Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Masih Ragu? Coba 7 Tips Solo Traveling Ini Biar Nggak Kagok

38 comments
tips liburan untuk pemula
Temen-temen ada yang kemarin berburu promo 17an nggak? πŸ˜†

Salah stau hal yang bikin saya happy di hari kemerdekaan selain karena Indonesia lepas dari jeratan penjajah adalah karena banyak promo di hari tersebut hehe😜. Daaaaan, saya kemarin kebetulan banget dapat tiket kereta eksekutif murah cuma Rp78.000 aja bestie! Hihi.

Cara Dapat Tiket Kereta Murah

promo tiket kereta murah
Sebenernya ini sangat nggak disengaja. H-1 saya lihat pengumuman di Instagram KAI kalau mereka bakalan ada promo tiket kereta seharga Rp78.000 di beberapa tujuan. Waktu iseng ngecek, dari Surabaya ada 3 tujuan keberangkatan, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta.
Hm, boleh juga nih udah lama nggak healing
Dari ketiga tujuan tersebut, saya lebih memilih Yogyakarta karena…..gpp sih suka aja haha 🀣 Nggak ding, saya pengen mengunjungi beberapa book cafe Yogyakarta yang seliweran di TikTok dan Instagram.

Long story short, cara dapat tiket kereta murah kali ini adalah saya pastikan nama kereta dan lokasi tujuan terlebih dulu. Setelahnya saya set reminder di kalender hp 5 menit sebelum jam di hari promo. Asli, kali ini tuh saya nggak begitu berharap dapat. Kalau dapat alhamdulillah, kalau nggak ya udah. Nothing to lose aja gitu πŸ™ƒ

Setelah ngeset reminder, saya buka apliaksi KAI di tanggal yang saya pengen berangkat dan cari jam yang sesuai. Selain di tanggal yang saya pegen, saya juga cek di tanggal yang lainnya sebagai alternatif. Maklum yak, namanya juga promo pasti cepet ludesnya. Setelah yakin bakal pilih hari dan jam yang sesuai saya udah tenang. Besoknya tinggal war deh.

Follow akun media sosial akomodasi ini emang penting banget buat kamu yang pengen dapat promo tiket, pesawat, atau penginapan supaya nggak ketinggalan informasi penting hihi. Karena saya suka naik kereta, jadi saya follow akun KAI. Ada yang demen naik kereta juga? Yuk, kita bikin group WA! (?) πŸ€ͺ

Tips Solo Traveling untuk Pemula

Kalau diingat-ingat, sebenarnya saya lebih sering melakukan solo traveling. Rasanya buat saya lebih sat set dan tenang aja sih haha. Eh, tapi bukan berarti saya nggak suka traveling bareng ya. Kadang memang ada momennya di mana strolling around the city paling enak dilakukan sendirian. Apalagi kalau kepala lagi ruwet (curhat🀭).

Ada banyak banget manfaat solo traveling yang bisa kamu dapatkan. Banyak yang bilang kalau solo traveling itu wajib dilakukan seenggaknya satu kali dalam seumur hidup. Kenapa? Supaya kamu bisa lebih mengenal diri sendiri
Nyaman nggak sih kamu kalau sendirian? Apa sih yang bakal kamu lakukan kalau sendirian? Dan biasanya banyak banget hal-hal yang baru kamu tahu tentang dirimu sendiri.
Nah, buat kamu yang pengen cobain solo traveling, supaya nggak kagok kamu bisa cobain tips solo traveling untuk pemula di bawah ini. Yuk, catat dulu dan cobain kemudian~ 🌻

1. Pilih Destinasi

tips solo traveling untuk pemula
Tips solo traveling yang pertama adalah pilih destinasi. Nggak usah yang terlalu jauh dulu. Coba deh cari tempat wisata yang bisa untuk one day trip. 

Karena untuk beberapa orang pergi sendirian itu cukup berat. Terutama yang nggak pernah pergi sendirian sama sekali kayak ke mall, nonton, atau makan di restoran sendirian. 

Memilih tempat wisata terdekat bisa memudahkan kamu segera pulang kalau merasa nggak nyaman. It’s okay semua butuh proses kok 🌼

2. Riset Tempat Wisata

Melakukan riset di tempat tujuan ini juga penting banget. Supaya kamu tahu apa yang akan kamu lakukan di sana. Kalau yang biasa saya lakukan adalah riset transportasi apa yang bisa saya gunakan, apakah bisa pakai bus atau harus menggunakan kendaraan pribadi.

