Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Jadikan Bermain Game Sebagai Profesi dengan ASUS ROG Phone 7 Series

19 comments
Jadikan Bermain Game Sebagai Profesi dengan ASUS ROG Phone 7 Series
Aku mau jadi gamer aja kayak Jess No Limit.
Kata adik saya saat kelas 3 SD yang membuat saya melongo waktu saya tanya mengenai cita-citanya. Jujur, sewaktu pertama kali mendengar itu saya agak ragu. Meski zaman sudah banyak berubah dan muncul beberapa jenis pekerjaan baru berkat perkembangan teknologi, tapi apakah gamer bisa dijadikan sebuah profesi?

Atlet Esport, Profesi untuk Para Pecinta Game

Daftar Atlet Esport Indonesia di SEA Games
sumber: Detik.com
Setelah mendengar jawaban adik saya, saya langsung browsing sebelum memberikan tanggapan. Karena saya sendiri bukan seorang gamer, jadi saya nggak ingin memberikan jawaban yang nggak saya pahami yang dapat memadamkan semangatnya. Tentunya sebagai kakak saya ingin mendukungnya, tetapi bukan berarti asal memberikan dukungan.
Maklum, selama ini yang saya tahu meski game memiliki beberapa manfaat, tetapi game hanya untuk bermain saja. Memangnya bagaimana bisa seorang gamer menghasilkan uang dan dijadikan sebagai profesi?
Menurut Eddy Lim sebagai mantan Ketua Umum IESPA (Indonesia Esport Association), esports sudah diakui sebagai cabang olahraga di Indonesia sejak 2014. Yaitu, ketka IESPA diterima oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Saya juga baru tahu kalau esport telah berpartisipasi pada pertandingan untuk memperebutkan mendali pada pertandingan nasional dan internasional, seperti di Asian Games 2018, SEA Games 2019, dan PON Papua 2020.
esport sea games 2021 vietnam
Esport SEA Games 2021 Vietnam
Dengan adanya esport pada ajang Asian Games dan SEA Games, hal ini membuktikan bahwa esport dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang diperhitungkan. Sehingga banyak bermunculan atlet esport dan beragam profesi berkaitan dengan esport.

Seperti beberapa orang lainnya, saya pun sempat mempertanyakan, bagaimana bisa esport yang dikerjakan sambil duduk tanpa banyak gerak menjadi cabang olahraga?
Pertanyaan ini juga dijawab oleh Pak Edy. Alasan esport menjadi cabang olahraga adalah karena esport menggunakan tenaga manusia, yaitu kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti aktivitas olahraga pada umumnya. Selain itu esport memiliki tiga unsur dasar olahraga, yaitu kompetitif, sportivitas, dan prestasi.
Menariknya, saya menemukan fakta bahwa Indonesia memiliki banyak pemain esport yang telah berkarir hingga ke luar negeri. Seperti Made Bagus Prabaswara atau Luxxy seorang pro player PUBG Mobile yang tengah membela tim Bigetron Red Aliens (RA). Sejak berkarir Luxxy telah menghasilkan Rp 2,59 miliar.

Selain Luxxy, ada Kenny Deo atau Xepher, pemain Dota 2 yang bermain untuk T1 asal Korea Selatan. Xepher merupakan pro player dengan pendapatan tertinggi di dunia dan nomor satu di Indonesia. Sejak berkarir, Xepher memiliki penghasilan Rp 5,24 miliar.

Waw, tentu saja ini merupakan angka yang fantastis. Nggak heran kalau pada akhirnya banyak orang yang tertarik menjadikan bermain game sebagai profesi. Ibaratnya sih, mengejar passion kali ya.
Hari gini, siapa sih yang nggak mau dibayar dengan mengerjakan hobi?

Bukan Hanya Sebagai Atlet, Gamer Juga Berpeluang Bisnis dan Profesi Lainnya

profesi esport
Mencintai game bukan berarti kita hanya bisa menjadi player. Sebenarnya ada banyak cabang profesi yang bisa dilakukan terkait dengan game selain menjadi atlet. Di antaranya adalah dengan menjadi coach, tim manager, event organizer, pengembang, hingga content creator.

