Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

7 Fakta Menarik Tentang Identitas Digital Privy yang Perlu Kamu Ketahui

24 comments
Identitas Digital Privy
Sebelumnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi identitas yang wajib dibawa ke mana pun saat kita pergi untuk melakukan berbagai kegiatan. Seperti melakukan transaksi perbankan, memeriksa hasil tes kesehatan, mendaftar keanggotaan, dan lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini KTP telah digantikan oleh identitas digital. Identitas digital telah menjadi bagian penting dalam era digital saat ini. Dengan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan secara daring, identitas digital menjadi kunci untuk mengakses berbagai layanan dan platform. Termasuk identitas digital kependudukan.

Penggunaan identitas digital untuk mendaftar berbagai layanan menjadi tren saat ini. Hal yang sebelumnya memerlukan proses cukup panjang dan memakan waktu lama, kini dengan adanya identitas digital semua proses menjadi lebih cepat dan mudah.

Terlebih saat akan melakukan pendaftaran secara online. Kita tidak perlu lagi menyiapkan berbagai berkas fisik, mengisi data diri berulang kali saat registrasi, dan tentunya tanpa tatap muka.

Untuk lebih mengenal identitas digital, berikut adalah 7 fakta menarik tentang identitas digital Privy yang perlu kamu ketahui.

1. Praktis Digunakan

Identitas digital memungkinkan akses yang mudah dan cepat ke berbagai layanan dan platform online. Dengan menggunakan identitas digital Privy, tidak ada lagi proses pendaftaran yang panjang.

Seringkali kendala yang banyak dialami masyarakat adalah banyaknya nama pengguna dan kata sandi yang digunakan membuat banyak orang lupa. Dengan identitas digital, penggunaan berbagai nama pengguna dan kata sandi pun tidak lagi diperlukan.

Dengan identitas digital, pengguna dapat mengelola identitas mereka dengan lebih efisien, termasuk mengelola data pribadi dan memberikan izin akses secara selektif kepada layanan atau platform tertentu.

2. Terhindar dari Pencurian Data

identitas digital
Identitas digital sering kali melibatkan otentikasi multi-faktor, di mana pengguna harus melewati lebih dari satu langkah verifikasi untuk mengakses akun. Contohnya termasuk penggunaan kata sandi, kode OTP (One-Time Password), atau verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

Adanya keamanan ganda pada identitas digital milik Privy ini membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak sah untuk mendapatkan akses ke akun pengguna. Sehingga data pengguna akan tetap aman dan terhindar dari pencurian data.

3. Memudahkan Verifikasi Latar Belakang untuk Pekerja

Identitas digital dapat digunakan untuk menyimpan catatan pendidikan dan pengalaman kerja secara digital. Ini memungkinkan calon perusahaan dengan mudah memverifikasi riwayat pendidikan dan pekerjaan kandidat tanpa harus mengandalkan dokumen fisik atau mengisi berbagai platform berulang-ulang.

Kelebihan identitas digital juga memungkinkan orang-orang untuk memberikan referensi dan rekomendasi secara online yang dapat diakses dan diverifikasi oleh calon perusahaan. Ini memberikan kepercayaan tambahan tentang kemampuan dan kualitas kandidat.

Begitu juga dengan sertifikasi profesional dan lisensi yang dimiliki oleh pekerja akan tersimpan di identitas digital. Ini memastikan bahwa pekerja memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk posisi yang dilamar.

4. Membangun Ekonomi Digital

Kelebihan menggunakan identitas digital
Kelebihan menggunakan identitas digital lainnya adalah dapat membangun ekonomi digital. Hal ini dikarenakan penggunaan identitas digital dapat memfasilitasi akses ke layanan keuangan bagi individu yang sebelumnya tidak terlayani oleh sistem perbankan tradisional.

Dengan identitas digital yang dapat diverifikasi, individu dapat dengan mudah membuka rekening bank, mendapatkan akses ke pinjaman mikro, dan menggunakan layanan keuangan lainnya.

5. Memudahkan Tracking Pendaftaran Identitas

Tersimpan dalam format elektronik membuat identitas digital memungkinkan untuk dilacak dengan mudah. Segala informasi identitas pengguna, seperti nama, email, nomor telepon, dan berbagai data lainnya tersimpan dalam basis data yang dapat diakses dan dianalisis dengan menggunakan program khusus.

