Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

10 Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

2 comments
Makanan khas sunda

Jawa Barat adalah provinsi di Jawa yang terkenal dengan budaya dan tradisi yang kental. Provinsi ini memiliki beragam keunikan dan keindahan, mulai dari pegunungan yang menakjubkan, pantai eksotis, hingga suku yang kaya akan budaya dan kuliner, yaitu suku Sunda.

Sunda merupakan sebuah suku di Indonesia, yang memiliki kebudayaan yang kaya dan unik, seperti tari jaipong dan musik gamelan. Semua keunikan tersebut menjadikan Sunda sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

Suku yang satu ini terkenal akan keberagaman makanannya. Dari makanan berat hingga camilan, Sunda memiliki banyak kuliner yang patut dicoba ketika berkunjung ke daerah ini. Maka tak heran, ada banyak sekali tiket pesawat ke Jawa Barat terjual habis, baik itu dari turis lokal hingga mancanegara.

Apabila ingin main ke Jawa Barat, jangan lupa untuk coba makanan khas Sunda yang nikmat dan menggoyang lidah. Berikut adalah 10 rekomendasi makanan khas Sunda yang wajib dicicipi!

1. Nasi Liwet 

Nasi liwet makanan khas sunda
Nasi liwet adalah salah satu hidangan nasi khas Sunda yang memanfaatkan campuran santan, daun salam, dan rempah-rempah lainnya. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan pelengkap lauk seperti ayam goreng, ikan asin, atau tahu tempe. Selain itu, nasi liwet juga bisa disajikan dengan lauk lainnya yang sesuai dengan selera.

2. Ayam Goreng Kalasan

Resep ayam goreng kalasan
Ayam goreng kalasan juga merupakan salah satu hidangan khas Sunda yang terkenal dengan cita rasa rempah-rempahnya yang khas. Ayam goreng kalasan ini dimasak dengan bahan dasar ayam dan bumbu-bumbu seperti lengkuas, daun salam, dan kunyit. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi, sehingga memberikan cita rasa yang semakin lezat.

3. Soto Bandung

Soto bandung
Soto bandung adalah salah satu hidangan khas Sunda yang terbuat dari kaldu daging sapi dengan tambahan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, dan merica. Untuk penyajiannya sendiri, hidangan ini biasanya dilengkapi dengan mie kuning, tauge, dan ketupat. Selain itu, soto bandung juga biasanya disajikan dengan pelengkap seperti jeruk nipis, bawang goreng, dan sambal.

4. Pepes Ikan

Cara masak pepes ikan
Pepes ikan adalah salah satu hidangan khas Sunda yang terkenal dengan cara pengolahannya yang unik. Ikan yang digunakan dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu-bumbu seperti daun salam, cabai, dan kemiri. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, sehingga memberikan sensasi rasa yang semakin nikmat.

5. Sate Maranggi

Sate maranggi bandung
Sate maranggi adalah salah satu hidangan sate yang khas dengan bahan dasar daging sapi. Daging sapi tersebut dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan jahe, kemudian dipanggang dengan arang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan kuah kacang, sehingga semakin membuat lidah bergoyang.

6. Cireng

Jajanan khas sunda
Cireng adalah salah satu camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bawang putih dan daun bawang. Camilan ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau sambal, sehingga memberikan variasi rasa yang semakin lezat.

7. Es Duren

Es durian
Es duren adalah salah satu minuman dingin yang sangat segar dan cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari. Minuman ini terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan susu kental manis, sirup, dan es batu. Es duren ini sangat populer di kalangan masyarakat Sunda, terutama saat musim panas tiba.

8. Batagor

Rekomendasi batagor
Batagor juga merupakan salah satu camilan khas Sunda yang sangat lezat. Camilan ini terdiri dari bakso ikan yang dibalut dengan kulit pangsit dan digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus asam manis, sehingga memberikan rasa yang semakin nikmat.

9. Lotek

Lotek
Lotek adalah salah satu salad khas Sunda yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, taoge, dan kol. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang dan kerupuk, sehingga memberikan rasa yang semakin beragam.

10. Kue Ape

Kue ape
Kue ape adalah salah satu kue khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula pasir, sehingga memberikan sensasi rasa yang semakin lengkap.

Itulah 10 rekomendasi makanan khas Sunda yang wajib dicoba. Selain enak, makanan-makanan ini juga memiliki cita rasa yang khas dan unik. Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Barat, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner yang ada di daerah ini.

Beli tiket pesawat ke Jawa Barat hanya melalui Traveloka! Dapatkan diskon dan harga menarik untuk liburan makin asyik. Selamat mencoba!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

fanny_dcatqueen said…
Aku tuh kalo udh bingung mau makan di mana, restoran Sunda comes to rescue 😄😄😄. Kenapa suka kulinernya, Krn banyak lalapan dan sambal orang Sunda ga pernah failed. Selalu enaaaaaak dan pedas😄😄😄👍

Makanan lainnya sih aku juga suka mba, Trutama kayak batagor, aneka es nya, bakso orang Sunda juga enak. 🤤

Dah lama ga ke Bandung nih mba, pengen sih kesana lagi. Biasanya aku naik mobil, tp melihat macetnya ampun makin lama, jadi pengen cobain naik kereta api cepat nya itu. Udah beroperasi kan yaa. Blm aku cek sih apa tiketnya juga dijual di trvlk atau ga.
PWWidayati said…
paling suka sama pepes, cireng dan batagor, yang nomor 1 namanya sama kayak di daerah saya di jawa tengah mbak, tapi beda masakan sih, yang nomor 2 mirip nama masakan asal jogja ya yang ini saya belum pernah makan yang versi sundanya.