Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

6 Wisata Menarik di Padang yang Bikin Kamu Betah Liburan!

1 comment

Masjid Raya Sumatera Barat padang
Menjelang lebaran, sudah tahu mau liburan ke mana?

Indonesia terkenal dengan banyak tempat indah dengan pemandangan yang menakjubkan. Mulai dari Bali, Lombok, sampai Papua. Namun, liburan ke Pulau Sumatera khususnya Padang bisa jadi alternatif kalau kamu bosan ke tempat wisata yang ramai dan terkenal loh. Tiket pesawat ke Padang juga jadi salah satu rute yang populer dicari di Traveloka loh.

Sebagai jantung Sumatera Barat, Padang merupakan sebuah kota pelabuhan di mana kamu bisa melihat pemandangan alam dan budaya Indonesia yang kental. Ada banyak arsitektur kolonial jaman Belanda yang bisa kamu temui di Kota Tua Padang.

Gak cuma itu, pemandangan Pantai Air Manih juga lekat dengan legenda dari masyarakat lokal. Pokoknya, Padang gak kalah keren dari Bali! Penasaran dengan berbagai tempat wisata menarik di Padang? Yuk, intip rekomendasinya di bawah!

Tempat Wisata Menarik di Padang

Nah, berikut ini adalah tempat wisaya menarik di Padang yang bisa menjadi referensi liburanmu. Biar liburanmu ke tempat yang sama terus. Kan, bosen yak? Yuk, simak!

1. Danau Maninjau

rekomendasi tempat wisata di padang
Sumber: Google
Danau ini jadi tempat wisata magis yang wajib kamu kunjungi. Danau ini memiliki panjang sekitar 16 km dan lebar 7 km. Untuk menuju ke sini, kamu butuh waktu 3 jam dari Kota Padang.

Biasanya wisatawan datang ke sini untuk memancing atau sekedar menikmati matahari terbenam yang indah. Jangan lupa buat mampir ke restoran setempat untuk nikmatin makanan khas Padang, ya.

2. Air Terjun Lembah Anai

tempat wisata di padang
sumber: Google
Kalau kamu mau mampir untuk sekedar singgah dan mencelupkan kaki ke dalam air terjun dingin, coba mampir ke Air Terjun Lembah Anai ini dan rasakan kesegarannya. Letaknya berada di pinggir jalan menuju Bukittingi.

Jika kamu datang untuk menyegarkan pikiran dan melepaskan diri dari kesibukan, maka lokasi wisata ini cocok untuk didatangi. Untuk menikmati kesegaran air terjun, kamu akan diminta biaya di pintu masuk.

3. Pantai Air Manih

Pantai Air Manih padang
Sumber: Antara
Kamu pernah dengar cerita Malin Kundang ‘kan? Nah, Pantai Air Manih inilah yang menyimpan batu Malin Kundang yang terkenal itu.

Air Manih memiliki arti Air Manis secara harfiah. Letaknya berada di selatan Padang. Pantainya diselimuti dengan pasir berwarna cokelat namun tetap indah untuk dikunjungi.

Kamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan di sini seperti mengendarai ATV, menyewa perahu motor, sampai berkemah di tenda yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

4. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya padang
Sumber: Wikipedia
Padang memiliki cerita-cerita terkenal, selain Malin Kundang, kisah Siti Nurbaya yang terkenal dan melegenda juga berasal dari kota ini. Nama jembatan ini diambil dari tokoh karya sastra klasik dari penulis Marah Rusli yang rilis pada 1922.

Cerita Siti Nurbaya sendiri tentang sepasang anak remaja yang kisah cintanya berakhir dalam tragedi dan pengorbanan.

Jembatan ini sendiri dibangun pada tahun 1995 yang digunakan sebagai penghubung kota dengan Gunung Padang. Biasanya masyarakat atau wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto-foto dan melihat perahu berlabuh.

Selain dapat menikmati pemandangan yang indah, ada banyak makanan lokal yang dijajakan di sekitar Jembatan Siti Nurbaya ini. Apalagi jika kamu berkunjung pada malam hari, kamu bisa sekalian wisata kuliner Padang.

5. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat padang
Sumber: Harianhaluan
Padang jadi kota dengan masyarakat muslim yang cukup banyak. Tak heran Masjid Raya Sumatera Barat jadi masjid terbesar kedua di Sumatera. Luasnya sekitar 40.000 meter persegi dan bangunannya sendiri memiliki luas hingga 18.000 meter persegi.

Masjid ini pertama kali dibuka pada tahun 2014 dan memiliki arsitektur khas Minangkabau kontemporer yang bisa kamu abadikan dalam foto. Kamu bahkan bisa melihat atap ikoniknya yang menyerupai tanduk kerbau.

Bangunan masjid ini juga sudah dirancang untuk menahan gempa sebagai tanggapan atas gempa yang sempat mengguncang Sumatera Barat pada 2009.

6. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman padang
Sumber: Wikipedia
Jika kamu datang ke Padang untuk mencari tahu bagaimana sejarah masyarakat Minangkabau dengan baik, maka kamu harus datang ke Museum Adityawarman. Museum ini diambil dari nama Raja Adityawarman, seorang raja Malayapura pada abad ke-14.

Sama seperti Masjid Raya Sumatera, atap museum ini juga menyerupai tanduk kerbau yang jadi ciri khas rumah tradisional Minangkabau.

Koleksi museum ini cukup banyak, kamu bisa melihat berbagai koleksi arkeologi, sejarah, sampai seni rupa dari daerah tersebut. Semua koleksi sudah dilengkapi penjelasan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk masuk ke dalam museum, kamu akan dikenakan biaya tiket dengan harga Rp3.000, jadi ngga ada salahnya untuk mampir ke museum dan mengenal tanah Minangkabau lebih dekat lagi.

Gimana? Banyak ‘kan tempat wisata di Padang yang gak kalah keren dibandingkan kota lainnya di Indonesia?

Yuk langsung aja masukkin lokasi wisata di atas ke dalam daftar liburan kamu ke kota Padang. Jangan lupa juga buat pesan tiket pesawat ke Padang pakai Traveloka, ya. Kamu bisa dapetin harga menarik dan promo yang bikin kamu untung banget!

Makanya, langsung unduh aplikasi Traveloka dan cus pesan tiket pesawat ke Padang sekarang juga!

Kalau kamu pengen ke tempat wisata yang mana nih? Kalau saya sih pegen banget bisa ke Masjid Raya Sumatera Barat. Cakep banget!
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

1 comment

CREAMENO said…
Aduh cakep-cakep banget memang Sumbar ini yaaah, mba Dea. Kalau saya sepertinya paling ingin lihat Jembatan Siti Nurbaya ๐Ÿ˜ Cakep banget di foto yang mba Dea share, ada kapal-kapal lagi parkir juga. Sama mau ke museum Adityawarman, menarik deh Rumah Gadangnya terlihat megah ๐Ÿ˜†๐Ÿงก