Dengan adanya proses otomatisasi untuk pelacakan penggunaan identitas, sistem identitas digital dapat diprogram untuk melacak aktivitas pengguna, seperti masuk dan keluar dari platform, mengakses fitur tertentu, atau melakukan transaksi online. Sehingga segala kegiatan pengguna akan terekam dan dapat dilacak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Memudahkan Transaksi Bagi Pemilik Aset

identitas digital kependudukan
Tidak hanya untuk keperluan sehari-hari, mengguanakan identitas digital Privy juga dapat memungkinkan pemilik aset melacak dan memantau aktivitas aset mereka secara real-time. 

Misalnya, pemilik properti dapat menggunakan identitas digital untuk memantau transaksi sewa, pemeliharaan, atau penggunaan properti secara online.

Sebagai alat otentikasi, identitas digtal dapat digunakan untuk membuktikan kepemilikan aset. Hal ini dapat berguna dalam situasi di mana pemilik aset perlu membuktikan identitas mereka untuk mengakses layanan atau melakukan transaksi terkait aset mereka.

7. Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

Untuk perusahaan, kelebihan identitas digital dapat memungkinkan otomatisasi dalam berbagai proses bisnis, seperti verifikasi identitas, otentikasi pengguna, dan manajemen hak akses. 

Proses digitalisasi ini dapat mengurangi ketergantungan pada proses manual yang memakan waktu dan tenaga, sehingga menghemat biaya operasional perusahaan.

Kesimpulan

IDENTITAS DIGITAL KEPENDUDUKAN
Identitas digital memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi digital berbagai aktivitas masyarakat. Penggunaan identitas digital juga memiliki dampak positif tidak hanya untuk individu, tetapi juga untuk perusahaan.

Dengan kemampuannya identitas digital Privy dapat menyederhanakan proses, meningkatkan keamanan, dan memfasilitasi akses ke berbagai layanan online, identitas digital telah membawa dampak yang signifikan dalam transformasi cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Dengan memahami peran dan potensi identitas digital, kita dapat memanfaatkannya secara optimal untuk membangun masa depan digital yang lebih inklusif, aman, dan inovatif bagi semua orang.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

24 comments

Ainun said…
awal-awal make privy cuman bisa menggumam woww kerenn
secanggih itu juga bisa bikin tandatangan digital di dokumen penting
di Privy ternyata bisa menyimpan identitas kita ya mbak, selama ini aku cuman make buat keperluan tandatangan aja
kalau kayak gini, data pribadi kita dijamin aman, kadang aku masih takut buat upload data pribadi gitu ke internet
Fenni Bungsu said…
Semudah ini jadinya urusan dokumen dan tanda tangan. Namun bukan berarti untuk disalahgunakan tetapi jadi langkah praktis, apalagi sah pula kan digunakan
Bambang Irwanto said…
Saya sangat setuju dan senang ahdurnya identitas digital ini. Jadi seperti ada backup data. Saat keluar rumah atau mengurus sesuatu lupa KTP, tidak resah dan gelisah lagi. Tinggal lihat identitas digital saja. Saat urus ini itu juga prosesnya jadi cepat.
Bunda Saladin said…
Mantap ya makin mudah hidup di dunia digital dengan punya identitas digital. Pengen coba buka Privy ahh. Apalagi udah dijamin keamanannya.
HendraDigital said…
Zaman semakin canggih. Dari yang tadinya serba manual, sekarang identitas pribadi aja sudah bisa diakses online. Salah satu platform yang recommended untuk membuat identitas digital adalah Privy. Prosesnya mudah, aman dan pastinya profesional. Very nice article !!
Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi ya. Semua hal, bahkan identitas kependudukan, pun harus sudah digital. Atas nama teknologi, semua urusan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.
Diaz Bela said…
Wah mudah sekali ya untuk mengurus dokumen dan urusan tanda tangan digital.. semoga kepraktisan ini membawa manfaat bagi para pelaku bisnis digital
"Identitas digital memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi digital berbagai aktivitas masyarakat" jujur aja ini konsepnya oke sih, apalagi kalau keamanan siber di Indonesia udah sangat baik. Cuma memang perlu ada peningkatan SDM untuk menerima penggunaan identitas digital ini sih mbak. Biar apa2 gak ngeprint mulu.
hani said…
Aku pernah ngurus HAKI di kampus. Ribet minta ttd basah di atas materai, ntar discan, trus PDF-nya upload ke website KeMenHumHam. Lah, kalau bisa ttd digital di atas e-materai kan praktis banget. Sip deh...Keren PrivyId
Lintang said…
Sekarang udah ada identitas digital yah. Emang deh semua kegiatan udah serba dogotal sih. Jadi identitas digital juga makin praktis dan aksesnya bisa lebih mdauh dan cepat. Trus bisa meminimalisir pencurian data juga. Bisa nih Privy jadi pilihan membangun masa depan digital yang aman buat semua orang.
Kyndaerim said…
Emang boleh identitas digital Privy semenarik itu? Udah mudah digunakan, plus dapet praktisnya juga. Paling oenting sih, bisa meminimalisasi biaya operasional perusahaan, jadi lebih hemat.
Wah, keren banget nih konsep identitas digitalnya Privy! Gak cuma praktis dan ngilangin ribetnya lupa nama pengguna dan kata sandi, tapi juga bikin data kita lebih aman dengan otentikasi multi-faktor. Mantap deh, jadi bisa online dengan lebih nyaman dan tenang! 🔒🌟
Didik said…
Sekarang tuh harus hati2 memberikan data digital ke pihak lain. Jangan sampai data kita disalahgunakan pihak lain utk mengambil keuntungan dari kita.