Biasanya saya juga akan membuat list tempat wisata yang akan saya kunjungi. Riset rekomendasi tempat makan dan tempat solat ini juga nggak kalah penting, bestie. Karena perut kenyang, hati tenang! 😜 Haha. Apalagi yang punya maag nih, jangan lupa perhatikan jam makan.

3. Buat Itinerary

membuat itinerary
Setelah tahu tempat yang akan dituju, barulah kamu bisa membuat itinerary. Sebagai mantan traveler spontan tanpa tujuan, menyusun itinerary ini sangat efektif menghemat waktu. Supaya nggak menyesal menghabiskan waktu terlalu lama kebingungan di tempat wisata. 

Itinerary ini bisa mencakup waktu, tempat wisata tujuan, tempat istirahat, tempat makan dan berapa lama, penginapan, sampai transportasi yang digunakan.

4. Buat Anggaran

Salah satu manfaat membuat itinerary adalah kamu bisa membuat estimasi pengeluaran yang sesuai dengan anggaran liburan yang sudah kamu tentukan. Buatlah anggaran liburan sedetail mungkin hingga pengeluaran terkecil termasuk parkir. 

Anggaran juga membantu kamu membuat prioritas. Apakah kamu ingin menghabiskan budget lebih di penginapan, tempat wisata, experience, atau kuliner? Tentunya kamu nggak mau kan pulang liburan bukannya fresh tapi malah pusing dan menyesal?

5. Packing Sesuai Kebutuhan

tips packing
Ada yang kalau pergi maunya bawa semua barang di rumah? Kalau iya kita sama hahaπŸ˜…. Dulu saya sulit sekali memilih barang yang benar-benar saya butuhkan. Karena dulu saya seringkali berpikir, “Siapa tahu nanti dipake” yang sebenarnya berujung nggak dipake juga haha. 

Untuk memudahkan packing, coba intip lagi itinerary yang kamu buat. Sesuaikan pakaian dan berbagai barang untuk mendukung kegiatanmu. Hindari membawa barang berlebihan karena akan merepotkan kamu selama perjalanan. Inget, perginya sendirian lho hihi.

6. Perbanyak Foto dan Video!

Kalau kata orang no picture hoax. Karena manusia juga bisa lupa, jadi usahakan kamu mengambil foto dan video sebanyak-banyaknya. Tulis di blog juga bisa banget lho πŸ˜‰
Buat pengalaman pertama solo traveling kamu berkesan dan membanggakan❤️ Suatu saat nanti kamu bakalan bangga dengan dirimu sendiri yang sudah berani traveling sendirian.

7. Enjoy The Moment!

Tips solo traveling untuk pemula
Tips solo traveling untuk pemula yang terakhir adalah enjoy the moment! Yup, kamu bisa menikmati setiap langkah perjalanan sendirian pertamamu. Apakah kamu deg-degan, gelisah, takut, atau justru excited?

Coba deh kamu mengobrol ringan dengan orang di sebelahmu. Ini adalah hal yang paling saya suka dari solo traveling. Bisa ngobrol dengan orang baru dan lebih bisa memperhatikan sekitar. Kalau sama rombongan kan biasanya kita jadi cenderung ngobrol dengan teman aja yak?

Kesimpulan

Solo traveling itu nggak menakutkan dan nggak menyedihkan kok. Dan bukan berarti individual juga.
Kadang kita perlu waktu untuk sendirian. Memang nggak harus pergi jauh untuk mengenal diri. Tapi, dengan solo traveling ke tempat yang jauh kita bisa lebih memahami batasan kita. Semakin jauh kita dari zona nyaman, semakin kita mengenal diri dari ketakutan dan kekhawatiran yang terpendam.

Menurut saya, solo traveling juga bukan soal menceklis semua tujuan. Tapi, lebih ke proses perjalanannya. Interaksi dengan lingkungan dan dialog dengan diri sendiri. Daaan jangan terlalu kesal atau kecewa saat sesuatu nggak berjalan sesuai rencana. Karena yang namanya traveling mah kita nggak bisa selalu memastikan semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Tul, nggak?

