Travel

FOLLOW US @ INSTAGRAM

Blogger Perempuan
Intellifluence Trusted Blogger

Banner Bloggercrony

3 Tahapan Basic Skincare Routine untuk Pemula

7 comments
3 tahapan basic skincare

Memiliki kulit sehat adalah idaman setiap orang, baik perempuan ataupun laki-laki. Karena dengan memiliki kulit sehat, sebenarnya kamu bukan serta merta ingin terlihat cantik. Tetapi, juga sebagai bukti bahwa kamu peduli dengan dirimu sendiri. Merawat kulit juga bentuk dari selflove, lho.


Banyaknya produk perawatan kulit di pasaran mungkin akan membuatmu kebingungan. Berbagai produk seperti serum, toner, moisturizer, ampoule, dan banyak lainnya. Belum lagi saat ini banyak brand luar negeri dan brand lokal seolah berlomba-lomba memenangkan hatimu dengan berbagai campaign yang tampak menggoda dan instan. 


Definisi Kulit Sehat


Nggak jarang embel-embel, ‘putih dalam 7 hari’ dan lain sebagainya sering digunakan sebagai copywriting supaya kamu membeli produknya. Hm, sebelumnya, kamu perlu ingat kalau nggak ada yang instan ya, bestie. Semuanya butuh proses, termasuk dalam mendapatkan kulit yang sehat. 


Setiap kulit membutuhkan treatment yang berbeda. Kalau si A cocok dengan produknya, bukan berarti kamu juga PASTI cocok. Mencari skincare yang cocok nih memang ibaratnya mencari jodoh. Bisa cocok bisa juga nggak. 


Kulit yang sehat juga bukan berarti kulit yang putih, mulus tanpa pori-pori, kinclong kayak keramik. Kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki warna merata sesuai warna kulitmu dan memiliki kelembapan yang baik. Kulit cantik dan sehat itu nggak harus putih kok. 


Dari sekian banyak produk, kamu mungkin akan bertanya-tanya, mana produk yang harus digunakan? Apalagi kalau kamu baru mulai ingin merawat kulit dan awam dengan istilah skincare. Sebagai pemula, ada 3 basic skincare yang perlu kamu ketahui. Wait, basic skincare nih apa lagi?


Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba deh simak penjelasan di bawah ini. Supaya kamu makin paham dan nggak menyesal di kemudian hari. 


Apa Itu Basic Skincare?


Terdapat berbagai metode dalam merawat kulit. Seperti metode skip care, metode CSM (Chizu Saeki Method), dan 10 step skincare. Tetapi, bagi pemula, untuk memperkenalkan skincare pada kulit, kamu hanya perlu menerapkan basic skincare.


Basic skincare adalah serangkaian perawatan yang dilakukan untuk kulit dengan tahapan yang paling dasar. Basic skincare umumnya dilakukan pemula yang ingin memakai skincare untuk pertama kali. 


Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam menerapkan basic skincare adalah mengenali jenis kulitmu. Apakah kulitmu termasuk jenis kering, berminya, kombinasi, atau normal. Ini penting untuk diketahui karena setiap jenis kulit memiliki penanganan yang berbeda. 


1. Gunakan Pemberish Wajah (Cleansing)


3 tahapan basic skincare

Tahapan pertama dalam basic skincare adalah menggunakan pembersih wajah. Buat kamu para remaja yang terbiasa mencuci wajah dengan sabun mandi, yuk, distop. Karena sabun mandi hanya diperuntukkan pemakaian badan, bukan wajah. Wajah memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan kulit pada tubuh. 


Gunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulitmu. Mencuci wajah dengan cleanser merupakan salah satu tahapan basic skincare yang bisa kamu lakukan di pagi dan malam hari. Manfaat clenaser adalah untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, dan riasan yang menempel di kulit wajah. 


Tahapan ini penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap bersih dan mencegah munculnya komedo, jerawat, dan mengontrol kadar mintak berlebih pada kulit. Membersihkan wajah juga membuat kulit tampak kembali segar. 


Sebisa mungkin gunakan pembersih wajah dengan tekstur yang lembut. Pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol, parbaen, dan parfum untuk mencegah timbulnya iritasi. 


2. Gunakan Pelembap (Moisturizing)



3 tahapan basic skincare

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, tahapan selanjutnya adalah menggunakan pelembap. Manfaat pelembap atau moisturizer adalah untuk menjaga kelembapan kulit, menguatkan lapisan kulit (skin barrier), dan menghaluskan tekstur kulit. 


