Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tren HR Terbaru dan Manajemen SDM yang Efektif

10 comments
Tren HR Terbaru dan Manajemen SDM yang Efektif

Di era teknologi yang semakin maju, banyak aktivitas bisnis terbantu menjadi lebih mudah dan efisien. Mulai dari analisis data, pelayanan pelanggan, hingga manajemen human resources yang biasanya memakan waktu cukup lama dan panjang.

Dalam sistem perusahaan, HR memiliki peran penting untuk memantau produktivitas kerja karyawan demi kemajuan bisnis. Terutama pada perusahaan startup atau pekerja remote.

Saya masih ingat saat pandemi dan untuk pertama kalinya bekerja secara remote. Saya di Surabaya dan kantor saya di luar kota. Sejujurnya, saat itu saya jadi bingung dengan jam kerja yang nggak menentu.

Meski secara aturan perusahaan jam kerja dimulai jam 8 pagi, tapi hari saya dimulai dengan meeting jam 9 atau 10 pagi. Lalu dilanjut dengan bekerja masing-masing dengan tetap saling berkomunikasi via WA. Semua komunikasi dilakukan secara manual karena kantor saya belum menggunakan business tools yang dapat membantu memantau progres kerja.

Yang paling terasa dan cukup memakan waktu adalah saat HR melakukan sedikit perbincangan one on one dengan para staff secara chat atau zoom karena nggak pernah saling bertemu dan berkomunikasi secara langsung.

Untuk tetap relevan dan efektif, HR perlu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi menggunakan business tools yang sesuai. Mengingat saat ini ada banyak pekerjaan yang tidak membutuhkan kehadiran fisik pekerjanya.

Pentingnya Analisis Data Karyawan untuk Pengambilan Keputusan Strategis

Penggunaan analitik SDM semakin menjadi kebutuhan utama dalam pengambilan keputusan strategis. HR analytics membantu dalam menganalisis data karyawan untuk memberikan wawasan tentang kinerja, retensi, dan pengembangan. Dengan informasi yang diperoleh dari analitik, HR dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan mendukung strategi bisnis secara keseluruhan.

Data karyawan dapat memberikan wawasan berharga dalam proses rekrutmen dan seleksi. Analisis data memungkinkan identifikasi sumber bakat yang paling efektif, mempercepat waktu perekrutan, dan meningkatkan akurasi dalam pemilihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan bantuan aplikasi HR yang terintegrasi dengan analisis data karyawan memungkinkan perusahaan untuk memantau kinerja individu dan kelompok secara real-time.

Hal ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana setiap anggota tim berkontribusi terhadap tujuan bisnis, membantu dalam mengidentifikasi kekuatan, serta area yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Manajemen SDM Efektif dengan Aplikasi HR Akrivia HCM

Tren terbaru di dunia HR saat ini adalah pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam manajemen SDM dan kehadiran aplikasi HR berbasis cloud yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Akrivia HCM merupakan software teknologi dari Astakona yang menjadi tren HR terbaru dan manajemen SDM yang efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan menggunakan aplikasi HR ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perusahaan.

Beirkut ini fitur software Astakona Akrivia HCM yang dapat memangkas sistem SDM kuno yang panjang menjadi lebih mudah dan efektif.

1. Core HR

Salah satu business tools ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk sistem manajemen Core HR. Software Astakona ini dapat menciptakan pengalaman karyawan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan yang dapat dipersonalisasi melalui fitur Employee Management.

Semua data karyawan akan terekam dalam sistem yang dapat dilihat oleh karyawan bersangkutan dan staff HR. Hal ini akan memudahkan memantau waktu kehadiran, izin, cuti, hingga manajemen karyawan lainnya.

2. Manajemen Rekrutmen

Tidak hanya memberikan akses digital pada karyawan, produk Astakona ini juga memudahkan manajemen rekrutmen dengan fitur Recruitment Management. Proses merekrut, menilai, hingga mewawancarai akan lebih mudah dengan software teknologi Akrivia HCM.

Akrivia HCM memberikan kemudahan dengan berbagai fitur untuk menyaring ratusan resume sekaligus, memberikan peringkat sesuai kualifikasi, penjadwalan wawancara yang efektif, dan lainnya untuk memilih individu terbaik yang dibutuhkan perusahaan.

3. Manajemen Kinerja

Adanya aplikasi HR yang dapat dipersonalisasi ini juga turut membantu manajemen kinerja karyawan. Business tools Akrivia HCM dapat memantau performance karyawan dengan memberikan ringkasan yang berisi feedback, rating, persentase performance growth, dan lainnya.