Nah, perjalanan solo traveling ke mana yang paling berkesan buatmu?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

38 comments

  1. Aku tuh passionnya memang traveling mba. Tapiiii ga suka samasekali solo traveling πŸ˜…. Udh pernah aku coba, sekali, dan gagal 🀣🀣.

    Jadi waktu itu nekad PGN cobain ah jalan sendiri tanpa suami atau temen2 yg biasa aku jalan bareng. Ga ush LN deh, cukup Palembang. Baru 1 malam, di hotel aku udh gelisah 🀣. Memang ga nyaman samasekali. Yg ada aku telp suami, minta dia nyusul besok, secepatnya πŸ˜….

    Aku mungkin introvert, tapi aku ga suka kali ga ada temen bicara 😁. Kan bisa kenalan Ama orang baru, nah itu susah buatku. Mungkin Krn aku tipe yg curigaan. Jadi kalo ada orang ga aku kenal mendekat ngajak kenalan, aku LGS menghindar. Ga percaya dia baik πŸ˜„.

    Setelah pengalaman sekali itu, aku ga tertarik lagi solo traveling. Wajib ada temen. Kalopun suami dan temen2 ga bisa ikut, aku pake travel. Kalo kenalan Ama orang baru di travel itu beda. Aku ga curiga Krn toh sama2 pakai travel yg sama 😁

    ReplyDelete
  2. Saya juga kemarin berburu tiket 78 ribuan itu, Mbak. Tapi saya ga kebagian tujuan Kebumen. Jadi gagal mudik hahaha.
    Dan saya juga suka solo traveling, Mbak. Karena lebih bebas mau ke sana ke sini. lama atau sebentar sesuka hati. Lebih maksimal ambil foto dan videonya. Untuk urusan bawa pakaian, memang seperlunya yang sangat dibutuhkan saja, Mbak. Lainnya bisa beli di jalan. Apalagi sekarang laundry ekspress sudah ada di mana-mana hehehe

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah solo travelling, tapi seandainya saya solo travelling hal yang ga akan saya lupakan buat bawa adalah spray merica buat jaga2 kalo ada yang berniat tidak baik, bawa tripod yg ada fitur bluetooth-nya jadi bisa ambil foto2 atau video sendiri, dan bawa alat kompres kemasan pakaian biar pakaian lebih gampang masuk ke tas :D

    ReplyDelete
  4. hal yang paling penting saat liburan memang enjoy the moment. Melepaskan segala penat yang ada. Menikmati kuliner di tempat baru juga. Harusnya bikin kita fresh setelah solo traveling. Iya nggak sih?

    ReplyDelete
  5. Sebagai si semi-semi introvert, konsep solo traveling masih agak jauh dari niatanku sih, wkwk.. But, suatu saat pengen juga nyoba berkelana sendiri. Apalagi kalo tempatnya ya masih yang deket-deket aja, its okeylah.

    Maybe next, bisa ikuti tips di atas, bikin rencana dan persiapan yang smateng mungkin, biar nggak kagok, xixixi..

    ReplyDelete
  6. Sepertinya saya belum pernah solo traveling, selain ke mal. Apalagi sekarang ada anak, pastinya mereka pada mau ikut. Moga suatu hari nanti bisa nyobain 😁

    ReplyDelete
  7. Saya sih kalau solo travelling selalu milih nginep di hostel. Selain harga lebih murah juga bisa dengar dan diskusi dengan berbagai karakter orang. Kayak waktu ke Aonang. Seru banget dapat insight dari banyak bule luar agar bisa tetap traveling dan punya penghasilan

    ReplyDelete
  8. Noted banget nih. Saya belum pernah solo travelling yang beneran travelling. Kemarenan sambil kerja. Nabung, nabung, semangaaat hehehe

    ReplyDelete
  9. HIks, mimipi saya bisa solo traveling, tapi gak pernah kesampaian. Terima kasih tipsnya Kak, mungkin nanti bisa saya coba, biar saya gak cuma bermimpi untuk bisa solo traveling, tapi juga bisa mewujudkannya.

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah Solo Traveling. Kayaknya sih asyik nih. Bisa jalan-jalan sendiri, makan sendiri. Bisa hemat budget pula. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Cocok banget buat para traveler pemula dan ingin mencoba menjadi solo traveler, pasti bakal jadi pengalaman tak terlupakan dan pastinya wajib banget membaca tips tips traveling ini

    ReplyDelete
  12. Hah! Kok aku ketinggalan info ini siii. Padahal aku uda rencana mau ke Bandung naik gujess lho. Aku lama juga nih ga solo traveling. Baca tulisanmu jadi semangat lagi lho aslii. Pengen bikin itinerary lagi buat diri sendiri. Tapi kapan? Hahaha.

