Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Cegah Pengeroposan Tulang, Yuk, Konsumsi Susu Kambing Etawa

13 comments
manfaat susu kambing etawa
Dari kecil saya suka banget minum susu. Bahkan, kalaupun nggak sempat sarapan, ibu selalu mewajibkan saya dan saudara saya untuk menghabiskan susu. Termasuk kalau saya lagi nggak mood makan, susu menjadi pengganti makanan yang wajib diminum.

Kebiasaan minum susu ini pun berlanjut sampai saya dewasa. Apalagi setelah membaca tulisan seorang teman kalau perempuan harus mengonsumsi susu saat dewasa. Hal ini karena perempuan lebih rentan mengalami osteoporosis akibat menstruasi dan melahirkan.

Tapi, anehnya dua tahun terakhir ini setiap kali saya minum susu di pagi hari perut saya terasa kembung. Dan ini membuat saya nggak nyaman berkegiatan. Saya pun mencoba beberapa jenis susu lainnya, seperti susu kedelai, susu almond, dan susu kambing. Dan ternyata jenis susu lainnya ini aman di perut saya.

Manfaat Susu Kambing Etawa, Jaga Kesehatan Tulang Hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh

Susu kambing etawa berasal dari kambing Jamnapari yang berada di distrik Etawah, India. Dibandingkan dengan susu sapi, manfaat susu etawa etawarich jauh lebih beragam. Hal ini dikarenakan susu kambing etawa tinggi kandungan protein dan mengandung berbagai mineral serta vitamin.
susu nyeri sendi
Selain itu, susu kambing etawa juga memiliki laktosa, yang merupakan jenis gula dalam susu, yang lebih rendah. Sehingga aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang intoleran pada laktosa.

Nah, kalau kamu masih belum pernah mencoba susu untuk kesehatan ini, berikut khasiat susu kambing etawarich yang perlu kamu ketahui.

1. Mencegah Pengeroposan Tulang

Manfaat susu etawa etawarich yang utama adalah mencegah pengapuran tulang. Tidak hanya dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa, susu kambing etawa ini juga direkomendasikan dikonsumsi lansia. 

Hal ini dikarenakan susu kambing etawa dapat mempercepat proses regenerasi hemoglobin yang membantu mengatasi osteoporosis dan anemia.

Susu nyeri sendi ini memiliki kandungan tinggi seng dan selenium yang tinggi. Berkat adanya kandungan ini, susu etawa juga dapat menjadi opsi menu sehat yang efektif untuk mencegah penyakit neurodegeneratif yang sering muncul pada lansia.

2. Alternatif Susu Sapi

Beberapa orang, terutama anak-anak, dapat mengalami alergi terhadap susu sapi. Alergi susu adalah respon tubuh terhadap kandungan protein yang terdapat dalam susu. Umumnya pada susu hewani ditemukan jenis protein alpha S1 kasein yang menjadi pemicu seseorang alergi susu.

Sebaliknya, pada susu kambing etawa memiliki jumlah protein kasein yang lebih rendah. Oleh karena itu, manfaat susu etawa etawarich dianggap sebagai alternatif yang lebih aman bagi mereka yang mengalami alergi terhadap susu sapi.  

3. Intoleransi Laktosa yang Lebih Rendah

kandungan susu etawa
Manfaat susu etawarich lainnya adalah memiliki intoleransi laktosa yang lebih rendah. Mirip dengan susu sapi, susu kambing juga memiliki kandungan gula yang dikenal sebagai laktosa. 

Biasanya, saluran pencernaan menghasilkan enzim laktase untuk menguraikan laktosa menjadi bentuk gula yang lebih mudah diserap dan dijadikan sebagai sumber energi.

Namun, beberapa orang mungkin tidak dapat menghasilkan jumlah enzim laktase yang cukup, suatu kondisi yang dikenal sebagai intoleransi laktosa. Individu dengan intoleransi laktosa dapat mengalami sakit perut, kembung, sering buang angin, dan diare setelah mengonsumsi susu. Persis seperti yang saya alami, yaitu kembung.

Kandungan laktosa dalam susu tulang keropos ini lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Di sinilah khasiat susu kambing etawarich dianggap lebih aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami intoleransi laktosa.

