Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Tanyain Aja-Q&A

8 comments


Dalam rangka menyegarkan pikiran, akhirnya bisa bikin postingan ini! Haha. Sebenernya udah kepikiran dari lama. Cumaaaaa, ya namanya juga manusia yang suka berencana tapi mager ngelakuinnya hehe ðŸĪŠ


Akhirnya setelah Mbak Jane bikin, jadilah pengen ikutan juga (dasar suka ikut-ikutan). Rada maju mundur juga sih bikinnya. Soalnya kepikiran, emang ada yang mau nanya? 😅 Ya secara aku sadar diri hanyalah manusia biasa yang hidupnya membosankan haha. 


Tapiii, tolong dimaafkan diri ini. Kemarin aku kira semua pertanyaan bakalan bisa dibuka di archive Instagram meski udah lewat 24 jam. Eh, nggak tahunya nggak bisa huhu. Mana lupa screenshot pula. Cuma sempet nulis beberapa pertanyaan hiks. Mohon maklum ya newbie bikin ginian. 


Okidi. Check this out!


Apa hal yang paling berkesan selama 6 bulan di tahun 2022 - @mueocie

Baca ini aku jadi coba mengingat-ingat, apakah ada hal yang menarik 6 bulan terakhir? Jawabannya nggak ada! ðŸĪĢ Hahahah. Parah banget nih. Kayaknya sudah waktunya aku keluar goa. Maafkeun mengecewakan.


Palingan waktu menang lomba blog Creatonme ini sih. Itu pun bukan yang juara 1, 2, atau 3. Cuma juara favorit kalo nggak salah. Cukup berkesan karena setelah sekian lama ngeblog, akhirnya punya prestasi yang bisa aku tulis di CV hehe.


Tips konsisten buat nulis - @bun.doy


Aku masih belum begitu konsisten nulis hehe. Masih sering bolong. Kemaren aja pengen ikutan BPN Challenge eh cuma bertahan berapa hari doang. Mungkin karena ini lebih ke nulis tiap hari ya. 


Di sela-sela stuck nyari ide waktu itu, aku tetiba nemu postingan di IG yang isinya, jangan fokus sama kuantitas tapi fokuslah pada kualitas. Jleb! Bener juga. Gegara aku terlalu fokus ngejar posting tiap hari, waktu aku baca-baca jadi kayak nggak ada isinya. 


Meski balik lagi ya ke orangnya. Kebetulan aku tipe yang nggak bisa nulis ‘bagus’ dalam sehari aja hehe. 


Kalo mau konsisten mungkin bisa coba bikin content plan mingguan atau bulanan (bikin pake Notion enak banget). Trus dipecah lagi jadi to do list harian. Kalo ini aku masih manual pake buku kecil khusus tulis to do list. Karena sensasi coretnya bikin plong hehe. Yang paling penting selalu inget tujuan dari nulis apa. 


Mungkin bisa dicoba beberapa bulan dulu. Nanti sambil jalan pasti ketemu polanya yang sesuai. Karena pola tiap orang beda-beda. Aku dulu awal tahun gini, tapi makin ke sini makin longgar hehe 😂.


Gimana cara agar rajin menulis? Time management nya seperti apa - @mueocie

Ini sama sih kayak nomor 2 hehe. 


Time management ini aku juga masih belajar. So far, aku paling efektif kalo bikin to do list harian. Dari berbagai macam kegiatan, aku kerjain yang jadi top priority dan diselingi juga jeda buat istirahaaatttt. 


Meski udah deket deadline, istirahat bentar 15-30 menit ini penting banget. Biar nggak stuck. Takutnya kalo pikiran nggak diistirahatin dan dipaksa biar cepet selesai, eh bukannya cepet selesai tapi justru lebih lama selesainya (berdasarkan pengalaman haha). Terutama ini kalo yang dikerjain di bidang kreatif. 


Oh ya sesuaiin juga sama waktu produktif. Kan nggak semua orang bisa start pagi ya. Ada yang siang, sore, malem. 


