Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Green Jobs, Peluang Pekerjaan Hijau Buat Kamu yang Ingin Selamatkan Bumi

15 comments

pekerjaan ramah lingkungan
Ilustrasi perempuan yang berkarier di Green Jobs/Canva
Teman-teman merasa nggak sih kalau sekarang mulai bermunculan produk ramah lingkungan?

Bukan cuma produk ramah lingkungan, tapi juga mulai banyak muncul pekerjaan ramah lingkungan atau yang disebut dengan Green Jobs. Sejujurnya saya senang sekali dengan hal ini karena setidaknya masih ada orang-orang yang peduli dengan lingkungan kita.

Tahu sendiri kan berapa lama kita sudah terbiasa dan terlena dengan hal-hal yang serba praktis dan cepat yang kebanyakan berdampak buruk pada lingkungan? Tentunya tidak mudah mengubah kebiasaan yang sudah terbentuk bertahun-tahun.

Plastik sekali pakai misalnya. Setidaknya, melihat bermunculan pekerjaan ramah lingkungan saat ini saya tidak pesimis banget dengan isu perubahan iklim belakangan ini. Bagaimana kalau kamu bisa berkarier sekaligus menyelamatkan bumi? Keren banget kan!

Dampak Perubahan Iklim Berisiko Sebabkan Kelaparan

perubahan iklim
Ilustrasi polusi udara oleh pabrik/Canva
Perubahan iklim saat ini terasa sangat nyata. Bukan hanya cuaca yang terasa lebih panas dan membuat kita banjir keringat, tetapi juga banyaknya bencana yang terjadi beberapa tahun terakhir, seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.
Dilansir dari Bisnis.com, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan, mengatakan bahwa pada periode 2020—2024 Indonesia diperkirakan mengalami kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan iklim yang diestimasi mencapai Rp544 triliun.
Dampak dari perubahan iklim dan naiknya permukaan laut turut memengaruhi nilai Gross Domestic Product (GDP) Indonesia, antara 0,66% sampai 3,45%. Kerugian ini tentunya akan berpengaruh pada kehidupan manusia.

Coba bayangkan kalau perubahan iklim terus terjadi. Cuaca yang semakin panas membuat lahan-lahan kekeringan. Pasokan pangan pun berkurang. Banyak petani dan sektor lain akan merugi. Bahan makanan yang langka pada akhirnya akan menimbulkan kelaparan.

Kalau hal ini terjadi tentunya akan sangat berbahaya karena berdampak pada kesehatan dan perekonomian. Akhirnya, negara kita akan mengalami krisis karena perubahan iklim akan memengaruhi keseluruhan lapisan hidup manusia.

Oleh karena itu, mencegah perubahan iklim dapat dilakukan dengan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya dengan menciptakan pekerjaan ramah lingkungan yang bermutu dan layak.

Pengertian Green Jobs dan Peluang Kerjanya

transisi energi
Ilustrasi pekerjaan ramah lingkugan/Canva
Biasanya pekerjaan ramah lingkungan identik dengan hal-hal yang kotor dan berbahaya, seperti pengolahan limbah, energi biomassa serta konstruksi. Tidak hanya itu, Green Jobs sebelumnya memiliki upah yang relatif kecil sehingga masyarakat kurang tertarik dan memilih pekerjaan lain.
Namun, itu dulu. Saat ini, pekerjaan hijau atau Green Jobs merupakan salah satu jenis pekerjaan ramah lingkungan yang layak demi pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Dengan Green Jobs, transisi energi dapat didorong lebih cepat sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini pun sesuai dengan revolusi industri 4.0 yang tidak hanya memiliki dampak positif pada kesejahteraan masyarakat, tetapi juga untuk lingkungan di masa kini dan masa depan.

Menurut International Labour Organization (ILO), Green Jobs dapat menciptakan 24 juta lapangan pekerjaan di tahun 2030. Kondisi ini tentu berdampak pada peningkatan kebutuhan keterampilan dan kualifikasi serta pelatihan baru.

Di pasar global, saat ini 2,3 juta orang telah bekerja di sektor energi terbarukan selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, pada sektor energi alternatif angin diperkirakan meningkat hingga 2,1 juta serta 6,3 juta di sektor energi matahari pada tahun 2030.

Peluang Green Jobs saat ini tentunya sangat menjanjikan. Berkarier sekaligus menjaga lingkungan menarik untuk dilakukan. Sebagai individu, pasti ada kebanggaan tersendiri dengan kontribusi yang kita lakukan pada lingkungan. 

Saya pribadi jadi mulai tertarik untuk melirik Green Jobs nih. Namun, kira-kira profesi apa ya yang cocok buat saya?
wawasan kebangsaan
Ilustrasi pekerjaan ramah lingkugan/Canva
Kalau kamu mulai ingin berkarier sekaligus berkontribusi dalam menyelamatkan bumi kita, ada beberapa pilihan Green Jobs:
  • arsitek ramah lingkungan,
  • desainer fashion berkelanjutan,
  • pengusaha makanan organik,
  • teknisi mobil listrik,
  • start up energi terbarukan,
  • start up waste management,
  • petani urban,
  • digital marketer,
  • insinyur lingkungan,
  • spesialis eksplorasi panas bumi,
  • pemandu wisata ekoturisme,
  • teknisi sistem energi matahari,
  • content creator,
  • pengacara lingkungan hidup,
  • ahli hidrologi,
  • peneliti, guru, atau dosen,
  • dan lain-lain.
Buat kamu yang sudah lulus dan merasa latar belakang pendidikanmu tidak relevan dengan lowongan pekerjaan ramah lingkungan di atas, tenang. Kamu tidak perlu putus harapan dulu. Kamu tetap bisa berkontribusi sesuai dengan kapasitasmu.
Apa pun yang kamu lakukan, bahkan dari hal terkecil sekalipun akan bisa memiliki dampak positif.