Entah atlet atau orang-orang yang bekerja di belakangnya tentunya juga membutuhkan gadget yang mumpuni. Misalnya saja pengembang game. Supaya mereka dapat menciptakan game yang berkualitas dan menyenangkan, memiliki ponsel yang canggih adalah sebuah keharusan.
Karena dengan memiliki ponsel yang canggih, maka pengguna akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Bukannya rasanya percuma kalau game yang dibuat sudah maksimal, tapi perangkat yang digunakan kurang memadai? Sehingga akan membuat pengalaman bermain game justru terasa biasa saja.

Untuk kamu yang ingin mendukung kerabat yang bercita-cita sebagai atlet esport seperti adik saya, kamu bisa memberikan dukungan dengan memberi rekomendasi ponsel gaming, yaitu ASUS ROG Phone 7 Series.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7 Series Buat Pemain Esport dan Profesi Dibalik Sebuah Game

Kelebihan ASUS ROG Phone 7 Series
Memiliki ponsel yang mendukung akan membuat kerabatmu menjadi lebih bersemangat untuk berlatih. Tahun ini ASUS meluncurkan 2 tipe ponsel gaming terbarunya, yaitu ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate.

Nah, supaya kamu nggak salah membelikan ponsel, coba deh simak kelebihan ASUS ROG Phone 7 ini.

1. Performa Kencang Kunci Menangkan Permainan

performa ROG Phone 7
Kelebihan seri ASUS ROG Phone 7 ini tentu saja terletak pada prosesornya yang semakin kencang dibandingkan dengan pendahulunya, ROG Phone 6. Menggunakan Platform Seluler 3,2 GHz Snapdragon® 8 Gen 2 membuat smartphone gaming ini 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya.

Nggak lupa juga, ASUS membekali ponsel ini dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 12 GB pada ROG Phone 7 dan 16 GB pada ROG Phone 7 Ultimate. Sedangkan penyimpananya pada ROG Phone 7 menggunakan ROM UFS 4.0 256 Gb dan 512 GB pada ROG Phone 7 Ultimate. Spesifikasi ini membuat kamu dapat merasakan pengalaman game yang mengesankan lebih cepat dua kali dari UFS 3.0.

Bermain game online tentunya nggak lepas dari kebutuhan wifi. Oleh karenanya, seri ROG Phone 7 didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800 yang membuat kecepatannya lebih tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation yang memudahkan pengguna mengubah permainan dengan mudah.

2. AeroActive Cooler 7, Dinginkan Ponsel untuk Durasi Game Lebih Lama

AeroActive Cooler 7 ROG Phone 7 Ultimate
Kalau ROG Phone 6 dibekali dengan GameCool 6, maka ASUS membekali ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 ultimate dengan sistem termal GameCool 7. Sistem pendingin ini merupakan yang terbaik karena dapat mendinginkan CPU dari segala arah.

Hal yang menjadi pembeda pada kedua tipe smartphone gaming ini adalah adanya AeroActive Cooler 7 hanya pada ROG Phone 7 Ultimate. Pendingin ini sudah termasuk dalam paket penjualan yang sayangnya masih belum dapat dibeli secara terpisah. Nah lho, udah tahu kan bakal beli yang mana kalau gini? Hehe.
GameCool 7
AeroActive Cooler 7 ini dapat secara otomatis aktif ketika AeroActive Cooler dipasang. Cooler 7 bekerja tanpa perlu menggunakan charger ekstrak dan mengambil daya dari baterai ponsel. Adanya pendingin ini menghilangkan panas dan meningkatkan kinerja game serta daya tahan baterai. Karena ketika kamu mengaktifkan Portal AeroActive, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%.

Selain berfungsi sebagai pendingin, AeroActive Cooler 7 ini juga terdapat subwoofer yang membuat suara bass pada game terasa lebih kencang. Bisa dikatakan, pendingin ini menjadi speaker tambahan yang menambah euforia bermain lebih asyik.

Berbeda dari generasi sebelumnya, Cooler 7 ini memiliki jack headphone 3.5 mm dan USB type C untuk Bypass Charging pada bagian bawah yang membuat kita lebih nyaman saat bermain game tanpa ribet dengan kabel lagi.