Gimana cara biar sering dapat ide nulis di blog - @mueocie


Aku juga masih lumayan sering stuck nyari bahan buat ngeblog sebenernya. Karena blog ini isinya lebih banyak review, jadi ya sekadar nulis apa yang lagi ditonton, dibaca, atau dipake. 


Katanya sih, ide bisa muncul dari mana aja. Anehnya, mostly aku sering dapet ide (bukan ngeblog tapi lebih ke cerita fiksi) waktu lagi di jalan. Lagi naik motor haha. Atau kalo nggak gitu pas lagi di toilet! 😆 Astaga ternyata ini beneran. Nggak tahu kenapa bisa gitu ya. 


Biasanya di sela-sela nonton atau baca buku juga ada aja sih ide. Atau waktu ketemu temen ngobrol dan dapet insight baru. Biasanya ini sih momen-momen ide muncul. Tapi seringnya pas naik motor sama di toilet hehe.


Apa jajanan/minuman favorite di tahun ini - @mueocie


Sejujurnya aku nggak begitu sering jajan belakangan. Hmmmm…. *ngecek archive IG*


Tapi, kalo diinget-inget makanan yang pernah aku coba dan bikin aku, “Hmmmm..” sambil mendelik adalah Molten Cake dari Carnaby. 


Sumber: Instagram

Jadi ini sejenis brownies yang dalemnya ada lelehan coklat. Uniknya, rasanya lelehan coklatnya ada campuran keju yang bikin rasanya nggak eneg. Ada manis, ada sedikit asin (?). Enak deh pokoknya! 😋


Terus minumannya juga dari cafe yang sama. Iced Matcha. Aku nggak seberapa berekspektasi awalnya. Soalnya rata-rata cafe matchanya B aja. Eh begitu minum, aku ber-hmmm ria dan mendelik singkat. 


Btw, snack ini sangat jadi andalan kalo lagi butuh coklat segera. ChocoPie HAHA. 




Kalau dapat kesempatan ke Jakarta, paling ingin berkunjung ke mana? - @mueocie


Sebenernya aku nggak begitu tahu banyak soal Jakarta kalau nggak dari postingan temen. Soalnya Jakarta jadi kota yang paling aku hindari haha (maafkan aku warga Jakarta). 


Dulu waktu SMA aku pernah ikutan papa ke Jakarta buat kerja. Aku bolos beberapa hari HAHA. Meski bukan pertama kalinya, tapi waktu itu aku ngerasa shock. Macet. Polusi. Aduh, intinya nggak aku banget. Beruntung Surabaya masih kalem-kalem wae. 


Pertama kali ke Jakarta jaman SD kayaknya ke Monas sama Dufan gitu deh. Waktu itu kan mana paham ya gimana suasana kota yang menyenangkan atau nggak. Yang ada dipikiran mah cuma main sama makan eskrim haha. 


Naaahh, tapi, kalo ditanya tempat yang pengen aku kunjungi di Jakarta adalah Hutan Kota GBK. ini gegara liat postingan kamu, Li! Suka aja sama suasananya bisa lesehan di tengah kota gitu. Sore-sore sambil ngemil dan ngobrol sama temen. Seru sih kayaknya. ðŸ˜


Teruuuusss, aku juga pengen ke Museum MACAN, Museum MOJA, Art 1 New Museum, dan….apa ada museum yang menarik lagi? Nggak lupa juga termasuk planetarium hehe


rekomendasi museum macan jakarta
Sumber: Instagram

Sea World ini jugaa pengen banget. Template banget yaa haha. Aku lupa dulu pernah ke sini atau nggak. Trus perpus! Gegara liat di TikTok Perpustakaan Kemendikbud dan Perpustakaan UI kayaknya lengkap dan cozy banget jadi mupeng. 


Hmmm, mana lagi ya? 


Sejujurnya jawab ini aku sambil browsing tempat wisata yang menarik haha. Soalnya bener-bener nggak ada ide.