Dalam fitur Performance Management ini diberikan ringkasan dengan design UI yang mudah dipahami sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk meningkatkan produktivitas kerja masing-masing karyawan.

4. Keterlibatan Karyawan

Dalam perusahaan penting untuk mengetahui keterlibatan karyawan selama mereka bekerja. Untuk menjembatani hal ini, Akrivia HCM produk Astakona ini memiliki fitur Employee Engagement.

Fitur ini merupakan survei yang perlu diisi oleh karyawan guna mengetahui keterlibatan mereka selama bekerja. Isi survei pun dapat disesuikan dengan nilai yang ingin diketahui, seperti berisi perkembangan karyawan, skill assessment, dan lainnya.

5. Manajemen Penggajian

Proses penggajian dapat dikatakan menjadi proses yang memakan waktu bagi tim HR jika dilakukan secara manual. Untuk menghemat waktu dan menjadikan proses penggajian lebih efisien, produk Astakona ini menyediakan fitur Payroll Management.

Dengan menggunakan fitur manajemen penggajian ini, proses penggajian akan lebih mudah dengan satu kali klik. Otomatisasi ini dapat menunjukkan perhitungan gaji, slip gaji, dan lainnya. Hal ini pun memudahkan karyawan untuk mengetahui detail gaji mereka lebih mudah.

Kesimpulan


Aplikasi HR berbasis cloud telah membawa transformasi signifikan dalam cara perusahaan mengelola sumber daya manusia. Fleksibilitas, aksesibilitas, dan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh software Astakona Akrivia HCM ini mendukung efisiensi operasional dan memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis.

Dengan terus berkembangnya teknologi, peran aplikasi HR berbasis cloud diharapkan akan semakin penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan di masa depan. 

Seperti yang dilakukan Astakona menyediakan aplikasi HR yang berkualitas untuk mendorong bisnis mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi.

Kunjungi https://astakona.id/id/ sekarang untuk informasi lebih lanjut!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

10 comments

Fanny_dcatqueen said…
Pastinya makin canggih teknologi yg dipakai oleh perusahaan terutama team HR ya mba. Aku sendiri krn bukan orang HR ga begitu tahu sistem yg dipakai di HSBC dulu. Tapi seharusnya udh bagus juga apalagi ikut sistem bawaan dari kantor pusatnya di UK.

Kalo sistem penggajian penting tuh udah pakai sistem yg bagus, jangan sampai manual 😄. Lamaa sih bakalan masuknya. Apalagi kalo masih pake bagi2 amplop gajinya
ANGGITA RAMANI said…
software Astakona Akrivia HCM inu sangat membantu kinerja HR sekaligus bisa memantau kinerja karyawan secara menyeluruh berarti ya
nurul rahma said…
Wahhh baru ngeh loh akuh, ternyataaa ada software teknologi dari Astakona yang menjadi tren HR terbaru dan manajemen SDM yang efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Ini sih mantabb benerrr ya
nonapanda said…
sekarang makin banyak ya aplikasi yang membantu memantau kinerja staff. kalo kayak gini mah udah nggak perlu lagi ngecekin satu-satu. tinggal lihat di aplikasi aja ya. praktis banget
Anonymous said…
ooh, berarti perusahaan gede yang lagi rekrut itu juga pake software gini kali ya biar lebih praktis. soalnya kan pasti mereka banyak rekrut orang. boleh juga nih sistemnya. sangat memudahkan
Zxura said…
di kantorku juga pake software HR kayak gini. dan jujur sangat memudahkan banget. kalo izin jadi lebih gampang. tinggal isi di software dan ngabarin SPV untuk minta acc.
Medi Creative said…
dari proses rekrutmen sampai penggajian pake software jadi makin mudah ya. nggak kayak dulu yang ribet banget harus ngecekin check log satu per satu haha. sangat butuh waktu tiap kali mau gajian
Anonymous said…
nggak hanya belanja online yang makin mudah. tapi, manajemen SDM juga makin mudah berkat adanya software seperti Astakon ini.
Odhi Kurnia said…
Menarik banget kak informasinya. Aku baru tahu ternyata ada software kyk gini ya. Soalnya di tempatku masih manual. Dari izin same penggajian. Kyknya aku bakalan ngerekomendasiin ini ke HR deh. Thank you
Kresna Andi said…
all in one banget ya kalo pake software ini. kerjaan HR jadi lebih mudah dan praktis. menurutku semua perusahaan harus pake software ini sih biar lebih sat set. apalagi ini udah era teknologi makin canggih