Kamu bisa menggunakan pelembap wajah pada pagi hari dan malam hari. Penggunaan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit akan mencegah kulitmu kering dan terhidrasi dengan baik. 


Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi, kamu bisa menggunakan pelembap yang memiliki tekstur gel agar lebih mudah meresap tanpa membuat kulit terasa greasy. 


Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, kamu bisa menggunakan pelembap yang memiliki tekstur cream agar dapat mengunci kelembapan lebih baik. 


3. Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)


3 tahapan basic skincare

Tahapan basic skincare yang terakhir adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Tabir surya wajib kamu gunakan pagi hari terutama untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan. Beberapa orang juga tetap menggunakan sunscreen saat di dalam ruangan karena beberapa produk sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar biru monitor (blue light). 


Berbagai manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB matahari yang beresiko menimbulkan tanda-tanda penuaan dini, kusam, keriput, hiperpigmentasi, dan radikal bebas. 


Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA+++ minimal 30 menit sebelum beraktivitas atau menggunakan riasan. Ada baiknya kamu memakai ulang sunscreen setiap 3-4 jam sekali untuk melindungi kulit. 


Nah, setelah mengetahui 3 tahapan basic skincare untuk remaja, kamu bisa memulai mencoba produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tahapan di atas adalah urutan basic skincare pagi dan malam. Jangan lupa lakukan patch test skincare saat mencoba skincare agar tidak menimbulkan efek buruk pada kulitmu ya. Selamat mencoba!

deamerina
Hai! Selamat datang di blog saya. Silahkan menyelami kegiatan yang saya lakuakn. Saya menulis berbagai macam hal seperti review film, buku, skincare, cerita jalan-jalan, dan penalaman pribadi.

Related Posts

7 comments

fanny_dcatqueen said…
Dulu zaman sekolah Yaa, aku kayak obsesi aja punya kulit putih mba. Apalagi kdg suka dibully Krn kulitku memang lebih gelap dibanding temen2.

Tapi mindset JD berubah pas kuliah. Krn aku kuliah di kampus international, di mana temen2 banyak yg dari India, Mongolia, Arab, China, dan negara2 lain, jadinya malah belajar kalo warna kulit itu semua cantik. Ada dosenku orang Inggris, kulitnya gelap banget, tapi cuantiiiik bgt. Dari sih sih aku sadar, kalo jgn ngarepin putih di saat warna dasar kulit kita memang bukan putih 🤣. Akhirnya fokus dengan skincare utk merawat, bukan lagi memutihkan.

Aku sendiri Krn terbiasa pake skincare dr SMU awal, jadinya udh terbiasa Ama 10 steps. Tapi anakku udah mulai aku ajarin utk SELALU bersihin wajah dan pakai pelembab juga sunscreen. Biar dia terbiasa dan ga pernah lupa, Krn memang aku dulu pun dimulai dari basic sampe akhirnya terbiasa dan ga bisa lepas dari rutinitas skincare
kak boleh recomend gak sunscreen apa yang gabisa bikin kulit makin berminyak?
Sibayukun said…
"Stttt Aku masuk kedalam cowok yang merawat kebersihan wajah juga btw 🤫" hehehe
Cuma skincare ku yang biasa-biasa aja. Cleansing wajah sama night serum dari Erha. udah itu aja.. 🤣 sama paling maskeran seminggu 2 kali.
deamerina said…
kayaknya emang beauty standard di Indo 'harus putih' ya. aku sedih aja gegera itu banyak produk2 berbahaya nyasar anak2 sekolahan yang kurang edukasi dan korban bully ☹️

hihi aku baru kenal skincare pas lulus kuliah Mbak Fan. dulu jaman sekolah pernah dibeliin pelembap tapi nggak begitu paham fungsinya jadi sering nggak dipakenya hha 🤣

anw, Mbak Fan telaten banget yak 10 steps. pantesan kulitnya keliatan sehat bagus hihi. aku masih belum setelaten ituuu haha. aku cuma cleanser, toner, serum, moisturizer, sunscreen 🤣
deamerina said…
mungkin bisa coba yang teksturnya gel jadi cepat meresap dan nggak oily. kalo yang pernah aku coba, punya azarine itu enak. atau kalo mau yang bener2 kayak nggak kerasa pake sunscreen, punya SNP the best sih. kalo yang terasa sedikit moist, Skintific bisa
deamerina said…
baguuusss Mas Baayyy! pertahankaaan hihi. gpp yang penting merawat diri 😆
Tira Soekardi said…
Wah, terimakasih infonya