Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

Bye Kacamata! (Operasi Lasik di SALC Undaan)

22 comments

operasi lasik mata di SALC Undaan

Kalian tahu gimana rasanya pake kacamata dari kelas 4 sd (2004) sampe sekarang (2019)?

Capeeek banget, gengs. Makin lama seiring bertambahnya usia pun minusku makin nambah. Nggak tanggung-tanggung pula minus 7 dan silinder 3. Buatku yang udah gonta-ganti pacar, eh kacamata ding, selama 15 tahun makin lama aku ngerasa makin pesek hidungku. Dikarenakan minusku yang makin tebel hehe.

Terakhir kali aku pake kacamata minus macam ini, gengs. Frame bulat dengan lensa besar. Karena aku penggemar lensa kaca, jadi dengan minusku yang tebal makin kerasa beratlah kacamataku. 

Ini jelas banget mengganggu aktivitasku. Jogging bentar udah melorot. Sepedaan bentar, keringetan melorot. Kesel deh akhirnya nggak pake kacamata, eh nggak kelihatan. Apalagi kalo lupa naruh kacamata dimana, beuh paniknya diriku bukan main. 

Kacamata jadi kayak belahan jiwaku yang lain. Makanya seringkali aku marah kalo kacamataku disembunyiin karena aku merasa nggak berdaya bergantung sama kacamata.

Pada akhirnya aku memutuskan untuk operasi LASIK. Aku tanya-tanya sama temenku yang pernah operasi dan baca blog beberapa orang yang udah pernah lasik. Aku juga browsing kira-kira dimana tempat yang bisa menjalani operasi lasik mata minus ini. 

Di google aku nemu 2 pilihan, antara Surabaya Advanced Lasik Centre (SALC) Undaan dan RS Mata Kebonsari. Setelah baca review google untuk kedua tempat ini aku pun condong ke SALC Undaan. 

Tes Pre-LASIK (tes layak kondisi mata)

Senin (17/6) aku kesana sama mama. Aku dateng jam 10 pagi. Setelah tanya-tanya, aku pun memutuskan untuk langsung melakukan pre-LASIK. Jadi, pre-LASIK adalah tes yang dilakukan untuk mata kita sebelum menjalani operasi lasik

Di tes ini mata kita bakalan dilihat tebal kornea berapa, keadaan retina gimana, kekuatan mata gimana, pokoknya kesiapan mata untuk menjalani operasi. Untuk kalian yang mau melakukan pre-LASIK, aku saranin jangan sendirian. Soalnya mata kalian bakalan dikasih obat tetes untuk besarin pupil. Nggak disaranin untuk nyetir, karena beuh silau banget, sist. Trus jangan lupa juga bawa kacamat hitam. Biaya pre lasik Rp1.500.000.

operasi lasik mata di SALC Undaan
biaya operasi lasik

Sebenernya pre lasik ini nggak lama sih, yang bikin lama adalah nunggu obat tetes bekerja dan nunggu dokter untuk konsultasi kondisi mata. Kurang lebih lama pre-LASIK makan waktu 2-3 jam. Tergantung ada nggak dokternya. Oh ya, kalo mau pre-LASIK juga disarankan pagi karena kondisi mata masih segar. SALC Undaan buka jam 7 pagi.

Aku sempet nggak pede juga alias pupus harapan waktu diliat korneaku ada bekas luka. Takutnya itu bekas luka bakalan menyebabkan infeksi. Tapi untungnya bekas lukanya udah nggak aktif lagi. Jadi aman. Aku dijadwalkan operasi Rabu (19/6) jam 7.30 sudah standby di RS. Disarankan sebelum operasi cuci rambut dulu soalnya kelar operasi nggak boleh kena air dan debu. Alias nggak boleh keramas selama seminggu hihi.

operasi lasik mata di SALC Undaan
alat operasi lasik

Hari H operasi LASIK

Hari Rabu (19/6) begitu dateng langsung ngurus administrasi. Untuk lasik ada 2 metode yang bisa digunakan. Ada Metode Mikrokeratome sama Metode Femto. Perbedaan pada metode ini ada di alat yang digunakan. Harganya juga jelas beda ya, gengs

Karena mataku baik-baik saja jadi disarankan pake metode Mikrokeratome aja cukup. Harga operasi LASIK ini Rp22.000.000. Setelah bayar aku diminta nunggu alatnya disiapkan. Jam 9 aku mulai masuk ruang tunggu operasi. Pake baju operasi dan cap buat rambut. 

Buat yang perempuan nggak boleh pake kunciran rambut ya dan kerudung dilepas. Oh ya, di ruang tunggu ini dingin banget, gengs, jadi aku saranin pake baju yang nyaman dan hangat.

operasi lasik mata di SALC Undaan
Add caption

Setelah ganti baju mataku di tetesin beberapa obat termasuk bius lokal. Kelar ditetesin aku disuruh tutup mata. Sekitaran 10-15 menit perawatnya masuk dan netesin aku obat lagi dan aku tutup mata lagi. 