3. Baterai Monster Dukung Player Main Maksimal

ROG Phone 7 baterai
Bermain game seringkali membuat baterai ponsel cepat habis. Seri ROG Phone 7 memahami permasalahan tersebut dengan membekali ponsel gaming ini baterai monster 6000 mAh. Ponsel ini dilengkapi dengan pengisi daya USB PD HyperCharge 65 watt yang dapat terisi penuh dalam waktu 43 menit.
ROG Phone 7 baterai
Menariknya, ada fitur mode pengecasan yang canggih yang bisa kamu pilih, yaitu Steady Charging yang dapat membantumu mengontrol kecepatan pengisian daya, dan Bypass Charging yang membuat daya langsung diserap oleh sistem. Fitur Bypass Charging ini sangat membantu ketika kamu bermain game yang berat dalam waktu lama. Sehingga baterai pun akan lebih awet.

4. Layar AMOLED Buat Pengalaman Bermain Jadi Mengesankan

kelebihan ROG Phone 7
Selain baterai, layar yang memadai akan menambah pengalaman bermain lebih mengesankan. Seri ROG Phone 7 ini menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan akurasi warna Delta E <1. Sehingga membuat visual semakin mengangumkan.

Ponsel seri ini juga akan tetap nyaman ketika dimanikan di luar ruangan karena memiliki tingkat kecerahan hingga hingga 1.500 nits. ASUS juga bekerja sama dalam menghasilkan tampilan yang memukau dengan perusahaan pemrosesan visual Pixelworks®.

Menariknya, ponsel ini juga memiliki fitur perangkat lunak X Sense dan X Capture, yaitu fitur yang dapat mendeteksi peristiwa penting yang terjadi pada layar. Seperti saat kamu mendapatkan item baru maka X Sense akan memberikan efek visual yang menarik. Sedangkan X Capture akan merekam secara otomatis momen kamu ketika mengalahkan musuh atau saat kamu menang.

5. Nikmati Bermain Game dengan Kualitas Premium Sound Dirac

perbedaan ROG Phone 7
Bermain game rasanya kurang pas kalau nggak ada sound yang mengesankan. Seri ROG Phone 7 dibekali speaker kembar pada bagian depan. Speaker ini memiliki volume 50% lebih efektif dari sebelumnya.

Pengalaman lebih menyenangkan bisa kamu dapatkan dengan subwoofer pada AeroActive 7 yang membuat volume bass meningkat hingga 77%. ASUS bekerja sama dengan Dirac (pakar audio) membuat jack headphone 3.5 mm dan Dirac Virtuo™ For Headphone dapat menghasilkan suara spasial seperti teater.

6. Rasakan Pengalaman Bermain Seperti Console dengan Airtriggers

airtriggers rog phone 7
Ada yang suka main game console? Ternyata ya console pun dapat digitalisasi oleh ASUS. keren banget dan saya baru tahu kalau ponsel ini super canggih dengan adanya kontrol ultrasonik AirTrigger yang membuat pengalaman bermain seperti memegang konsol. Fitur ini mendukung gerakan, Press and Lift, Dual Action, dan Gyroscope Aiming.

Nggak hanya itu, ponsel ini juga memberikan 10 kontrol gerak, motor linier sumbu X, hingga adanya fitur Vibration Mapping yang membuat kamu dapat merasakan tombol virtual di layar secara nyata.

7. Abadikan Momen dengan Kamera Sensor Sony

kamera rog phone 7
Zaman sekarang camera sudah menjadi kebutuhan mutlak sebuah ponsel. Dengan sepsifikasi di atas, seri ROG Phone 7 juga dibekali camera utama 50 MP dengan sensor utama Sony IMX766, 13 MP Ultrawide-angle, dan 5 MP Macro. Sedangkan untuk kamera selfie menggunakan Quad Bayer 32 MP.

Seri ROG Phone 7 dapat merekam video hingga 8K UHD (7680 x 4320) 24 fps dan 4K UHD (3840 x 2160) pada 30 / 60 fps. Ponsel ini juga dilengkapi 3-axis electronic image stabilization yang membuatmu dapat merekam video tanpa getaran.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata berdampak pada banyak hal termasuk cara kita bermain game serta munculnya profesi yang berkaitan. Saya kira, dampak teknologi ini hanya ada pada perubahan pola belanja masyakarat saja yang serba online hehe.