Hobi selain blogging - @reggievia


Baca buku, fotografi, traveling, bengong, degerin lagu, nonton film dan drama, ngemil, window shopping (liat-lihat barang unyu di ACE, Infroma, KKV, Miniso ðŸĪĢ), mewarnai, so far itu yang aku inget, Mbak Jane hehe. 


Kalo ngomongin hobi, aku jadi kangen hunting foto. Padahal dulu sering banget hunting tiap weekend. Tapi, sejak pandemi (kayaknya) udah nggak pernah hunting lagi. Dan aku ngerasa kayaknya skill ku semakin melemah *halah. Mungkin kebanyakan pake HP yang mostly asal jepret kali ya.


Biasa aku kalo kangen hunting atau mau nostalgia dulu ngapain aja, aku scroll IG ku sampe bawah. Dan kalo dibandingin dulu sama sekarang beda banget haha. Kayak mendingan foto dulu yang feelnya lebih free😅


Temen yang biasanya aku ajak hunting udah pada sibuk dan di luar kota. Trus, komunitas yang aku gabung juga udah berubah haluan. Hiks. Dulu sih masih seneng-seneng aja hunting sendirian. Tapi, nggak tahu deh sekarang kok banyak takutnya. 


Jadi inget kata-kata Lia yang bilang kalau makin dewasa kita jadi makin takut banyak hal.


Btw pertanyaa di atas di dominasi Lia dalam rangka karena aku bilang ‘Takut nggak ada yang tanya’ HAHA. thanks, Li. ayo kamu buat juga ntar gantian aku yang bayak tanya hihi. 


Jawab pertanyaan di atas ternyata cukup lama juga ya. Padahal aku kira bakal bisa cepet. Ketahuan banget hidupku sangat membosankan belakangan. Entah kenapa rasanya banyak stuck. Kayak mikirin, apa yang aku jalani sekarang bener nggak sih? Keputusan yang aku ambil sekarang udah tepat belom ya?


Karena aku cukup takut menyesal di kemudian hari. Belum lagi usia yang semakin bertambah tanpa permisi. Ketemu temen yang punya hidup warna-warni kadang jadi insecure hehe. Meski aku udah berusaha menyakinkan diri, tapi ternyata keyakinan itu ups and down.


Tapiiii oh tapii, rasa penasaran buat cobain hal-hal yang ada di hati ternyata lebih gede. Aku cuma nggak mau nyesel dikemudain hari karena nggak nyobain ini itu. Mumpung masih muda (semoga aku selalu punya jiwa muda haha).


Dah ah. Nggak nyangka curcol begini panjang amat. Thank youuu banget buat teman-teman yang udah nanya hihi. Ayo, kalian juga bikin nanti aku nanya banyak-banyak (dan sulit haha *canda). Mari berjumpa di curcol selanjutnya~


Salam,

Dea Merina

💃ðŸŧ
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn yang berhubungan dengan menulis dan fotografi hihi

Related Posts

8 comments

  1. Mba Deaaa ya ampun sama, aku kalau ke Jakarta juga pinginnya ke Sea World. Dua kali ke sana belum kesampean terus. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha samaan kita mbak. ayo ke sana bareng kalo gtu. ntar minta tolong Lia jadi guide nya *ngaco ðŸĪĢ

      Delete
  2. uuuuuww yang bagian akhir-akhir hampir sama sih huhuhu. Dunia orang dewasa gini banget ya tapi harus tetep semangat heuheu. Kalau untuk fotografi gitu lebih enak pakai kamera digital atau hp sih ?

