Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

[Review Skincare] Cuaca Lagi Panas-Panasnya, Cobain Pakai Scarlett Whitening Sunscreen Sun Bright Daily SPF 50 PA+++!

1 comment
review sunscreen scarlett
Ada yang daerah rumahnya sudah hujan?

Lucky you! Saya di Surabaya belum ngerasain hujan sama sekali huhu. Eh, sempet sih sekali aja tapi. Cuaca belakangan justru terasa panaaaaas banget. 

Kalau biasanya saya doyan banget keluar rumah. Belakangan mager parah hehe. Kalau pun terpaksa keluar, saya nggak lupa pakai sunscreen hihi.

Kalian nggak lupa pakai sunscreen kan? Eh, atau lebih suka pakai sunblock?

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Sebagai negara yang berada di area tropis, bisa dibilang kita jadi lebih mudah mendapatkan vitamin D. Kita nggak perlu repot-repot konsumsi vitamin karena kita tinggal keluar rumah untuk berjemur.

Orang barat bahkan rela berjemur di Bali sampai berjam-jam demi mendapatkan sinar matahari. Tapi, apakah sinar matahari selalu baik untuk kulit?
Sinar matahari adalah sumber utama radiasi ultraviolet (UV) yang mencapai kulit kita. Meski baik, paparan UV yang berlebihan bisa merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit serta penuaan dini. Untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV, banyak orang mengandalkan produk seperti sunscreen dan sunblock.
Tapi, apakah kamu tahu perbedaan sunscreen dan sunblock? Nah, supaya kamu nggak tertukar dan bisa melindungi kulit sesuai kebutuhanmu, coba deh simak beda sunscreen dan sunblock di bawah ini.

perbedaan sunscreen dan sunblock

1. Cara Kerja

Sunscreen adalah produk pelindung matahari yang bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian dilepaskan dari kulit. Ini merupakan solusi yang lebih populer dan lebih ringan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Sedangkan sunblock adalah produk pelindung matahari yang bekerja dengan menciptakan lapisan fisik pada kulit untuk menghalangi sinar UV. Ini biasanya mengandung mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida.

2. Tekstur

Dari segi tekstur, sunscreen umumnya memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit. Berbeda dengan sunblock yang memiliki tekstur lebih kental sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menyerap di kulit.

Kalau kamu pernah mencoba keduanya, kamu pasti bisa merasakan kalau sunblock umumnya terasa sedikit lebih gerah saat dipakai karena teksturnya yang lebih kental.

3. Kandungan

Sunscreen bekerja dengan kandungan bahan kimia yang menyerap sinar UV, seperti oksibenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, dan homosalate

Ketika sinar UV bersentuhan dengan kulit yang telah dioleskan dengan sunscreen, bahan kimia tersebut menyerap sinar tersebut dan mencegahnya merusak kulit.

Sunblock menciptakan lapisan fisik pada kulit yang berfungsi seperti perisai, yang memantulkan sinar UV. Mineral dalam sunblock tidak diserap oleh kulit dan bekerja dengan menghalangi sinar UV sebelum mereka mencapai kulit.

4. Kelebihan

Sunscreen:
- Lebih ringan dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.
- Tersedia dalam berbagai formula, termasuk yang bebas minyak, yang cocok untuk berbagai jenis kulit.
- Dapat digunakan di bawah makeup.


Sunblock:
- Sangat efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV, bahkan dari sinar UVB dan UVA.
- Cocok untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan kimia yang menyerap ke dalam kulit.
- Tahan air dan tahan lama.

Nah, setelah memahami perbedaan sunscreen dan sunblock di atas, tentunya kamu udah tahu dong mana yang sesuai dengan aktivitasmu? Sunscreen lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari buat kamu yang ingin perlindungan ringan.

Sementara itu, sunblock adalah pilihan yang baik untuk kamu yang membutuhkan perlindungan tingkat tinggi, terutama di bawah sinar matahari yang kuat. Kalau saya pribadi, lebih sering menggunakan sunscreen karena aktivitas saya lebih banyak indoor hehe.

Belakangan saya lagi coba sunscreen ringan yang cocok banget dipakai untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal to dry, lho! Yuk, kepoin review sunscreen Scarlett yang satu ini!

Scarlett Whitening Sunscreen Sun Bright Daily SPF 50 PA+++

manfaat sunscreen

Harga: Rp 62.000
Netto: 50 ml
BPOM: NA 18231700359

Sebagai sunscreen yang ringan, saya suka banget dengan kandungan sunscreen Scarlett ini. Dibuat untuk jenis kulit normal to dry, sunscreen Scarlett yang satu ini punya kandungan yang tetap bisa menjaga kelembapan kulit kita.

