Bye Kacamata! (Operasi Lasik di SALC Undaan)

by - June 28, 2019





Kalian tahu gimana rasanya pake kacamata dari kelas 4 sd (2004) sampe sekarang (2019)? Capeeek banget gengs. Makin lama seiring bertambahnya usia pun minusku makin nambah. Nggak tanggung-tanggung pula minus 6 dan silinder 3 #autonyanyi #hmmnisasabyan. Buatku yang udah gonta-ganti pacar, eh kacamata ding, selama 15 tahun makin lama aku ngerasa makin pesek hidungku. Dikarenakan minusku yang makin tebel hehe.

Terakhir kali aku pake kacama minus macam ini gengs. Frame bulat dengan lensa besar. Karena aku penggemar lensa kaca, jadi dengan minusku yang tebal makin kerasa beratlah kacamataku. Ini jelas banget mengganggu aktifitasku. Jogging bentar udah mlorot. Sepedaan bentar, keringetan mlorot. Kesel deh akhirnya nggak pake kacamata, eh nggak kelihatan. Apalagi kalo lupa naruh kacamata dimana, beuh paniknya diriku bukan main. Kacamata jadi kayak belahan jiwaku yang lain. Makanya seringkali aku marah kalo kacamataku disembunyiin L karena aku merasa nggak berdaya tergantung sama kacamata.

Pada akhirnya aku pun memutuskan untuk operasi lasik aja. Aku pun tanya-tanya sama temenku yang pernah operasi dan baca blog beberapa orang yang udah pernah lasik. Aku juga browsing kira-kira dimana tempat yang bisa menjalani operasi mata minus ini. Di google aku nemu 2 pilihan, antara Surabaya Advanced Lasik Centre (SALC) Undaan dan RS Mata Kebonsari. Setelah baca review google untuk kedua tempat ini aku pun condong ke SALC Undaan.

Senin (17/6) aku kesana sama mama. Aku dateng jam 10 pagi. Setelah tanya-tanya, aku pun memutuskan untuk langsung ngelakuin pre lasik. Jadi, pre lasik adalah tes yang dilakukan untuk mata kita sebelum menjalani operasi lasik. Di tes ini mata kita bakalan dilihat tebal kornea berapa, keadaan retina gimana, kekuatan mata gimana, pokoknya kesiapan mata untuk menjalani operasi. Untuk kalian yang mau ngelakuin pre lasik, aku saranin jangan sendirian. Soalnya mata kalian bakalan dikasih obat tetes untuk besarin pupil. Nggak disaranin untuk nyetir, karena beuh silau banget sist. Trus jangan lupa juga bawa kacamat hitam. Biaya pre lasik Rp1.500.000.

biaya operasi lasik


Sebenernya pre lasik ini nggak lama sih, yang bikin lama adalah nunggu obat tetes bekerja dan nunggu dokter untuk konsultasi kondisi mata. Kurang lebih lama pre lasik makan waktu 2-3 jam. Tergantung ada nggak dokternya. Oh ya, kalo mau pre lasik juga disarankan pagi karena kondisi mata masih segar. SALC Undaan buka jam 7 pagi.

Aku sempet nggak pede juga alias pupus harapan waktu diliat korneaku ada bekas luka. Takutnya itu bekas luka bakalan menyebabkan infeksi. Tapi untungnya bekas lukanya udah nggak aktif lagi. Jadi aman. Aku dijadwalkan operasi Rabu (19/6) jam 7.30 sudah standby di RS. Disarankan sebelum operasi cuci rambut dulu soalnya kelar operasi nggak boleh kena air dan debu. Alias nggak boleh keramas selama seminggu hihi.

alat operasi lasik


Hari Rabu (19/6) begitu dateng langsung ngurus administrasi. Untuk lasik ada 2 metode yang bisa digunakan. Ada Metode Mikrokeratome sama Metode Femto. Perbedaan pada metode ini ada di alat yang digunakan. Harganya juga jelas beda ya gengs. Karena mataku baik-baik saja jadi disarankan pake metode Mikrokeratome aja cukup. Biayanya Rp22.000.000. Aku diminta nunggu alatnya disiapkan. Jam 9 aku mulai masuk ruang tunggu operasi. Pake baju operasi dan cap buat rambut. Buat yang perempuan nggak boleh pake kunciran rambut ya dan kerudung dilepas. Oh ya, di ruang tunggu ini dingin banget gengs jadi aku saranin pake baju yang nyaman dan hangat.