4. Menjaga Kadar Kolesterol

Kandungan lemak jenuh dalam susu nyeri sendi ini lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Setiap 200 mililiter pada susu sapi mengandung 7 gram lemak, sementara susu kambing etawa hanya mengandung 5 gram lemak.

Dengan demikian, susu untuk pengeroposan tulang dapat menjadi alternatif yang lebih baik bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi susu kambing dapat mengurangi kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan kantung empedu.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

susu untuk pengeroposan tulang
Selain dapat mencegah pengapuran tulang, manfaat susu kambing etawa selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi di tengah musim hujan saat ini. Mengonsumsi susu kambing etawa dapat meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh.

Imunoglobulin merupakan protein yang dihasilkan oleh sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri, jamur, virus,dan penyebab penyakit lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Nggak hanya dapat menjaga imunitas tubuh, manfaat susu kambing etawa lainnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan tubuh dapat mencerna susu untuk pengeroposan tulang ini  dengan lebih baik daripada susu sapi.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing etawa memiliki kandungan prebiotik yang lebih tinggi. Bahkan, prebiotik pada susu tulang keropos ini serupa dengan prebiotik yang ada pada ASI. Di mana prebiotik ini berfungsi mendukung pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan bayi.

Kandungan Susu Kambing Etawa, Tinggi Protein dan Kalsium

pengapuran tulang
Meski sama-sama menyehatkan, susu kambing dan susu sapi memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Dalam hal kandungan protein, susu kambing lebih unggul karena mengandung protein hingga 9 gram. Sedangkan susu sapi memiliki protein sebanyak 8 gram.

Perbedaan kandungan kalsium dalam keduanya pun berbeda. Pada susu sapi terdapat sekitar 275-300 gram kalsium, sedangkan pada susu kambing terdapat kalsium sebanyak 330 gram.

Menurut penelitian, mereka yang mengonsumsi susu kambing dapat menyerap nutrisi makanan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi susu kambing. Selain itu, sebagian orang memilih susu kambing karena lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi. Berikut kandungan susu kambing etawa.
  • Protein
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Sodium
  • Karbohidrat
  • Vitamin A, B2, dan B3
  • Laktoferin

Etawarich, Susu Kambing untuk Cegah Pengapuran Tulang

susu kambing etawa
Susu kambing etawa biasanya memiliki ciri khas pada aromanya yang kurang menyenangkan. Saya pribadi, saat pertama kali mencoba susu kambing rasanya nggak nyaman karena baunya.

Tapi, berbeda dengan susu kambing etawarich yang tidak bau prengus sehingga nyaman untuk dikonsumsi. Sebagai susu kambing yang rendah gula serta lemak tanpa tambahan bahan pengawet, etawarich terdiri dari bahan-bahan terbaik, yaitu :

1. 98% Susu Kambing

Susu etawarich terbuat dari 98% susu kambing yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan tulang, mengatasi nyeri sendi, menurunkan kolesterol, dan banyak manfaat lainnya. 

2. Gamat

Kandungan gamat pada susu etawarich dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan mempercepat pembentukan tulang rawan karena adanya kandungan kondroitin, protein, kolagen, dan glukosamin. 

3. Kayu Manis

Kayu manis dalam kandungan susu etawa berfungsi sebagai antioksidan serta antiinflamasi. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mencegah peradangan, melawan radikal bebas, dan lainnya.  

4. Bee Pollen

Susu untuk kesehatan ini dibuat dengan bee pollen yang mengandung glutathione, flavonoid, dan quercetin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menangkal radikal bebas, dan lainnya. 

5. Daun Sirsak

Daun sirsak pada susu untuk pengeroposan tulang ini berfungsi untuk menghambat kerja enzim penyebab asam urat, yaitu enzim xhantine oxidase. 

6. Gula Stevia

Gula stevia dalam kandungan susu etawa sebagai pemanis pengganti gula yang sehat dan alami. Adanya kandungan gula stevia membuat susu nyeri sendi ini terasa tetap manis dan nikmat. 