Nggak hanya itu, sunscreen Scarlett ini juga memiliki kandungan Blumilight sebagai proteksi kulit wajah dari radiasi blue light, yang berasal dari gadget dan elektronik. Nah, cocok nih buat kamu yang bekerja di depan layar selama berjam-jam. 

Sunscreen nggak hanya dipakai saat keluar rumah lho. Kamu tetap pakai sunscreen meski di dalam rumah kan?

Aloe Barbandensis Leaf Extract

  • Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah
  • Membantu menenangkan kulit akibat iritasi ringan
  • Menjaga kulit tetap lembap

Allantoin

  • Menenangkan kulit
  • Menjaga kulit tetap halus, lembut, dan lembap
  • Menghidrasi kulit

Bisabolol

  • Menjaga kulit tetap terhidrasi
  • Mencegah kulit mengalami penuaan dini akibat efek buruk sinar matahari
  • Menenangkan kulit akibat iritasi
  • Membantu melawan bakteri penyebab jerawat

Vitamin E

  • Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV
  • Membantu menenangkan kulit
  • Menjaga kulit tetap lembap

Arisaema Amurense Extract (Phyto Whitening)

  • Mencerahkan kulit
  • Menyamarkan noda hitam pada kulit wajah

Pro Vitamin B5 (Panthenol)

  • Menjaga kelembapan kulit
  • Menenagkan kulit

Glycine Soja (Soybean) Oil

  • Menyamarkan noda hitam
  • Meratakan warna kulit
  • Melindungi kulit dari paparan buruk sinar UV
  • Menjaga kulit tetap lembap

Packaging

harga sunscreen
Scarlett Whitening Sunscreen Sun Bright Daily ini dikemas dengan menggunakan packaging tube berukuran 50 ml. Buat saya ini ukurannya cukup dan travel friendly. Nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil. 

Apalagi, harga sunscreen di bawah 100ribu. Bisa banget buat jadi solusi untuk teman-teman yang lagi cari rekomendasi sunscreen ringan dan terjangkau.

Review Sunscreen Scarlett

review sunscreen
Kesan pertama waktu saya pakai sunscreen Scarlett ini adalah terksturnya yang terkesan thick dan bakalan bikin tone up. Tapi, ternyata mudah untuk diratakan dan cepat meresap di kulit. Teksturnya juga ringan dan nggak terasa lengket di kulit.

Teksturnya cream gel berwarna soft yellow. Sunscreen Scarlett ini nggak memiliki aroma jadi bakalan aman untuk kamu yang sensitif dengan fragrance. Setelahnya juga nggak ada whitecast dan nggak bikin tone up di kulit.

Saya suka pakai sunscreen ini karena sunscreen ada efek melembapkan. Apalagi cuaca Surabaya yang lagi panas-panasnya dan bikin kulit saya kering. Untungnya kulit kering saya terselamatkan dengan reapply sunscreen ini setiap 3 jam.

Selain itu, Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini juga punya efek glowy yang bikin kulit saya jadi terlihat sehat dan terhidrasi dengan baik. Cukup 2 ruas jari saya bisa mendapatkan instant cover dengan finishing kulit super moist, no whitecast, tidak lengket dan glowing! Hihi.

Kesimpulan

rekomendasi sunscreen di bawah 100ribu

So far, saya nyaman banget pakai Scarlett Whitening Sunscreen Sun Bright Daily SPF 50 PA+++. Teksturnya yang ringan, melembapkan, dan adanya efek glowy jadi point plus karena sesuai dengan kebutuhan kulit saya.

Adanya Triple Protection Sunscreen (UVA, UVB, dan Blue light) dengan kandungan SPF 50 PA +++ dan Blumilight juga bikin saya jadi makin suka dengan sunscreen Scarlett ini. Kulit saya tetap akan terlindungi meski bekerja berjam-jam di depan layar.

Manfaat sunscreen juga bisa saya dapatkan karena sunscreen ini juga dilengkapi dengan Broad Spectrum Sunscreen untuk cegah sunburn, kerutan, flek hitam, hingga kanker kulit

Nggak hanya itu, sunscreen terbaik ini diperkaya dengan Bisabolol dan Allantoin yang tidak membuat iritasi dan aman untuk kulit sensitif.

Nah, kalau kamu lagi cari rekomendasi sunscreen di bawah 100ribu yang ringan, kamu bisa banget cobain sunscreen Scarlett ini. Kamu bisa pesan di Scarlett Official Store supaya kamu nggak tertipu produk abal-abal. Untuk cek keaslian produk kamu bisa kunjungi link keaslian produk Scarlett.

Setelah baca perbedaan sunscreen dan sunblock di atas, kamu tim sunscreen atau sunblock?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

Ainun said…
aku usahakan kalau nyari sunscreen yang ringan juga mbak, kayaknya kalau terlalu berat, di wajah jadi nggak bagus juga, soalnya aku timpa sama bedak