Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Selain Simple, Ini Alasan Menggunakan Platform Blogspot

4 comments

Saya sudah memiliki blog sejak tahun 2010an meski baru serius dua tahun belakangan ini. Dan sejak pertama, saya sudah menggunakan platform Blogspot. Pernah suatu ketika saya mencoba untuk membuat Wordpress karena tertarik dengan template yang keren. Tapi, nggak bertahan lama dan saya pun kembali ke Blogspot. 


Bagi beberapa orang, pemilihan platform untuk blogging cukup penting. Tergantung dari tujuan utama blogger. Apakah hanya untuk sekadar blogging (curhat), atau untuk hal yang lebih profesional. 


Setiap platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski banyak sekali platform untuk menulis blog, tapi sejauh ini yang saya tahu cukup terkenal adalah Blogspot dan Wordpress. 


Karena blog ini menggunakan Blogspot, maka saya akan membagi sedikit alasan mengapa saya tetap bertahan menggunakan platform Blogspot ini. 


Nggak ribet


Sekilas, platform Blogspot memang lebih mudah digunakan. Apalagi untuk blogger pemula. Semuanya serba simple karena tools dan plug in nggak banyak.


Ibaratnya, kayak nyetir mobil matic. Tinggal gas rem aja tuh.


Nah, Wordpress kayak nyetir mobil manual yang perlu pindah gigi alias utak-atik perintilan (?).


Sejauh ini saya bertahan menggunakan Blogspot karena semua kebutuhan saya masih terpenuhi di Blogspot. Alias kebutuhan saya masih yang simple aja. Meski saya nggak jago html juga sih hehe. 


Custom domain lebih murah


Dulu nama blog ini adalah gadisberbingkai.blogspot.com. Setiap saya membagikan link di media sosial, link jadi terlalu panjang. Lalu, saya pun membeli domain sendiri. Selain karena lebih singkat juga karena lebih keren aja gitu haha. 


Setelah saya browsing, ternyata Blogspot memang mudah untuk dipasang domain custom. Nggak seperti Wordpress yang jauh lebih mahal. Mungkin beberapa orang berpikir, ah nggak perlu lah punya domain sendiri. Padahal, punya domain, terutama .com membuat kita terlihat jauh lebih profesional bagi yang ingin serius branding diri. 


Mudah memasang Google AdSense


Ibarat pepatah, menyelam sambil minum air. Kalau hobi menulis di blog, kenapa nggak sekalian menghasilkan dari blog? Menggunakan platform Blogspot yang berada di payung perusahaan yang sama, Google,  membuat kita lebih mudah untuk memasang Google AdSense di blog melalui widgets yang telah disediakan. 


Meski sampai saat ini saya masih merasa nyaman menggunakan Blogspot, tetapi nggak menutup kemungkinan kalau suatu saat saya bakalan migrasi ke Wordpress. Karena ternyata banyak juga kelebihan Wordpress yang menggiurkan untuk saya. 


Terutama perihal untuk optimasi SEO seperti plug in Yoast SEO yang hanya dimiliki oleh Wordpress. Selain itu, saya juga cukup kesulitan memahami per-html-an hehe. Kalau sekilas Blogspot tampak simple, semakin lama semakin banyak hal yang ingin kita ubah di blog maka Blospot menjadi terasa ribet karena semuanya dilakukan secara manual. 


Nah, kalau begini Blogspot jadi seperti menyerit mobil manual, dan Wordpress seperti menyetir mobil matic hehe. 

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

4 comments

  1. Dulu aku pake blognya yg BP juga mba. Lumayan lama, dan memang nyaman sih. Malah sbnrnya blogku yg khusus buku, masih pake BP gratisan. Blm tertarik ubah ke TLD Krn memang hanya utk ikutan reading challange 🤣🤣.

    Naah blog yg traveling, yg tadinya BP, trus aku ubah jadi WP dengan bantuan teman yg memang kerjaannya web design. Tapi Krn ga terlalu paham utak2 Atik blog, dan ga ada waktu juga 😂, akhirnya aku minta temenku ttp handle blogku, dan ngelakuin segala maintenance rutin atau kalo ada yg error2. Jadi aku cukup bayar dia, utk mastiin blogku baik baik aja. Aku cuma nulis dan publish 😄.

    Jadi jujur ga terlalu berasa kemudahan dan kekurangan dari 2 platform itu. As long as aku lancar2 aja postingnya, aku anggab 2-2 nya bagus 😂

    ReplyDelete
  2. aku punya akun dua duanya di WP dan BP, tapi untuk blog yang jalan sekarang pake BP. karena awalnya memang aku ga tau kalau ada WP hahaha
    dan buku panduan blog yang aku beli contohnya ngasih ke BP, ya udah aku contek aja gitu

    ReplyDelete
  3. tosss mbak
    aku masih tetap setia pakai blogspot soalnya engga ribet
    dan suka aja si engga banyak fitur yang bikin semriwing heheh
    tapi aku juga pakai Wp buat bloh latihan soal dan materi pembelajaran
    cuma ya dibantu temen yang lebih ahli si
    kalau aku yang handle sendiri mana kuat hehehe

    ReplyDelete
  4. Dari awal udah pakai blogsgpot, jadi keterusan sampai sekarang:) Salam kenal sis, suka lihat templatenya deh!

    ReplyDelete

Post a Comment