Mengetahui ada banyak atlet dan profesi esport membuat saya memiliki sudut pandang baru pada dunia game. Menurut saya bermain game itu bukan hal yang mudah. Karena membutuhkan skill khusus seperti strategi dan bahkan kerja sama tim pada beberapa permainan untuk dapat menang.

Mendukung mereka yang bercita-cita menjadi atlet esport dapat dilakukan dengan banyak hal. Kita bisa membantu mengarahkan dan memfasilitasi kebutuhan mereka. Salah satunya dengan memberikan ponsel gaming yang mumpuni.

Setelah baca spesifikasi ponsel gaming ini, tentunya kamu sudah tahu kan bakalan beli yang mana? Nah, kalau kamu tertarik ingin membeli seri ROG Phone 7 untuk hadiah kerabatmu atau bahkan untuk self reward diri sendiri, ada promo khusus sampai akhir bulan Juli 2023 ini saja lho.
promo rog phone 7

Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu :

1. Early Bird Promo : Periode tanggal 18-31 Juli 2023.

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah.

Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo : Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall.

Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah. 

Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.
review ROG Phone 7
Setelah mengetahui beberapa hal, pada akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan. Bermain game ini bukan hanya untuk menjadi gamer saja. Tetapi, ada banyak cakupan profesi lain di baliknya. Yang mana, dapat maksimal ketika seseorang paham dan ahli dalam game. Seperti halnya hobi lainnya.
Saya pun memutuskan untuk mendukung adik saya dengan cita-citanya yang ingin menjadi gamer seperti Jess No Limit. Toh, dia masih punya banyak waktu untuk explor berbagai hal. 

Meski dia pada akhirnya nggak bisa menjadi pro player, masih ada banyak profesi yang bisa dijalaninya yang berhubungan dengan dunia game. Yang penting dia bisa menjalani hal yang dia suka dan inginkan.

Hm, saya jadi teringat game Audition AyoDance yang dulu sering saya mainkan saat SD. Beberapa hari lalu saya memainkannya lagi dan rasanya seru banget! Apakah ini pertanda saya juga harus membeli ASUS ROG Phone 7?

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

***

Referensi:
1. https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-7/
2. https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20220216132351-178-759926/mengintip-gaji-cuan-dan-masa-depan-atlet-esports-indonesia/2
3. https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20220215211706-178-759645/alasan-esports-bisa-jadi-cabang-olahraga
4. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6164668/5-atlet-esports-indonesia-dengan-pendapatan-tertinggi-ada-yang-miliaran
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

19 comments

Farida Pane said…
Asyik ya profesi gamer itu. Udah seru, dapat duit, gawainya sekece ini lagi
Bunda Saladin said…
Pengen punyaa ASUS ROG Phone 7 inii yang RAM 16 sekalian, gede dan puas pasti makenya, apalagi batre juga awet.