Add caption


Setelah ganti baju mataku di tetesin beberapa obat termasuk bius lokal. Kelar ditetesin aku disuruh tutup mata. Sekitaran 10-15 menit perawatnya masuk dan netesin aku obat lagi dan aku tutup mata lagi. Setelah 10 menit perawatnya masuk ruangan lagi dan netesin mataku lagi untuk yang ketiga kalinya dan tetep diminta tutup mata sambil berbaring katanya disuruh istirahat dulu. Aku yang deg-degan gini sama sekali nggak bisa tenang gengs kedinginan pula padhal udah diselimutin. Tapi, mas-mas disebalahku malah bisa tidur dan mendengkur pula. Kok bisa?

Setelah sekitar 15 menit dokternya masuk ruang operasi. Aku dapet giliran kedua. Begitu giliranku, ya ampun aku Cuma bisa istighfar sambil ngremes tanganku sendiri. Secara yakan aku nggak pernah masuk ruang operasi sama sekali. Masuk rs aja baru sekali dulu kena demam berdarah.

Aku pun berbaring dan mataku ditetesin obat lagi. Banyak banget gengs. Begitu siap mataku mulai dipasang alat. Ada 3 tahap dalam operasi ini. Tahap pertama kornea mata bakalan di iris. Tahap kedua proses laser untuk mengikis kornea. Tahap ketiga pengembalian irisan kornea. Sekeliling mataku di isolasi (?) termasuk kelopak biar nggak ganggu. Tenang, jangan takut bakalan kedip soalnya kan udah ditetesin bius jadi mata kita bakalan kebas. Nggak bakalan kerasa kering.

Pokoknya ikutin aja intruksi dari perawatnya. Mereka bakalan bener-bener nuntun apa yang harus dan nggak boleh kalian lakukan selama operasi berlangsung. Termasuk kapan kalian boleh gerak dan nggak. Setelah dokternya pasang alat di mataku, irisan kornea mataku seketika diambil dan pandanganku jadi hitam. Nah disini laser mulai bekerja selama 40 detik. Ini yang bikin aku deg-degan karena nggak boleh gerakin mata. Setelah udah di laser, irisan korena tadi di balikin lagi. Foala! Pandanganku udah rada jelas meski rada ngeblur efek obat. Waktu operasi untuk kedua mata makan waktu kurang lebih 30 menit. Aku bener-bener nggak ngerasain sakit atau apa sih dan rada bingung juga sebenernya gimana caranya korneaku diiris. Soalnya aku nggak liat pisau atau alat apapun gituuuu. Aku cuma liat tangan dokternya megang semacam sepatula kecil buat ambil dan balikin irisan kornea. 




Setelah selesai aku terharu gengs bisa liat jam huhu. Aku balik ke ruang tunggu operasi dan ditetesin beberapa obat tetes lagi dan diminta nutup mata sambil berbaring. Setelah 10 menit, mukaku dibersihkan dari semua obat-obatan tadi. Operasi selesaaaaiii. Sebelum pulang aku dikasih oleh-oleh, obat tetes yang kudu rutin di pake dan tutup mata yang harus dipake kalo lagi tidur. Biar nggak kena benturan gitu. Udah deh kelar pulang. Jangan lupa pake kacamata hitamnya ya. Disarankan nggak boleh kena debu dan air. Jangan lupa obat tetesnya dipake rutin sampe sebulan.

Malam hari setelah operasi aku udah bisa liat jelas meski ada sedikit berbayang. Sesuai sama penjelasan perawat waktu pre lasik. Dari hasil tes emang mataku kekuatannya udah menurun. Entah karena udah kelamaan pake kacamata atau karena kacamata yang terakhir aku pake nggak sesuai dengan kebutuhan. Jadi harusnya aku pake kacamata yang silindernya 3 tapi dikasih lensa yang silindernya 2. Awalnya nggak nyaman, tapi lama-lama mataku terbiasa. Mungkin ini penyebabnya mataku Cuma bisa 90%. But it’s okay karena aku udah nggak butuh kacamata. Horay!

