Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Cara Menampilkan Jumlah Postingan Pada Homepage Blog

2 comments
cara emnampilkan jumlah postingan homepage blog
Beberapa waktu lalu, saya sempat kebingungan dengan tampilan halaman utama (Homepage) blog yang hanya menampilkan beberapa postingan saja. Padahal, masih tersisa banyak space sampai ke bagian paling bawah dari halaman (footer).

Bisa dilihat di gambar di bawah artikel yang muncul pada Homepage hanya 4 aja, belum termasuk Featured Post. 
Cara Menampilkan Jumlah Postingan Pada Homepage Blog
sebelum menggunakan 'Jump Break'

Bagi sebagian orang mungkin hal ini terlihat remeh, tapi bagi saya hal ini cukup mengganggu karena audience yang mengunjungi Homepage akan terbatas dengan artikel yang sedikit. Padahal, bisa jadi mereka tertarik dengan artikel lainnya dan meningkatkan Page Views hihi.

Kalau bisa menampilkan banyak artikel pada Homepage tanpa mengklik page berikutnya, kenapa nggak? 

Jumlah Post Tidak Sesuai

Setelah saya cek pada menu Setting > Post, saya sudah mengubah ke angka yang lebih banyak. Tapi postingan yang tampil pada halaman Homepage tetap nggak berubah. Awalnya saya pikir hal ini dipengaruhi oleh template (sebelum ini) yang saya gunakan.
cara menampilkan jumlah postingan pada homepage blog
Karena banyak sekali kendala teknis yang terjadi dengan template sebelumnya. Entah warna halaman yang berubah, tulisan yang tiba-tiba membesar atau mengecil padahal waktu setting di post sudah bener, dan banyak kendala lainnya.

Saya pun browsing dan mencoba berbagai solusi yang diberikan. Termasuk mengutak-atik html yang saya nggak begitu pahami. Tetap saya nggak berhasil kisanak. Sedih banget.

Sampai suatu hari saya menemukan artikel Mbak Igniel yang bumbayah ini. Akhirnyaaaaaa, bisa dong muncul postingannya sesuai yang saya inginkan. Eureka!💃🏻 Dan ternyata yang perlu saya lakukan adalah memberikan batasan paragraf yang ditampilkan pada postingan dengan menggunakan fitur ‘Insert Jump Break’.

Hanya 1 klik saja, semua masalah terpecahkan gengs. Hiks terharu biru.

Setelah perjuangan beberapa hari ngutak-atik sampai otak ngebul, semuanya terselesaikan dengan 1 klik. Teman-teman bisa banget baca-baca blog hacks di blog Mbak Igniel. Template ini juga saya dapatkan dari blog Mbak Igniel hihi.😜

Penyebab Postingan Tidak Muncul

Setelah saya baca-baca tulisan Mbak Igniel, ternyata penyebab utama dari tidak munculnya postingan di Homepage blog adalah mengetik dari Word. yes. Selama ini saya memang terbiasa mengetikkan tulisan di Word (Google Doc) lalu saya salin ke editor Blogger.

Sebenernya alasannya ya supaya punya arsipnya aja. Selain karena saya kurang nyaman langsung mengetik di editor Blogger.

Sewaktu menulis di Word ternyata bukan hanya tulisan yang tersalin, melainkan beberapa kode HTML pun ikut tersalin pada laman editor Blogger yang membuat keterbacaan kode menjadi berbeda. Kalau kata Mbak Igniel HTML nya belum tertutup.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi masalah ini, sebenernya ada beberapa cara. Tapi, kali ini saya bakalan tulis cara mengatasi jumlah tampilan postingan pada blog yang berhasil untuk saya.

1. Masuk ke editor postingan dalam tampilan ‘Compose’ bukan ‘HTML’ ya.
Cara Menampilkan Jumlah Postingan Pada Homepage Blog

2. Pada akhir paragraf pertama, klik fitur ‘Insert Jump Break’ seperti di gambar.
cara menampilkan jumlah postingan pada homepage blog

3. Kalau sudah muncul garis panjang seperti di gambar berarti sudah benar ya.
cara menampilkan jumlah postingan pada homepage blog

4. Save perubahan. Kalau sudah bisa preview
cara menampilkan jumlah postingan pada homepage blog
Lakukan ini pada semua postingan. Iyaaa semuanyaa satu per satu kisanak. Sedikit PR ya bund buat yang sudah punya banyak tulisan hehe. Tapi, ya mau gimana lagi. Demi bisa menampilkan banyak postingan di setiap page.

Cara Menampilkan Jumlah Postingan Pada Homepage Blog
Foilaaaa, bisa muncul lebih banyak deh artikel di Homepage hihi. Asli seneng banget perjuangan beberapa hari. Maklum ya bun, saya nih nggak begitu paham kalau perihal HTML. Itulah kekurangannya kalau pakai Blogspot

Mau migrasi ke Wordpress tapi kok ya rada ribet juga ya. Karena bisa di bilang Blogspot ini simple sebenernya kalau nggak banyak mau hehe. 


Selamat mencobaaaa! 💃🏻
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

2 comments

Anton Ardyanto said…
Betul sekali Dea, kalau memakai Blogspot dan masalah ini terjadi, pada kebanyakan template cukup dengan memasukkan jump break. Itu bukan hanya karena memakai Word atau template tertentu kok Dea.. Saya ketika memakai template buatan Mas Sugeng juga sering mengalami hal yang seperti ini. Padahal, saya menulisnya langsung di dahsboard blogspot tanpa lewat Word.

Pemecahannya sama...
Ainun said…
Yes ini juga kendala aku dulu mbak sebelum ganti template, sampe pegel sendiri hahaha.

Aku juga berpikiran sama kayak mbak Dea, nulisnya lebih sering di word dulu. Tapi setelahnya aku salin ke notepad. Nah, dari notepad baru aku copas ke blog
Ribet ya hahaha