    ReplyDelete
  3. WKWK maaf, ini aku borongan banget kasih pertanyaannyaa ðŸĪĢ. Terima kasih Kak Dea udah mau aku kerjainn *ehhh 😝🙈

    Kakk, seru banget bacain jawaban-jawaban Kakak 😍. Pertama-tama aku ingin ucapkan selamat atas terpilihnya Kak Dea menjadi juara favorit lomba blogging ❤️. Juara favorit itu udah termasuk keren lhooo!! 😍. Semoga next time bisa masuk ke dalam 3 besar 🙈 *ambisius

    Wawww, ternyata chocopie adalah snack andalan Kakak!! Memang enak sih snack iniii, teksturnya beda dari biskuit-biskuit pada umumnya gitu kannn 🙈

    Bahkan Jakarta sekarang untuk urusan macet dan polusinya semakin bertambah, Kak ðŸĨē. Tapiiii, kapan-kapan main ke Jakarta boleh lahh~ apalagi Kakak kan suka foto-foto, pas banget sekarang di Jakarta udah banyak spot foto yang tjangtip 😍 barangkali nanti Kakak bisa singgah ke sana~ terus Taman Ismail Marzuki dan Planetarium habis direnovasi menjadi semakin tjangtip!! Wah, kayaknya Kakak bakalan suka sih 🙈. Ayo ke Jakarta, Kak 😝 *berusaha ngeracun

    Lihat-lihat barang unyu di KKV dan Miniso itu termasuk salah satu kegiatan yang sulit dihindari ya ðŸĪĢ. Asli, padahal mah nggak pengin beli apa-apa, tapi demen aja gitu kalau masuk ke KKV atau Miniso ya ðŸĪĢ

    ReplyDelete
  4. yakin, bakal bingung kalau ke jkt mau ke mana. meski masih macet dan polusi tapi banyak ikon baru yg menarik dan keren.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya lebih suka nulis setiap hari, meski sekarang harus di beda blog, tapi tetep diusahain setiap hari menulis.
    Kalau masalah kualitas, balik lagi ke pembaca sih, pembaca butuhnya apa?
    Kadang orang fokus ke kualitas, tapi jadinya kaku, dan kurang bisa dinikmati.

    Ada juga yang fokus nulis hal-hal umum yang dibutuhkan banyak pembaca, tapi ya gitu.
    kalah bersaing di SERP, sehingga tulisannya nggak terbaca sama yang memerlukan.

    Makanya saya pilih nulis aja, apa aja yang ada di pikiran saya, nulis dengan ciri khas saya, trus rajin branding, sambil sesekali bersaing di SERP hahahah

    ReplyDelete
  6. baca ini jadi flashback sendiri, waktu itu ngasih pertanyaan apa enggak aku ya hahaha
    ngomongin management waktu antara kerjaan sama blogging memang susah gampang, kadang di kepala pengen nulis ini, tapi pas mau nulis ehhh godaannya banyak dan ujung-ujungnya ga selesai hahaha, ini kalau aku.
    kayak sekarang aja nih, komen jam setengah 1 pagi wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Mba Deaa, pukpuk dulu sinii. Aku pun pernah ngerasain hal yang sama, kayak kok hidup gini-gini aja, temen-temen gue pencapaiannya udah ke mana-mana. Kalau pikiran kayak gitu udah menyerang, biasanya aku cepet-cepet alihkan dengan aktivitas lain sesimpel beberes rumah. Terus, nulis daftar small wins di jurnal, sambil mikirin kira-kira ada hal apa yang pengen dilakukan. Jadi ya fokus sama diri sendiri aja, nggak ribet nunggu atau lihat orang lain, hihi. Semangat, Mba Dea! Mba Dea sendiri termasuk blogger yang konsisten, aku salutt ðŸĪ—

    Btw, aku punya beberapa teman luar daerah juga berpendapat sama tentang Jakarta, terlalu padat dan segala sesuatu kayak overhyped 😂 tapi ya gitu, udah di Jakarta juga maunya ke mall lagi, karena menurut mereka mall ibu kota keceh *ini no debat wkwkwk*

    Pankapan main ke Bogor aja sini, Mba Deaaa. Aku ajak ke tempat makan enak sambil liat views 😆

    ReplyDelete

Post a Comment