Kontrol pasca operasi ada 3 kali, h+1, h+7, sama h+30. Besoknya setelah operasi, mataku di tes lagi. Alhamdulillah hasilnya udah baik. Hidup nggak pake kacamata itu emang enak banget ya. Sampe sekarang aku masih nggak percaya sih hehe dan sering masih reflek mau lepas kacamata atau benerin kacamata hehe.  

Nah, kira-kira begitulah pengalamanku operasi lasik. Ada yang pernah operasi atau yang berencana operasi juga?

Untuk update kondisi mata saya setelah 17 bulan operasi bisa dibaca di tulisan saya yang terbaru di sini.

You May Also Like

19 comments

  1. Selamat melihat indahnya dunia tanpa alat bantu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pek alhamdulillah gini ternyata rasanya punya mata sehat hihi

      nb : bersyukurlah wahai kalian yang ga pernah merasakan pake kacamata
      oh iyaaa aku ada blog khusus nulis cerita-cerita
      https://catatannonapanda.wordpress.com/

      Delete
  2. 2mata 22jt ya kak. Blm pre lasik sblum opraso 1.5

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kalo yg nanganin operasi kalo ga salah dokter irma deh. btw dokter yg nanganin aku ganti2 sih. dan kebetulan aku juga ga masalah soal itu. soalnya kalo mau ditanganin sama 1 dokter aja keknya ribet sama jadwalnya.

      pre lasik aku konsul sama dokter laki lupa namanya, trus operasi sama dokter irma, pas pasca operasi juga aku ganti2 sih sama dokter yang lagi jaga aja.

      Delete
  4. apalah akuu yang pejuang umr πŸ˜‚

    ReplyDelete
  5. Kak aku pernah baca katanya sebelum dicek kornea (prelasik) gk boleh pake kacamata&softlens selama seminggu.. Bener gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih tepatnya ga boleh pake soflens selama kurleb seminggu. kalo kacamata masih gpp karena ga merubah bentuk mata kita. kalo pake softlens kan bentuk mata kita berubah (ngikutin softlens) jadi perlu di normalin dulu. gitu sih setauku hehe

      Delete
  6. minat sih sebenar nya tp kendala di danaπŸ˜€

    ReplyDelete
  7. Biaya konsul brp sist? Sama obat? Terus biaya kontrol brp? Setelah pernah operasi lasik, apa mata uda kembali normal dan nggak akan minus lagi matanya (permanen atau enggak)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalokonsul bisa dilakuin setelah tes pre-lasik yang biayanya waktu itu 1,5. gatau skrg brp mungkin bisa langsung kesana buat tanya2. kalo kontrol ga bayar karena udah satupaket sama operasi (22jt)

      pertanyaan terakhir inii yg sering bgt ditanyain orang dan termasuk pertanyaanku sendiri waktu itu. bisa balik dan nggaknya tergantung dari kebiasaan kita setelah itu. kalo kita gabisa ngejaga ya bakal bisa balik lagi. tapi kalo kita bisa jaga sih insyaAllah ga minus lagi. tapiii, tergantung usia juga. kan kekuatan mata kita juga semakin melemah. gtu sih hehe. semoga membantu

      Delete
  8. Kak, habis dioperasi itu bener" normal kak? Maksudnya barangkali masih minus 0, berapa gitu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo makasih udah nanya. udah aku jawab di pertanyaan sebelumnya ya :) hehe

      Delete
  9. Kak 22jt itu udah 2 mata kan ya jadi 1 mata itu 11 juta

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 22juta udah keduanya. aku kurang tahu sih kalo per bola mata gimana. bisa tanya langsung ke salc nya deh via telp. semoga membantu :)

      Delete
  10. Di ruang operasi pasti deg-degan bangeett! Apalagi kita ga dibius total kan
    cuma bagian mata ajaa
    terus suruh ga gerak selama 40 detik matanya pulaaak
    aku kayanya kaga tahan hahahaha

    BTW selamat yaa sudah bisa meninggalkan si kacamata!!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeett mah apalagi aku nggak pernah masuk ruang operasi
      langsung auto kebayang adegan-adegan film 😱
      tapi untungnya sih ga seserem itu 🀣

      Delete
    2. iya kata temen yang juga operasi lasik sih cepet banget operasinyaaa haahaha tapi tetep aja ya sereeemmm >.<

      Delete