Dibuat dalam kemasan sachet bubuk, membuat etawarich mudah dikonsumsi di mana pun dan kapan pun. Cara pembuatannya pun sangat mudah.
  1. Tuang 1 sachet etawarich ke dalam gelas
  2. Tambahkan 120 ml air panas. Hindari melebihi takaran ini supaya rasanya tidak hambar.
  3. Aduk hingga rata
  4. Nikmati dan rasakan manfaat kesehatannya~
Nah, kalau kamu juga ingin merasakan manfaat susu kambing etawa, kamu bisa memesan etawarich di distributor resmi etawarich untuk mendapatkan produk aslinya. Atau, kamu juga bisa beli susu untuk kesehatan ini di e-commerce supaya lebih mudah di Shopee atau Tokopedia. Hati-hati juga dengan produk palsu atau tiruan yang beredar ya gengs.

Yuk, jaga kesehatan mulai dari sekarang!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

13 comments

HendraDigital said…
Saya udah ngerasain sendiri manfaat susu kambing etawa etawarich ini. Badan nggak mudah lelah, nggak mudah pegel. Eh BTW, istri yang nggak begitu suka susu, ternyata dia malah ketagihan susu etawarich. Katanya nggak bau prengus.
Si Umi said…
Susu kambing etawa ini banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yaa. Saya juga sudah merasakan manfaatnya, nyeri sendi jadi hilang
Diaz Bela said…
Wah, kebetulan aku lagi cari informasi sumber penambahan kalsium nih.. terima kasih banyak informasinya ya mbak, mungkin akan mempertimbangkan untuk minum susu kambing ini :)
yosebataona said…
Saya senang karena awal tahun ini bisa tahu blogger sekeren kak Dea Merina. Awalnya saya tahu dari Instagram. Tentu akan banyak ilmu yang saya pelajari ke depannya.
Yonal Regen said…
Banyak sekali ternyata manfaat dari susu kambing etawa dari etawarich ini, apalagi tidak bau prengus, ya. pasti banyak yang suka nih. Belinya juga mudah, ada di e-commerce, tinggal klik dan check out
Bapakku pernah beli susu kambing dan baunya itu luar biasa, akhirnya gak doyan. Tapi kalau lihat susu kambing etawarich ini aku jadi tertarik mbak. Soalnya kayak udah diracik sedemikian rupa biar tidak bau kambing.
Fenni Bungsu said…
Daku suka sama etawarich ini karena memang rasanya enak dan manisnya itu pas.
Apalagi juga bisa dikonsumsi hingga lansia, jadinya sehat sekeluarga deh ya
Okti Li said…
Setelah tahu manfaat konsumsi susu kambing bisa membantu melancarkan pencernaan, saya pun makin semangat minum susu kambing ini. Ya secara saya memang memiliki masalah pencernaan. Gak nyaman banget pokoknya perut ini
Setelah konsumsi susu kambing semoga pencernaan semakin lancar dan sehat ya
Susu kambing etawa memiliki banyak manfaat ternyata. Pastinya yang mengkonsumsi akan senang juga karena selain mengandung susu kambing etawa, juga tidak bau prengus. Paling penting pemanisnya pakai gula stevia.
ANGGITA RAMANI said…
Aku juga minum susu ini dea, enak kok nggak bau prengus. Apalagi tampilam sachet bisa mengurangi risiko kebanyakan atau kekurangan takaran
Monica Anggen said…
Hal yang akhirnya mendorong aku untuk minum susu etawa etawarich secara rutin ya karena susu kambing etawa ini bisa membantu proses regenerasi hemoglobin, mencegah osteoporosis, dan yang paling penting bisa mengatasi nyeri sendi juga
lendyagassi said…
Kemarin pas Mamah menginap di rumah mulai bercerita kalau duluuu gak bisa minum susu sapi. Tapi kini bersyukur karena ada susu kambing yang nyaman dikonsumsi karena gak bau nyengat dan yang pasti bisa bantu mamah merasa lebih sehat, terutama di bagian tulang dan sendi.
Wahyuindah said…
aku kalau bikin susu, seringnya aku kasih banyak air. Pokoknya sampai gelas penuh. Nah susu kambing etawa ini malah gak boleh kebanyakan ya. Khasiatnya bisa berkurang soalnya kalau banyak air. Mantap emang. Kandungannya yang bikin susu ini sehat