    ReplyDelete
  13. Baca tipsnya sesuatu juga bisa diterapkan nih. Daku belum pernah solo traveling. Dan sepertinya tetep milih untuk rame² kalau traveling hehe

    ReplyDelete
  14. Solo traveling kalau direncanakan dengan matang jadi seru banget ya.
    Bukan tentang seberapa banyak ceklist tempat yang dituju tapi menikmati momen selama perjalanannya.

    ReplyDelete
  15. Jadi kangen solo traveling, nih! Btw beruntung banget nih dapat tiket promo cuma 78k ya Allah, langka banget itu. Biasanya juga ada pas momen Kartini, dulu aku pernah digratiskan khusus perempuan

    ReplyDelete
  16. Yogyakarta adalah tempat yang indah, kampung Ayah saya yang sudah lama tidak saya kunjungi, padahal belum semua spot pariwisata disana yang saya singgahi. Terimakasih info dan referensi solo traveling nya.

    ReplyDelete
  17. Hahaha bener banget, perbanyak foto dan video buat dipost nantii wkwkw.
    aku juga kayak gitu, meskipun sejak nikah solo traveling itu jadi hal yang langka. Sekali doang dalam 4 tahun terakhir, itu pun ngga traveling yah wkwkw pagi berangkat malam dah sampe rumah lagi

    ReplyDelete
  18. Betul sekali, prosess sebelum berangkat sampai pulang dengan segala keriwehannya memberikan pengalaman yg sangat berharga buat diri kita.

    ReplyDelete
  19. Kdg tuh kalo solo traveling gt lbh enak pny kenalan dgn org lokal. Jd bs ditemani ke sana kemari. Tp kalo lbh nyaman sendiri, ya lbh enak on the spot aja. Lbh menikmati jalan2 sendirinya. Itu kalo ga suka destinasi khususnya ya. Kan yg pntg perjalanannya. Dmn pun destinasinya bakal nyaman aja sih. Dan jgn lupa bujet wkwk

    ReplyDelete
  20. Yesss bener banyak promo hehhehe, lumayan kan kalau dapat bisa dipakai untuk liburan akhir tahun nanti. Duh, ngomong-ngomong akhir tahun jadi pengen traveling tapi kemanaa yaaahhhh

    ReplyDelete
  21. Solo traveling belum pernah sih, tapi kalau perjalanan dinas sekalian travelling pernah beberapa kali. Eh kalau kayak gini masuk solo travelihg ga ya? . Solo travelling ga kalah seru sama rame-rame ya, Kak.

    ReplyDelete
  22. Iyaah, sama.
    Suka semua muaaa pengen dibawa. Masa cuma travelling 3 hari, bawaan kek seminggu? Kan BT yaa.. hihihi.. untungnya makin kesini, makin pro. Eaa...
    Kudu sering-sering solo travelling ini mah.. Hihihi~

    Berburu tiket mure dan masih kebagian tuh rejekiii pisaaan..
    Happy Holiday!

    ReplyDelete
  23. Wah keren bgt mbak solo travelling. Aku emang kemana² sendiri juga jadi, tapi kalau Travelling sendiri gini aku gak berani, wkwkwk gada temen ngobrol πŸ˜…πŸ˜‚

    Hari kemerdekaan emang suka banyak promo ya sampai harga tiket kereta api. Jauh bgt lagi dari harga aslinya . Senangnyaaa 😍

    ReplyDelete
  24. Beberapa daerah di Indonesia sangat bersahabat dengan solo traveler pemula. Gampang diakses pula dengan keberadaan moda transportasi yang hampir semua ada. apalagi sekarang transportasi umum di Indonesia rata rata sudah sangat nyaman. BTW aku juga kemaren dapet beberapa promo kemerdekaan dan siap untuk solo traveling juga

    ReplyDelete
  25. Minggu besok aku mau Solo traveling. Gak jauh sih. Ke Surabaya aja. Tapi ini bakalan jadi momen pertama aku pergi sendiri tanpa anak anak. Eh pernah sih sebelumnya tapi masih ada temen dr Malang. Nah besok ini aku beneran sendirian. Semoga nyampe dengan selamat. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik banget Mbak Indah. Semoga lancar ya perjalanannya. Jadi pengen ikutan rencanain solo traveling kemanaa gitu, hihihi..

