuh sih kalau sdh 3 hr belum sembuh baru ke dokter
Happy said…
duh jadi inget, aku baru-baru ini demam. tips menurunkan demam ala aku adalah dikompres pakai duit :')
Gusti yeni said…
Akuu pakai cara kuno balur balur bawang merah sejak anak2 masih bayi, kalau masih naik turun timbul tenggelam demamnya baru ke dokter jeda 3 hr.
Triani Retno A said…
Anak-anakku pernah nanya, "Kenapa sih kalau kami sakit Mami selalu bikin sop ayam?" Sop daging mah mahal. Hehehe... Karena manfaatnya sih. Sop ayam, sup krim, soto, minuman hangat, jus, vitamin C jad andalan banget. Obat kalau demam tinggi aja.
Kalau anak demam biasanya saya beri minum madu, kemudian buat obat luarnya saya beri bawang merah yang sudah dilembutkan, campur kinya kayu putih. Kalau ga ada ya kayu putih saja.

Memang juga perlu diperhatikan asupan cairan tubuhnya agar tidak dehidrasi
setuju nih, paling penting memang cukupi cairan ya, apalagi kalau anak-anak, harus jada biar tetap terhidrasi
lendyagassi said…
Alhamdulillah, aku terbilang yang jarang sakit.
Dan saat punya anak, beberapa kali yang namanya anak-anak pernah lah ya.. demam. Trus rasaya khawatir banget. Sama masku diingetin kalau demam bukan penyakit, jadi sebaiknya tidak langsung konsumsi obat kimia.

Sampai sekarangm seperti tips kak Dea, kami terapkan ketika siapapun demam.
Semoga lekas sehat dan menjadi mekanisme tubuh untuk perkuat imun.
Diah Alsa said…
hal yang pertama kalau lagi demam biasanya saya langsung istirahat Mbak, sambil perbanyak minum air putih. Biasanya sih kalau udah dibawa tiduran langsung segar lagi.
begitu juga kalau anak-anak yang demam, selalu jaga banget minumnya biar gak dehidrasi.
Eri Udiyawati said…
Saya kalau sakit berusaha untuk makan dan minum yang sehat dulu. Terutama air putih hangat. Abis itu gosok minyak kayu putih.

Kalau 3 hari tetep aja. Saya baru periksa ke dokter. Ya mau gak mau.minum obat.