Setelah 10 menit perawatnya masuk ruangan lagi dan netesin mataku lagi untuk yang ketiga kalinya dan tetep diminta tutup mata sambil berbaring katanya disuruh istirahat dulu. Aku yang deg-degan gini sama sekali nggak bisa tenang, gengs, kedinginan pula padahal udah diselimutin. Tapi, mas-mas disebalahku malah bisa tidur dan mendengkur pula. Kok bisa?

Setelah sekitar 15 menit dokternya masuk ruang operasi. Aku dapet giliran kedua. Begitu giliranku, ya ampun aku cuma bisa istighfar sambil ngremes tanganku sendiri. Secara yakan aku nggak pernah masuk ruang operasi sama sekali. Masuk RS aja baru sekali dulu kena demam berdarah.

Aku pun berbaring dan mataku ditetesin obat lagi. Banyak banget, gengs. Begitu siap mataku mulai dipasang alat. Ada 3 tahap dalam operasi ini. 

  • Mengiris kornea mata
Meski tampak serem, tapi asli aku nggak ngerasain sakit atau apapun. Setelah ditetesin, mataku udah mulai kebas dan nggak kedip. Kelopak mataku diisolasi ke atas biar nggak ganggu dokternya. 

Mataku dipasang alat (mungkin cetakan), yang aku rasa ini yang buat ngiris korneaku. Tapi aku bener-bener nggak ngeliat ada benda tajam atau apapun. Kayak tiba-tiba aja waktu irisan korneaku diambil pake spatula pandanganku jadi gelap. 
  • Tahap laser kornea
Setelah pandanganku gelap, aku mulai dilaser kurang lebih selama 40 detik. Pokoknya ini cepet banget. Di tahap ini aku udah dibilangin kalau nggak boleh gerakin mata. Sampai perawat dan dokternya kasih aba-aba. 
  • Pengembalian irisan kornea 
Selesai di laser, irisan korneaku dibalikin pake spatula (?) dan foila aku udah bisa ngeliat jelas. 

Sejak masuk ruang operasi, perawat dan dokter selalu kasih instruksi. Mereka bakalan bener-bener nuntun apa yang harus dan nggak boleh kalian lakukan selama operasi berlangsung. Termasuk kapan kalian boleh gerak dan nggak. 

Waktu operasi untuk kedua mata makan waktu kurang lebih 30 menit. Aku bener-bener nggak ngerasain sakit atau apa pun dan rada bingung juga sebenernya gimana caranya korneaku diiris. Soalnya aku nggak liat pisau atau alat apapun gituuuu. Aku cuma liat tangan dokternya megang semacam sepatula kecil buat ambil dan balikin irisan kornea

operasi lasik mata di SALC Undaan

operasi lasik mata di SALC Undaan

Selesai Operasi, Mata Langsung Bisa Lihat Jelas!

Setelah selesai aku terharu banget bisa liat jam huhu. Aku balik ke ruang tunggu operasi dan ditetesin beberapa obat tetes lagi dan diminta nutup mata sambil berbaring. Setelah 10 menit, mukaku dibersihkan dari semua obat-obatan tadi. Operasi selesaaaaiii. 

Sebelum pulang aku dikasih oleh-oleh, obat tetes yang kudu rutin di pake dan tutup mata yang harus dipake kalo lagi tidur. Biar nggak kena benturan gitu. Udah deh kelar pulang. Jangan lupa pake kacamata hitamnya ya. Disarankan nggak boleh kena debu dan air. Jangan lupa obat tetesnya dipake rutin sampe sebulan.

Malam hari setelah operasi aku udah bisa liat jelas meski ada sedikit berbayang. Sesuai sama penjelasan perawat waktu pre lasik. Dari hasil tes emang mataku kekuatannya udah menurun. Entah karena udah kelamaan pake kacamata atau karena kacamata yang terakhir aku pake nggak sesuai dengan kebutuhan. 

Jadi harusnya aku pake kacamata yang silindernya 3 tapi dikasih lensa yang silindernya 2. Awalnya nggak nyaman, tapi lama-lama mataku terbiasa. Mungkin ini penyebabnya mataku Cuma bisa 90%. But it’s okay karena aku udah nggak butuh kacamata. Horay!

Kontrol Pasca Operasi Lasik

Kontrol pasca operasi ada 3 kali, h+1, h+7, sama h+30. Besoknya setelah operasi, mataku di tes lagi. Alhamdulillah hasilnya udah baik. Hidup nggak pake kacamata itu emang enak banget ya. Sampe sekarang aku masih nggak percaya sih hehe dan sering masih reflek mau lepas kacamata atau benerin kacamata hehe. 

Selama kontrol aku nggak perlu bayar lagi. Karena biaya Rp22.000.000 itu sudah termasuk kontrol dan obat yang dikasih ke aku. Aku merasa bersyukur banget bisa LASIK dan ngerasain punya mata normal kayak orang kebanyakan. 

