Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

6 Tips Membuat CV ATS-friendly, Biar Cepat Lolos!

1 comment
Tips Membuat CV ATS-friendly
Kamu pernah nggak sih waktu mengirim puluhan CV dan bertanya-tanya, kenapa sih CV ku nggak ada yang lolos?
Kalau iya, berarti kita sama. Saya pun dulu begitu. Sudah mengirim puluhan CV ke berbagai perusahaan, tapi nggak juga mendapatkan panggilan interview. Rasanya kesal dan juga ada sedikit rasa penasaran, bagaimana membuat CV yang menarik?

Cara Membuat CV ATS-friendly

Di era digital yang semakin canggih ini, melamar pekerjaan tak lagi hanya mengandalkan surat lamaran dan CV cetak. Melainkan mengirim CV di berbagai job portal. Kondisi ini tentunya membuat para pelamar lebih mudah mengirimkan CV dan membuat perusahaan terkadang kewalahan menyaring ratusan bahkan ribuan CV.

Untuk memudahkan proses seleksi, kini banyak perusahaan menggunakan Applicant Tracking System (ATS). Sistem ini ibarat robot cerdas yang memindai CV secara otomatis yang bekerja dengan mencari kata kunci yang relevan dengan lowongan.

Nah, supaya CV kamu lolos dari ATS dan dilirik HRD, ikuti 5 tips membuat CV ATS friendly berikut.

1. Kenali Posisi yang Dilamar

Cara membuat CV ATS friendly
Cara membuat CV ATS friendly yang pertama adalah adalah memahami deskripsi lowongan pekerjaan yang sedang kamu incar. Catat kata kunci yang sering muncul, terutama terkait keahlian, pengalaman, dan pencapaian. Pastikan CV kamu memuat kata kunci tersebut agar terdeteksi ATS.

2. Perhatikan Kata Kunci

Setelah memahami kata kunci pada lowongan, cara membuat CV ATS friendly selanjutnya adalah menggunakan kata kunci tersebut di seluruh bagian CV. Mulai dari judul, profil, pengalaman kerja, hingga keahlian. Hindari kata-kata umum dan fokus pada keterampilan spesifik yang dibutuhkan.

3. Gunakan Template CV yang Mudah Dipahami

screening cv
Umumnya membuat CV ATS friendly berbeda dengan CV yang memiliki desain menarik. Untuk membuat CV supaya lolos mesin ATS, usahakan untuk memilih template CV yang sederhana, terstruktur, dan mudah dibaca.

Hindari desain rumit, font aneh, atau penggunaan warna berlebihan. Gunakan font standar seperti Arial atau Calibri dengan ukuran yang mudah dibaca.


4. Sertakan Informasi yang Relevan


CV yang ATS-friendly harus singkat dan tepat sasaran. Fokus pada informasi yang penting dan relevan dengan lowongan. Hindari memasukkan informasi yang tidak perlu seperti hobi atau aktivitas non-profesional yang membuat CV semakin padat dan tidak sesuai.

5. Menyesuaikan CV dengan Perusahaan

membuat cv online
Jangan asal kirim CV yang sama untuk semua lamaran. Luangkan waktu untuk menyesuaikan CV dengan budaya perusahaan dan spesifikasi lowongan. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan dan posisi tersebut.

6. Membuat CV ATS dengan Teknologi AI

Seiring dengan munculnya kecerdasan buatan, kamu pun bisa membuat CV ATS dengan teknologi AI. Cara ini dapat dikatakan akan memudahkan kamu dalam membuat template yang sesuai dengan lowongan yang kamu incar secara profesional. 

Sebagai alat bantu, pastikan untuk mengecek tata bahasa agar tidak ada salah tulis dan terkesan tidak profesional.

Dengan mengikuti tips membuat CV ATS friendly di atas, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk dilirik HRD. Ingatlah, CV adalah gerbang awal untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Buatlah CV yang menarik dan profesional agar kamu selangkah lebih maju menuju karir yang cemerlang! Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

Ainun said…
waktu zaman awal lulus kuliah dulu,ga kepikiran dengan CV ATS ini, malah kalau googling kayaknya kok ga muncul info mengenai CV ATS, atau mungkin aku nya aja yang melewatkan
dulu lebih umum yang muncul di web pencarian, mengenai cara membuat cv yang menarik dan sejenisnya malahan