Greenjobs.id, Job Portal Khusus Kamu yang Ingin Selamatkan Bumi

Menemukan lowongan pekerjaan di era teknologi ini memang agak rumit. Banyak sekali job portal yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan. 

Mungkin kamu akan bingung memilih dan memilah yang mana pekerjaan yang benar-benar Green Jobs?
greenjobs.id
Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Ada job portal greenjobs.id yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan ramah lingkungan. Kamu bisa pilih di level pekerjaan lepas, pekerjaan sementara, atau staf, menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan, di greenjobs.id kamu bisa meningkatkan keterampilan dengan mengikuti pembelajaran daring yang berhubungan dengan pekerjaan ramah lingkungan. 

Tentunya pembelajaran ini akan dapat membantumu menambah keterampilan dan wawasan kebangsaan mengenai Green Jobs di Indonesia.

Oh ya, job portal ini tidak hanya untuk pencari kerja. Kalau kamu memiliki perusahaan yang ramah lingkungan dan membutuhkan tenaga kerja, kamu juga bisa memasang iklan lowongan pekerjaan di greenjobs.id.

Bisa dibilang greenjobs.id ini job portal yang lengkap karena menyediakan kebutuhan pekerjaan ramah lingkungan. Kapan lagi kamu bisa berkarier sekaligus mendorong transisi energi dan menyelamatkan bumi?

Kamu tertarik pekerjaan ramah lingkungan yang mana?
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

15 comments

Tira Soekardi said…
Dengan banyaknya yang berhubungan dengan lingkungan makanya green jobs sangatlah relevan dengan bangaknya perubahan iklim, lingkungan.
Fanny_dcatqueen said…
Skr aja dah berasa gara2 perubahan iklim, banyak pasokan pangan kayak beras yg jadi langka. Temen2ku di Malaysia, juga pada ngeluh kok mba. Bukan cuma Indonesia yg berasnya jadi mahal dan terbatas, krn di LN sendiri sama kok. Naik tinggi dan terbatas. Makanya temen2 Malaysia waktu itu cerita juga mereka jadi switch ke roti gandum atau mie dan pasta. Aku sendiri jadi balik ke kentang lagi.

Sudah waktunya kita makin sadar utk menjaga alam juga, ntah lewat pekerjaan yg berkaitan dengan green jobs atau kayak aku yg housewife, ya dengan cara2 mengurangi pemakaian listrik, sampah organik ga dibuang sembarangan, atau mengurangi pemakaian plastik.
pasti menyenangkan ya. Punya peluang berkarier dan mendapatkan cuan sambil tetap menjaga lingkungan.
Bambang Irwanto said…
nah, hal ini sangat bagus dan bisa berkesinambungan. Banyaknya produk ramah lingkungan, diiringi juga banyaknya perusahaan atau industri yang membuat banyak juga peluang kerja hijau. Akhirnya lingkungan semakin terjaga. Tapi tetap juga harus dukungan masyarat, termasuk jangan membuang sampah sembarangan.
Kanianingsih said…
Ternyata bnyk juga pekerjaan yg berkaitan dg green jobs ya..
Bunda Saladin said…
Kirain pekerjaan green jobs hanya buat petani, ternyata ada banyakk ya. BTW mau cek dulu ah situsnya, sepertinya menarik. Ada yg bisa WFH gak ya?
Yonal Regen said…
Senang rasanya baca kabar ada portal yang menyediakan pekerjaan hijau seperti greenjobs.id ini. Kita memang sudah tidak bisa menunda-nunda lagi untuk bergerak dengan gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living, pun termasuk dalam bidang pekerjaan, ya
Wah, bener-bener bikin semangat nih! Green Jobs emang jadi pilihan keren buat yang pengen karier sekaligus ngebantu lingkungan. Dengan adanya platform kayak greenjobs.id, nyarinya juga jadi makin gampang. Langkah kecil buat bumi, tapi dampaknya bisa gede banget! 💚🌍
Kita bisa tetap produktif berkarya dan berkontribusi pada kebaikan lingkungan dan ikut menjaga bumi dengan Greenjobs ya.
Han said…
Wah keren greenjobs ini, jadi percaya bahwa kekayaan alam yang kita miliki ini semoga jatuh di tangan yang tepat dan ngga sembarangan bikin lapangan pekerjaan dengan merusak alam
lendyagassi said…
Teruntuk anak genzi nih wajib banget untuk cari kerja yang mengutamakan kelestarian bumi. Green jobs membuat kita semua menjadi lebih aware terhadap hal-hal kecil dan mendetail sperti menjaga keberlanjutan hidup mulai dari generasi sekarang sampai yang akan datang.
Indra DP said…
Nah ini kita bisa bekerja sembari menjaga keberlangsungan ekosistem lingkungan. Banyak juga ya bidang karir yang ramah lingkungan
Siti Mustiani said…
Banyak juga yaa pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai green jobs, semoga kebanyakan dari kita merupakan bagian dari green jobs juga.
GE MAULANI said…
Wah aku baru sadar kalau dulu pekerjaan yang ramah lingkungan tuh cenderung ke berbahaya dan kotor-kotoran ya kak. Beda banget sama zaman sekarang yang pilihan pekerjaan ramah lingkungannya makin banyak. Duh menarik yang digit marketer di portal greenjobs.id
Dee_Arif said…
Green job adalah pekerjaan masa depan yang menjanjikan ya mbak
Pas juga untuk yang peduli lingkungan