Karena udah ngerasain betapa nggak enaknya pake kacamata tebel, jujur aku jadi lebih jaga kesehatan mata sih hehe. 

Nah, kira-kira begitulah pengalamanku operasi lasik. Ada yang pernah operasi atau yang berencana operasi juga?


***
Untuk update kondisi mata saya setelah 17 bulan operasi bisa dibaca di tulisan saya yang terbaru di sini.
deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

22 comments

sistem saraf said…
Selamat melihat indahnya dunia tanpa alat bantu hehe
sistem saraf said…
kayak buku diary ya..
Unknown said…
2mata 22jt ya kak. Blm pre lasik sblum opraso 1.5
Agnes said…
Kak kmrn dgn dokter siapa?
deamerina said…
kalo yg nanganin operasi kalo ga salah dokter irma deh. btw dokter yg nanganin aku ganti2 sih. dan kebetulan aku juga ga masalah soal itu. soalnya kalo mau ditanganin sama 1 dokter aja keknya ribet sama jadwalnya.

pre lasik aku konsul sama dokter laki lupa namanya, trus operasi sama dokter irma, pas pasca operasi juga aku ganti2 sih sama dokter yang lagi jaga aja.
Unknown said…
apalah akuu yang pejuang umr 😂
Unknown said…
Kak aku pernah baca katanya sebelum dicek kornea (prelasik) gk boleh pake kacamata&softlens selama seminggu.. Bener gak kak?
deamerina said…
lebih tepatnya ga boleh pake soflens selama kurleb seminggu. kalo kacamata masih gpp karena ga merubah bentuk mata kita. kalo pake softlens kan bentuk mata kita berubah (ngikutin softlens) jadi perlu di normalin dulu. gitu sih setauku hehe
yamin said…
minat sih sebenar nya tp kendala di dana😀
Unknown said…
Biaya konsul brp sist? Sama obat? Terus biaya kontrol brp? Setelah pernah operasi lasik, apa mata uda kembali normal dan nggak akan minus lagi matanya (permanen atau enggak)?
deamerina said…
kalokonsul bisa dilakuin setelah tes pre-lasik yang biayanya waktu itu 1,5. gatau skrg brp mungkin bisa langsung kesana buat tanya2. kalo kontrol ga bayar karena udah satupaket sama operasi (22jt)

pertanyaan terakhir inii yg sering bgt ditanyain orang dan termasuk pertanyaanku sendiri waktu itu. bisa balik dan nggaknya tergantung dari kebiasaan kita setelah itu. kalo kita gabisa ngejaga ya bakal bisa balik lagi. tapi kalo kita bisa jaga sih insyaAllah ga minus lagi. tapiii, tergantung usia juga. kan kekuatan mata kita juga semakin melemah. gtu sih hehe. semoga membantu
Anonymous said…
Kak, habis dioperasi itu bener" normal kak? Maksudnya barangkali masih minus 0, berapa gitu kak
deamerina said…
haloo makasih udah nanya. udah aku jawab di pertanyaan sebelumnya ya :) hehe
Lisa eliyana said…
Kak 22jt itu udah 2 mata kan ya jadi 1 mata itu 11 juta
deamerina said…
iya 22juta udah keduanya. aku kurang tahu sih kalo per bola mata gimana. bisa tanya langsung ke salc nya deh via telp. semoga membantu :)
Furisukabo said…
Di ruang operasi pasti deg-degan bangeett! Apalagi kita ga dibius total kan
cuma bagian mata ajaa
terus suruh ga gerak selama 40 detik matanya pulaaak
aku kayanya kaga tahan hahahaha

BTW selamat yaa sudah bisa meninggalkan si kacamata!!! ^^
deamerina said…
bangeett mah apalagi aku nggak pernah masuk ruang operasi
langsung auto kebayang adegan-adegan film 😱
tapi untungnya sih ga seserem itu 🤣
Furisukabo said…
iya kata temen yang juga operasi lasik sih cepet banget operasinyaaa haahaha tapi tetep aja ya sereeemmm >.<
Unknown said…
Kalau sekarang kira2 biayanya berapa ya mbak?
Dwi said…
Habisnya biaya semua sama kontrol lagi kesana brapa
emypuspita95 said…
Itu beneran gak boleh pake kerudung kak selama operasi? Kalau pakai ciput gimana ya kak?
Kangg Mas Joe said…
Halooo mba, sesuai janjiku. Aku beneran baca cerita mba yg ini kan, hehehe...

Pasti capek banget yaa dah pake kacamata sejak kelas 4 sd. Kalo aku sebetulnya jg sudah mulai racun sejak kelas 4 sd. Tapi dibiarkan aja. Dan akhirnya pad smp kelas 7, ada bantuan kacamata gratis, aku ikut deh dan sampe skrg pake kacamata teros..

Baca cerita nya jg rada serem yaa mbak, hihiii.
Tapi cukup terharu siihh ketika selesai operasi mba dea langsung bisa melihat dengan jelas yak.
Thanks sharing nya mungkin aku akan lasik juga hehe