Untung aja Privy punya sertifikasi khusus yang menjamin kerahasiaan data digital kita ya kak. Sehingga pasti aman saat bertransaksi/mengirimkan dokumen yg perlu data digital kita.
Eka FL said…
Privy ini bagus ya untuk sebuah aplikasi yang bantu legalias dokumen dan ID digital. semua jadi serba mudah dan praktis. juga aman ternyata ya,. ini cukup penting sih
Indra DP said…
Menggunakan identitas digital di era digitalisasi ini menjadi sangat efisien, lebih aman dan otentik, dan enaknya kita bisa bikin identitas digital ini dengan mudah via Privy
Luluk Sobari said…
Saya dapat CP dan ada MoUnya... artikelnya sudah dapat dikirim, cuma belum tanda yangan. Jadi kepikiran, jika diminta tanda tangan, apakah akan pakai Privy? Saya harap begitu, karena saya sudah punya akunnya.
Alfa Anisa said…
Awalnya sempat ragu pakai Privy yang saat itu install karena urusan ttd perusahaan, eh tapi makin ke sini ternyata praktis juga, nggak ribet bawa dokumen ke sana kemari.
lendyagassi said…
Iya, yang menjadi tanda tanya saat membaca identitas digital Privy adalah masalah keamanan. Ternyata sudah diantisipasidengan baik, sehingga semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengusaha untuk membuat dokumen digital yang lebih hemat karena paperless dan praktis.
Alley Hardhiani said…
Untung sekarang bada Privy ya.. Lebih efisien krn hemat2 waktu dan biaya. Ga perlu ribet ngeprint hingga beli materai.
Dee_Arif said…
E materi seperti Privy ini bisa membantu perkembangan bisnis digital ya kak
Biar bisnis makin lancar ya
Sekeren itu ya Privy, selain tanda tangan digital bisa juga menyimpan identitas digital dengan aman. Perkembangan teknologi membuat semua jadi semakin praktis aja ya..
Wahyuindah said…
Bisa buat tracking ya. Iya sih karena pemantauan online saat ini perlu dilakukan untuk memastikan pekerjaan kita tetap rapi meskipun dilihat jarak jauh
gemaulani said…
Bener kak, keberadaan identitas digital jadi mempermudah proses pendaftaran secara online. enggak repot lagi buat menyediakan berbagai berkas fisik. Jatuhnya lebih hemat juga. Aku juga suka pakai Privy buat ttd biasanya
Identitas pribadi kita bakalan makin terlindungi jika sudah menerapkan langkah2 digitalisasi begini. Melalui Privy, kita bisa memudahkan penyimpanan dan penggunaan identitas digital.