      Delete
  26. Aku berniat mau solo Travelling ke jogja, at least 3-5 hari lah. Kayanya seru aja gitu naik bus yang sleeper gitu. Aku penasaran pengen naik sleeper bus sama sleeper train sih. Semoga dalam waktu dekat kesampaian solo traveling gini

    ReplyDelete
  27. Solo travelling tuh salah satu bucket list yang entah mau kapan dilakukan. Walaupun sudah sering pergi jauh keluar kota sendiri, tapi selalu ada yang dituju seperti acara atau sudah pasti ada teman tidurnya di tempat tujuan.
    Terima kasih ya Kak tipsnya disimpan untuk nanti kucoba kerjakan.

    ReplyDelete
  28. Seumur2 belum pernah solo traveling tapi sudah memasukan ini ke dalam list yang harus kulakukan saat hidup. Kayaknya bakal banyak yg didapat dengan solo traveling, mengandalkan diri sendiri seutuhnya, bakal boosting kepercayaan diri juga.

    ReplyDelete
  29. Aku belum pernah nih solo traveling. Belum cukup punya nyali untuk Jalan sendirian. Aku tipe yang kurang pede di ruang public sendirian, rasanya gimana gitu gak Ada yang diajak ngobrol. Agak susah juga adaptasi dengan orang yang Baru dikenal. Tapi sepertinya Aku mulai tertarik nyobain solo traveling setelah baca ini

    ReplyDelete
  30. seru banget pasti ya solo traveling itu, kita bisa puas menjelajah sesuai keinginan dan rencana kita tanpa mencocokkan kebiasaan orang lain hihihih tapi harus berani dong ya kalau mau solo traveling.
    moga nanti suatu saat bisa solo traveling juga, dari dulu sebenarnya pengen tapi yang adanya takut jadilah cari teman dan ikut rombongan teman malah pernah :D

    ReplyDelete
  31. Kemarin sempat lihat promo 78.000 di KAI eh udah nyoba tapi ga dapet hehe.
    Untuk itinerary dan anggaran tuh kadang kelewatan, asal pergi dan asyik-asyikan aja eh lupa eh habis aggaran hihi

    ReplyDelete
  32. Aiiih udah lama bgt nggak solo traveling hihi. Btw udah ke Jogjanya kak? Mau baca blog postnya kalau ada hihi. Aku pas kemarin ada info promo gini pas nggak rute yg cocok, pdhl lumiyin bgt soalnya skrg tiket kereta goshow aja makhaaal :D perihal ambil foto banyak2 aku setuju bgt krn pernah ambil seadanya trs nyeseeel wakakakak

    ReplyDelete
  33. Buat ittinery sih yang paling penting, biar rencana travelingnya sesuai rencana dan tentunya budget yang dimiliki

    ReplyDelete
  34. dari dulu pengen banget solo traveling. Tapi aku terkadang mikir, kalau aku sendirian kira-kira aman gak ya. Kebetulan aku orangnya gak pandai bergaul sama orang baru. Makanya sampai sekarang masih mikir seribu kali buat solo traveling huhu. thank you kak tipsnya

    ReplyDelete
  35. Kayaknya solo traveling tuh ngeri2 sedap ya mba, ngeri krn sendiri tapi sedap jg krna nggak ada beban tanggung jawab ke orang lain. Tapi, kayakny ku belum mampu solo travelong deh, berdua ama Paksu kek.y asik.

    ReplyDelete
  36. KOk bisa sih gitu dapat harga yang murah.Belum pernah saya kalau berbru tiket dapat harga fantastis murah begitu. Untksolo traveling, saya jujur saja masih ngeri membayangkannya .Saya tetep perlu teman, seenggaknya untuksekedar teman ngobrol dan berbagi pikiran.

    ReplyDelete
  37. Wahhh yang paling berkesan sih yang sekarang ini, berniat ingin traveling aja tapi melihat suasana kota yang nyaman, banyak tempat wisata yang menarik sampai ke kuliner yang juga cocok di lidah malah jadi tempat tingggal sendiri di negeri orang hha

    ReplyDelete

Post a Comment