Anakku juga pengen jadi gamer nih dan masa depan gamer menjanjikan yaa bahkan dianggap jadi atlet juga.
Bambang Irwanto said…
Ini dia ponsel gaming yang ditunggu-tunggu. RAM-nya sudah gede. Belum lagi kapasitas baterainya besar. Selain itu layarnya juga sudah besar ya, Mbak.
Luluk Sobari said…
Pernah nonton review seorang youtuber teknologi tentang HP keluaran ASUS. Ingat banget kalau ASUS ini nggak pernah main-maim kalua ngeluarin produk baru. Sampai ke desing pun selalu jadi perhatian. Dan terbukti di ASUS ROG Phone 7 ini, selain spesifikasinya cocok banget buat para gamer, desainnya juga keren dan cocok buat main game. Terlihat unik dan tangguh gitu.
Kanianingsih said…
asik ya sekarang bermain game bisa menghasilkan dan tentunya lebih positif karena ada berbagai ajang yang dilombakan membutuhkan kreatifitas
Lintang said…
Anakku juga suka banget ngegame. Apalagi kalua udah mabar ama temen2nya. Mau main FF bareng lah, mau jadi atlet esports lah. Makanya pilihan jatuh ke ROG Phone 7 buat dukung cita-citanya. Hahayy.
Eka FL said…
wah adiknya sama nih dengan anak saya yang pertama, dia juga sama kelas 3 SD dan bilang ke saya kalau dia pengen jadi gamers. antara senang tapi gimana gitu ya, karena dia udah punya skill main game yang bagus tapi masih perlu latihan mengendalikan diri. maksudnya? main game kadang bikin dia cepat marah dan kesal, bukan hanya itu dia juga belum bisa mengatur waktu antara belajar dan main game. bisa dibilang agak addict game sih. ini yang jadi PR bagi saya sebelum saya fasilitasi dia dengan ASUS ROG.
Triani Retno A said…
Yang nggak terbayang oleh generasi lalu nih, hobi ngegame bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan uang banyak. Pantes aja ASUS ngeluarin ROG Phone 7, jadi gamers juga makin bersemangat.
Adikku juga punya kecenderungan akan memilih gamer untuk profesinya. Dia sudah mulai banyak mencari tahu soal ini. Dan aku sepakat soal gadget bisa menentukan performa gamer. Secara, aku juga sesekali main game online sebangsa Mobile Legend. Hehehe
Eri Udiyawati said…
Ngegame saat ini bukan hanya buang waktu tapi juga bisa menghasilkan uang. Untuk menjadi gamers sejati memang kudu didukung perangkat yang mumpuni dan tahan banting. Salah satunya makai ASUS ROG Phone 7. HP yang keren banget saat ni
Didik Purwanto said…
Makin marak nih anak2 muda yg ingin berprofesi menjadi atlet gamers eSport. Emg cuan bgt sih kalo jago main game.

Nah salah satu syarat bs main game bgs ya krn gawainya yg mantap. Asus rog phone 7 ini emg mantap buat ngegame.
ANGGITA RAMANI said…
Gpp sih Mer kalo emang dia passionnya di game, asal diarahkan aja sama sesekali didampingi untuk usianya yang sekarang. Untung ada gadget yahg mendukung cita2 adekmu seperti si ROG phone 7 ini yak
Kyndaerim said…
Anak zaman sekarang mah kalo ditanyain apa cita²nya memang udah ngikutin zaman yah Mbak, wkwk.. Tapi nggak masalah sih, yg penting positif dan nggak ganggu belajarnya.

Fix lah ya Mbak De adiknya nih bakal jadi calon² atlet esport hebat kalo didukung sama ASUS ROG Phone 7 xixixi.
Dee_Arif said…
Bermain game tak hanya hobi, tapi bisa jadi profesi ya mbak
Apalagi kalau didukung gawai mumpuni seperti ASUS ROG phone 7 ini
Hamimeha said…
Sisi lain dari game ya mbak. Aku jadi ingat ponakanku yang senang banget ngegame awalnya sih iseng tapi kata ibunya dia ahli sekarang ini. Wah mungkin bisa diarahkan jadi atlet e sport ya
Monica Anggen said…
Luxxy itu terkenal banget di PUBG lho mana mainnya jago banget pantes udah jadi pro player terkenal. Ini juga jadi bukti gamer e-sport itu bisa jadi profesi menjanjikan. Kalo sudah go internasional gajinya pun besar.
lendyagassi said…
Main games kudu punya piranti yang kuat ya..
Dari segi visual sampai baterenya yang tangguh dan ga gampang abis. Kalaupun low batt, ada fast chargingnya. Uda paling nyaman pakai gadget gamingnya memilih yang terbaik di kelasnya, ASUS ROG Phone 7 Series nih.. Jadi main games selain buat qtime, juga kalau ditekuni, bisa menghasilkan.
e-sport juga sekarang jadi Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus tempat saya kerja kak, sebegitu besarnya animo orang-orang yang suka main games. Tapi harus didukung sama fasilitas yang mumpuni yaa, seperti ROG Phone 7 dari Asus
GE MAULANI said…
Kaaak ini ASUS ROG Phone 7 idaman banget buat main game dan kerja multitasking deh. Secara RAM nya gede. Terus memori internal 512 GB. Belum lagi ada coolernya.