Bikin Halus, Ini Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

September 12, 2021

Hayo, siapa yang kalau habis nyuci beras, airnya dibuang langsung? ๐Ÿค”


Eits, setelah ini jangan langsung dibuang ya manteman. Karena ternyata banyak banget manfaat air cucian beras untuk wajah, kulit, dan rambut lho ๐Ÿ˜ฎ Perempuan di China dan Jepang telah menjadikan ini sebagai resep kecantikan mereka selama berabad-abad.


Kalau teman-teman tahu, salah satu brand skincare Jepang SK-II juga sering menampilkan beras dalam iklannya secara nggak langsung. Pesan kuat yang disampaikan dalam iklan tersebut salah satunya adalah manfaat air beras untuk kecantikan dan kesehatan kulit ๐ŸŒพ 


Awalnya saya kira hal itu hanyalah sebagai bahan iklan belaka agar terlihat kalau produk skincare tersebut berbahan dasar alami. Tapi oh tapii, saya menyadarinya kalau hal tersebut nyata. Maklum ya namanya orang kalau nggak mengalaminya sendiri nggak bakalan percaya haha ๐Ÿ˜†


Baca juga: Belajar Bareng 1jam1000mimpi


Saat saya mencuci beras untuk dimasak, saya memperhatikan tangan saya yang jadi terasa halus. Saya mengira kalau ini karena efek lotion yang saya pakai sebelumnya. Tetapi, di hari berikutnya saya sadar kalau tangan saya menjadi halus karena murni air cucian beras. Setelahnya saya jadi senang sekali mencuci beras haha ๐Ÿ˜‰ 


Bukan hanya itu. Beberapa waktu lalu iseng membuka TikTok. Lalu, muncullah seorang wanita yang menggunakan air cucian beras untuk masker rambut. Setelahnya rambutnya terlihat jadi lebih halus dan sehat. Saya yang penasaran jadinya mencobanya langsung. Eh, ternyata benar manteman! ๐Ÿฅฐ Rambut saya jadi teras lebih halus huhu menyesal kenapa baru tahu. Ada yang baru tahu juga seperti saya nggak?


Oh, oke. Jadi, bisa dimanfaatin buat apa aja nih? 


Air beras diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti asam amino, Vitamin B, Vitamin E, Mineral dan antioksidan. Semua kandungan ini dapat meminimalkan kerusakan kulit akibat radikal bebas karena usia, sinar matahari, dan lingkungan ☀️

Kandungan selenium, magnesium, asam folat, vitamin B1 hingga B6, niasin, dan vitamin K juga merupakan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut serta kulit kepala ๐Ÿ’‡๐Ÿฝ


Wajah 

  • Membuat wajah menjadi lebih lembut dan bercahaya

  • Membantu mengencangkan kulit wajah

  • Meredakan eksim 

  • Meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari

  • Membantu kulit terlihat awet muda

  • Mengencangkan pori-pori


Kulit

  • Menenangkan kulit yang teriritasi

  • Mencerahkan kulit

  • Mengatasi kulit kering

  • Menjaga pelindung kulit


Rambut

  • Membuat rambut berkilau

  • Melembabkan rambut

  • Memperkuat akar rambut

  • Menjaga kesehatan kulit kepala

  • Memperbaiki rambut kusam

  • Membantu pertumbuhan rambut


Tanaman

  • Menjadi pupuk organik

  • Menyuburkan tanaman dan pembuahan

  • Menghambat perkembangbiakan patogen

  • Membantu perpanjangan akar tanaman 

  • Membantu pertumbuhan daun menjadi lebih rimbun


Lalu, gimana nih cara pengaplikasiannya untuk kulit?


Caranya super mudah. Ini adalah cara yang sering saya gunakan sehari-hari. teman-teman bisa sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing ๐Ÿ˜ 


  • Ambil beras yang akan dicuci dan masukkan dalam wadah 

  • Cuci beras seperti biasa mengunakan tangan (ini juga bisa seperti teman-teman menggunakan scrub pada tangan) 

  • Tuangkan air cucian beras dalam wadah lainnya

  • Tuangkan lagi air bersih dalam beras dan cuci hingga cukup dengan kebutuhan teman-teman


Nah, setelahnya, biasanya saya langsung gunakan untuk membasuh wajah secara langsung dan membiarkannya hingga kering. Ada pula beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan kapas untuk diaplikasikan pada wajah. Setelahnya wajah terasa lebih halus dan cerah hihi ๐Ÿฅฐ 


Baca juga: Morning Routine, Penting Nggak Sih?


Untuk penggunaan pada rambut, teman-teman bisa mencuci rambut dengan shampoo seperti biasa, lalu bilas. Kemudian siramkan air cucian beras pada rambut dan pijat perlahan. Diamkan selama 2-3 menit. Lalu bilas hingga bersih๐Ÿ˜‰


Sedangkan untuk tanaman, teman-teman tinggal siramkan saja air cucian beras tersebut secara rutin 2 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan. Hihi jadi air berasnya nggak mubazir yaa ๐Ÿ˜ 


Gampang banget kaaan manteman? Hihi. selain air cucian beras, bahan apalagi ya yang bisa dimanfaatkan yang sering kita gunakan sehari-hari? ๐Ÿ‘€


You Might Also Like

1 comments

  1. Hihi saya dulu juga suka banget air cucian beras dipakai buat cuci muka, iya betul jadi cerah juga mbak wajahnya, di kulit oily-acne prone saya aman (dengan catatan, air beras nya bersih dan tangan yg dipake buat cuci beras juga bersih)

    Kemarin lupa, sekarang jadi mau pake lagi deh

    ReplyDelete